Skip to content

Mengupas Makna di Balik Motif Batik Terpopuler di Indonesia

Setiap tanggal 2 Oktober, EDOOers pasti memperingati Hari Batik Nasional. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang memiliki beragam motif dan model yang membuatnya bisa digunakan di segala acara. Nah, agar EDOOers semakin cinta dengan batik, yuk kita lihat beberapa makna di balik motif batik terpopuler yang ada di Indonesia, yuk!.

Sejarah Batik

Sekarang ini batik tengah menjadi trend fashion di kalangan anak muda dan berkembang seiring berjalannya zaman. Menurut laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), batik berasal dari dua gabungan kata, yakni amba yang berarti menulis, dan nitik yang memiliki arti titik.

Maka apabila digabungkan, makna dari batik ialah menulis dengan titik-titik. Hal tersebut, sesuai dengan proses pembuatannya yaitu dengan menggunakan canting yang ujungnya berukuran kecil yang ada zat berupa lilin (malam) di sebuah kain, sehingga memberikan kesan seperti orang yang sedang menulis titik-titik.

Sedangkan, sejarah batik di Indonesia dimulai pada saat perkembangan Kerajaan Majapahit dan era penyebaran agama Islam di Nusantara. Sekitar akhir abad ke-18, Mojokerto adalah pusat Kerajaan Majapahit dan tempat awal mulanya batik diperkenalkan. Kala itu, batik pada zaman Kerajaan Majapahit ditelusuri mulai dari daerah Mojokerto hingga Tulungagung.

Sementara itu, batik Mojokerto dan batik Tulungagung kebanyakan dipengaruhi oleh kekhasan batik Yogyakarta. Warna dasar batiknya adalah putih, dengan pemberian corak coklat muda dan biru tua yang mirip dengan batik Yogyakarta.

Selanjutnya, pada zaman penyebaran Islam, perkembangan batik erat kaitannya dengan daerah Ponorogo di Jawa Timur. Batik Ponorogo dalam proses pembuatannya berasal dari lilin yang berwarna hitam pekat. Maka dari itu, batik ini biasanya disebut batik irengan dan dekat dengan unsur-unsur magis.

Makna 7 Motif Batik Terpopuler di Indonesia

Well, dari ribuan motif batik dari berbagai daerah Indonesia, terdapat lima motif yang terbilang terpopuler dan hampir dikenali oleh semua orang. Yuk, kita cari tahu makna di balik motif batik paling popular di Indonesia. Check these out!

  1. Batik Parang

Motif batik parang merupakan salah satu motif batik paling tua di Indonesia dengan filosofi dan makna yang begitu mendalam. Motif batik parang mengandung nilai-nilai sekaligus petuah supaya manusia tidak mudah menyerah terhadap segala cobaan yang terjadi dalam kehidupan.

Hal tersebut tersirat dalm pola garis saling berkesinambungan yang menggambarkan konsistensi manusia dalam memperbaiki diri sendiri dari waktu ke waktu, tidak boleh menyerah untuk mencapai kesejahteraan, dan menggambarkan bagaimana manusia harus terus memperbaiki hubungannya dengan Tuhan, alam, ataupun dengan sesamanya. 

Ada sekitar enam mavam motif batik parang, di antaranya meliputi Parang Barong, Parang Kusumo, Parang Kecil, Parang Rusak, Parang Slobog dan Parang Klitik. Bahkan, dahulu kala tidak semua motif batik parang diperbolehkan untuk dipakai oleh seluruh masyarakat. Misalnya motif batik parang barong yang hanya boleh digunakan oleh raja pada acara-acara tertentu saja.

2. Batik Truntum

Motif batik satu ini pastinya sering EDOOers jumpai di pernikahan adat Jawa, yaitu motif batik truntum. Secara bahasa, truntum berasal dari Bahasa Jawa yaitu “taruntum” yang memiliki arti tumbuh kembali atau bersemi kembali.

Nah, batik yang bergambar kuntum atau kembang di langit ini punya sejarah yang panjang, bahkan asal usulnya sendiri sering dikaitkan dengan cerita Ratu Kencana. Diawali pada abad ke-18, Ratu Kencana merasaterabaikan oleh Sunan Pakubuwana III Surakarta Hadiningrat, karena sunan mempunyai selir baru di keraton.

Lantas, sang ratu kemudian melampiaskan kecemburuannya dengan melukis gambar bintang dan bunga tanjung pada sebuah kain. Melihat sang ratu yang tengah membatik, hati san sunan kembali terenyuh, sehingga rasa cinta dan kasih sayang bersemi kembali di hati sang sunan.

Nah, dari situlah awal sejarah batik truntum yang EDOOers kenal sekarang. Motif batik tantrum ini mempunyai makna cinta yang tulus tanpa syarat dan kasih sayang yang selalu bersemi serta subur berkembang di antara kedua pasangan. Motif batik ini kerap dipergunakan oleh orang tua yang akan menikahkan anaknya.

3. Batik Mega Mendung

Motif batik mega mendung adalah motif batik paling terkenal yang berasal dari Cirebon. Well, motif batik mega ini memiliki arti langit atau awan, sedangkan mendung berarti langit gelap.

Maka dapat disimpulkan, bahwa motif batik mega mendung ini mengambil adaptasi dari bentuk awan yang bergelung dengan memiliki warna yang bergradasi. Motif batik ini mempunyai makna yang sangat dalam yakni kesabaran, berkepala dingin dalam menyelesaikan permasalahan dan tidak mudah marah dalam menghadapi masalah.

4. Batik Ulamsari Mas

Selain di Pulau Jawa, Bali juga mempunyai motif batik khasnya sendiri, lho EDOOers. Salah satu motif batik paling terkenal di Pulau Dewata yaitu motif batik ulamsari mas. Motif batik ini umumnya menampilkan bentuk gambar udang dan ikan.

Gambar udang dan ikan dalam batik motif batik ini mempresentasikan sumber daya alam bawah laut Pulau Bali yang kaya dan banyak dijadikan sumber mata pencaharian oleh warganya sebagai nelayan. Selain itu, gambar udang dan ikan pada motif batik ulamsari mas ini memiliki arti kesejahteraan masyarakat Bali.

5. Batik Kawung

Motif batik kawung merupakan salah satu motif batik yang paling terkenal di Yogyakarta. Motif batik kawung ini memiliki bentuk bulatan-bulatan yang menyerupai buah kawung atau juga bisa disebut buah arena tau kalong-kaling yang disusun secara geometris.

Pada budaya Jawa, motif kawung yang disusun geometris memiliki arti sebagai lambang terjadinya kehidupan manusia, sehingga lewat motif ini terkandung harapan supaya manusia tetap ingat dan tidak melupakan asal usulnya.

Motif batik kawung ini menyimpan makna keinginan dan usaha keras yang akan membuahkan hasil. Selain itu, motif batik kawung juga terkenal sebagai lambang keadilan dan keperkasaan. Maka dari itu, tidak heran apabila dulunya batik ini hanya boleh dikenakan oleh orang-orang special saja, seperti pejabat kerajaan.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai makna di balik motif batik paling popular di Indonesia. Sebagai generasi muda EDOOers harus berbangga dengan warisan budaya asli Indonesia ini ya! Hayo, motif batik kesukaan EDOOers yang mana nih? Selamat Hari Batik Nasional!