Skip to content

Masih Kesulitan Dalam Menghafal Nama Siswa? Simak 7 Tips Jitu Berikut Ini!

Guna menghafal nama siswa di semua kelas yang EDOOcator ajar, bukanlah tugas yang mudah. Namun hal tersebut dapat memberikan dampak yang tidak terduga berupa kedekatan antara siswa dengan gurunya. Praktikkan beberapa tips jitu dalam artikel kali ini untuk menghafal nama siswa di kelas EDOOcator ya!

Apakah wajib seorang guru menghafal semua nama siswa yang diajarnya di dalam kelas? Apa cara yang dapat dilakukan guru untuk menghafal nama-nama siswa dikelasnya? Pertanyaan tersebut tentu jawabannya bersifat relatif EDOOcator.

Mungkin sebagian guru berpendapat, bahwa menghafal nama-nama siswa yang diajar itu sangat perlu. Sebagian yang lain mungkin berpendapat tidak, karena terlalu banyak nama siswa yang harus dihafalkan.

Namun pernahkah EDOOcator melihat ekspresi siswa ketika anda sebagai guru mengajukan pertanyaan kepada siswa secara individual. Saat guru menyebut siswa tersebut dengan sebutan “kamu” dibandingkan dengan menyebut nama aslinya, pastinya akan memberikan rasa yang berbeda.

Sebetulnya secara tidak langsung guru akan menghafal beberapa nama siswanya dalam tiap kelas. Mungkin seorang guru tidak sadar, kalau secara tidak langsung menghafal nama-nama siswa yang masuk dalam beberapa kategori, di antaranya seperti siswa yang sering berbuat masalah di sekolah, siswa yang berprestasi bidang akademik maupun non-akademik, siswa yang berparas goodlooking, dan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.

Terlepas dari kategori-kategori nama siswa yang guru hafal, bagi seorang siswa akan menjadi suatu hal yang membanggakan, apabila gurunya menghafal nama-nama mereka.

Sebab nama ialah doa, identitas seseorang manusia, dan merepresentasikan kultur serta budaya, sehingga memanggil nama siswa dengan tepat menjadi salah satu cara guru dalam menghargai siswa dan keluarganya.

7 Tips Jitu Menghafal Nama Siswa

Sebagian siswa akan memaklumi jika EDOOcator sebagai seorang guru belum bisa menghafal nama siswa mereka dengan benar dan tepat di awal tahun ajar. Namun, seiring berjalannya waktu, memanggil nama siswa dengan tepat, sebetulnya bisa memberikan pengaruh lebih besar ke siswa daripada yang guru bayangkan.

  1. Membaca Daftar Absensi Terlebih Dahulu

Berkat membaca daftar absen kelas sebelum masuk hari pertama mengajar, EDOOcator bisa mengetahui nama-nama siswa yang akan berada di dalam kelas tersebut. Hal tersebut akan menjadi momen yang sangat spesial bagi siswa, apabila di hari pertama masuk sekolah gurunya bisa menyebutkan nama-nama mereka dengan tepat dan benar.

  1. Latihan Pelafalan Nama Siswa

Sesudah membaca daftar absen (atau bila perlu bacalah beberapa kali daftar absen tersebut), catatlah beberapa nama yang menurut EDOOcator susah untuk diucapkan dan kurang familiar. Hal tersebut bisa menjadi salah satu langkah guna mencegah salah pelafalan nama siswa di kelas.

  1. Persilahkan Siswa Memperkenalkan Nama Mereka Dahulu

Apabila ada beberapa nama siswa yang guru kurang yakin akan pelafalan atau pengucapanya, cobalah untuk membiarkan seluruh siswa di dalam kelas untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, EDOOcator akan mengetahui bagaimana cara melafalkan atau mengucapkan nama-nama siswa anda. Kalau perlu catatlah nama panggilan mereka supaya memudahkan dalam memanggil nama para siswa.

Saat semua siswa sudah memperoleh giliran untuk memperkenalkan diri, tutuplah perkenalan tersebut dengan memperkenalkan diri EDOOcator agar siswa juga tahu nama gurunya.

  1. Memposisikan Tempat Duduk Siswa Sesuai Abjad

EDOOcator sebgai guru bisa memulai kelas dengan menyuruh para siswa untuk duduk sesuai urutan absen mereka. Berkat hal tersebut, EDOOcator akan lebih mudah dalam mengenali wajah-wajah siswa dari urutan absen yang guru bawa.

  1. Membuat Biodata Diri

Tips kelima dalam menghafal nama siswa adalah dengan membuat biodata diri siswa. Saat pertemuan kelas akan berakhir, EDOOcator bisa memberikan tugas kepada para siswa untuk membuat biodata diri yang berisikan nama lengkap dan nama panggilan.

Bila diperlukan, EDOOcator bisa menyertakan foto diri para siswa sekalian. Saat mereka mengumpulkannya, EDOOcator bisa menempelkannya di dinding kelas, sehingga siswa dapat mengenal teman sekelasnya dan guru pun bisa mengingat kembali nama-nama siswa di kelas tersebut.

  1. Dorong Siswa Agar Berani Mengoreksi Pelafalan Namanya

Apabila suatu saat EDOOcator salah dalam melafalkan nama para siswa dan mereka sendiri mengoreksi kesalahan tersebut, pastikan untuk mendengarnya dengan seksama bagaimana koreksi pelafalan namanya. Hal tersebut akan membuat para siswa akan merasa lebih nyaman, ketika EDOOcator menerima dan akan menciptakan suasana kelas yang lebih baik.

  1. Memakai Tanda Pengenal atau Name Tag

Nah, tips jitu dalam menghafal nama siswa yang terakhir adalah guru dapat memberikan arahan kepada siswa untuk memakai tanda pengenal (name tag) di kelas. tanda pengenal tersebut harus mereka pakai ketika berada di kelas, sehingga memudahkan guru untuk mengenal dan menghafal para siswa. Cara ini bisa diterapkan selama satu bulan atau bahkan lebih, tergantung kemauan EDOOcator sebagai guru.

Itulah tadi tips-tips jitu dalam menghafal nama siswa yang akan memberikan dampak berupa siswa yang merasa dihargai dan membangun kedekatan antara seorang guru dengan siswanya. Salam Literasi untuk Edukasi!