Skip to content

Kenalan dengan Asam Karbosilat yang Banyak Manfaat, Yuk!

Sobat EDOOers tau gak, kalo kalian bisa menemukan asam di berbagai hal, mulai dari asam yang ada di dalam es atau asam yang terkandung dalam sabun mandi. Nah, semua itu merupakan salah satu contoh penggunaan asam karboksilat dalam kehidupan sehari-hari.

Weits, apaan tuh EDOOers, asam karboksilat? Tenang, sekarang EDOO bakalan jelasin ke EDOOers sekalian terkait asam karboksilat mulai dari pengertiannya, tata namanya, sifatnya, dan contoh kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Let’s get started!

Pengertian Asam Karboksilat

Asam karboksilat atau yang bisa disebut dengan asam alkanoat ini adalah senyawa organik hasil turunan dari senyawa alkana dengan gugus fungsi -COOH dan rumus umum CnH2nO2. Gugus fungsi -COOH mempunyai nama lain gugus karboksil yang merupakan gabungan dari gugus karbonil (-CO-) dan gugus hidroksil (-OH).

Faktanya dari sekian banyak turunan senyawa alkana, jenis asam karboksilat ini yang paling asam, lho EDOOers. Bahkan, asam satu ini terbilang memiliki kegunaan yang sangat luas, makanya banyak dikembangkan dalam dunia industri.

Senyawa asam karboksilat ini dibagi menjadi dua golongan, yakni senyawa alifatik dan senyawa aromatik. Pada senyawa alifatik, jika satu atom H dikeluarkan, maka diperoleh gugus alkil yang disingkat R. Sementara itu, gugus fungsi yang berasal dari cincin senyawa aromatik diberi nama gugus aril yang disingkat Ar. Oleh sebab itu, rumus fungsi asam karboksilat ada dua, yakni R-COOH untuk golongan alifatik dan Ar-COOH untuk golongan yang aromatik.

Tata Nama Asam Karboksilat

Berdasarkan sistem IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry), asam karboksilat diberi nama sesuai dengan turunan alkananya, yang dimana akhiran ‘a’ pada alkana harus diganti dengan ‘oat’ dan ditambahkan dengan kata asam di depannya.

Misalnya saja jumlah karbonnya ada 3, umumnya bakalan disebut propana, tetapi huruf “a” diganti dengan “oat”, maka menjadi propanoat. Jika karbonnya berjumlah 4, jadinya butanoat. Kalo karbonnya ada 6, heksanoat dan seterusnya.

Sementara itu, berdasarkan tata nama trivial atau umum, biasanya penamaan asam karboksilat disesuaikan dengan sumber ketika pertama dipelajari oleh para ahli kimia organik dan dipergunakan sebelum IUPAC ada.

Contohnya seperti, senyawa asam metanoat (HCOOH) akan diberi nama asam formiat, karena ditemukan pada semut (Formica). CH3COOH akan disebut asam cuka atau asam asetat, karena asetum berarti cuka. Sedangkan, C2H5COOH disebut sebagai asam propionat dikarenakan protopion artinya lemak awal.

Sifat Asam Karboksilat

Sifat dari asam karboksilat bisa dibedakan menjadi dua, yaitu sifat fisik dan sifat kimia. Sifat fisik dari asam karboksilat bisa ditentukan dari titik didih serta kelarutannya. Titik didih asam karboksilat itu lebih tinggi daripada senyawa organik dari golongan-golongan lain, contohnya seperti alkohol dari golongan alkanol.

Hal tersebut dikarenakan asam karboksilat mempunyai dua ikatan hidrogen, sementara alkohol cuma memiliki satu ikatan hidrogen. Sedangkan, jika didasarkan dari sifat kelarutannya dalam air. Sifat asam karboksilat berbeda-beda, tergantung jumlah atom karbonnya.

Sementara itu, sifat kimia asam karboksilat bisa ditentukan dari kepolaran serta kereaktifannya. Apabila didasarkan dari kepolaran, asam karboksilat mempunyai gugus hidroksil yang bersifat polar, sehingga bersifat polar pula. Namun, kereaktifan asam karboksilat itu termasuk asam lemah dan akan semakin lemah untuk suku yang lebih tinggi (mengandung jumlah atom karbon 10 keatas).

Kegunaan Asam Karboksilat

Si asam karboksilat ini punya segudang kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, lho EDOOers. Maka dari itu, seperti yang dibilang pada awal tadi, asam satu ini banyak dikembangkan dan digunakan dalam dunia industri.

Pada industri makanan, asam karboksilat ini dimanfaatkan untuk membuat cuka, membuat perasa makanan, dan pengawet makanan yang ada di kecap, saos tomat, atau minuman dari buah-buahan. Sedangkan, pada industri farmasi asam ini digunakan untuk membuat obat-obat seperti aspirin.

Selain itu, asam karboksilat ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan sabun dan parfum yang bikin EDOOers wangi. Selain itu, kehadiran asam ini juga digunakan untuk penyamakan kulit, penggumpalan lateks dalam perkebunan karet, pembuatan lilin, pembasmi hama, dan rayon.

Wah, nggak kerasa sudah masuk di penghujung pembahasan materi asam karboksilat ya. Semoga EDOOers sudah lebih paham ya, sekarang! Anyways, berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Kimia bisa didapatkan di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!