Skip to content

Inilah 5 Danau Terluas di Indonesia yang Menakjubkan

Indonesia mempunyai beragam pesona alam yang menakjubkan, salah satunya adalah danau yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Nah, kali ini EDOO akan membahas beberapa danau terluas di Indonesia yang sangat menakjubkan pemandangannya.  

Danau-danau terluas di Indonesia ini selain menjadi obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, juga memiliki fungsi sebagai jalur transportasi, Irigasi, perikanan, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), dan pengendalian banjir.

Danau atau sebagian orang juga menyebutnya sebagai telaga merupakan sebuah wilayah perairan atau genangan air yang amat luas yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh daratan. Danau bisa tercipta oleh berbagai faktor dan proses, misalnya karena adanya erosi, tektonik, atau aktivitas vulkanik.

Indonesia sebagai negara yang mempunyai banyak gunung berapi aktif, tidak heran jika memiliki banyak danau. Bahkan, beberapa danau di Indonesia menjadi sangat ikonik, karena luas atau kedalamanya. Inilah beberapa daftar danau terluas di Indonesia.

  1. Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia yang luasnya mencapai 1.130 kilometer persegi dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau yang berada di Sumatera Utara ini juga menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dengan kedalaman mencapai 509 meter.

Danau Toba sangat terkenal, bahkan sampai mancanegara. Selain dikarenakan keindahannya, danau satu ini dikenal dengan keunikannya yaitu memiliki pulau di bagian tengah yang bernama Pulau Samosir.

Pada pulau tersebut juga adat danau lainnya yang dinamakan Danau Aek Natonang serta Danau Sidihoni. Danau Toba ini terbentuk karena letusan gunung berapi, sehingga membuat tanah di sekitar danau ini sangat subur.

2. Danau Towuti

Danau terluas di Indonesia yang kedua adalah Danau Towuti Berada di Sulawesi Selatan. Danau ini memiliki luas mencapai 561kilometer persegi dengan mempunyai kedalaman hingga 203 meter. Sedangkan, asal muasal terbentuknya Danau Towuti ini dikarenakan pergerakan lempeng tektonik.

Nah, untuk keunikan dari Danau Towuti ini ialah adanya empat belas hewan endemik yang cuma bisa dijumpai di sini seperti halnya Hydrosaurus amboinensis dan Crocodylus porosus. Selain itu, danau ini juga menjadi destinasi wisata dan tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan.

3. Danau Tempe

Danau Tempe merupakan danau dengan luas 350 kilometer persegi yang berlokasi di Sulawesi Selatan. Danau ini diyakini sebagai teluk pemisah antara Toraja dan Sulawesi Selatan.

Danau yang berada di Kabupaten Wajo ini mempunyai kedalaman sekitar 5 meter. Seementara itu, kehidupan masyarakat di sekitar Danau Tempe ini masih tradisional dan sebagian besar warganya memilih bermata pencaharian sebagai pencari ikan.

4. Danau Poso

Danau Poso merupakan danau terluas keempat di Indonesia dengan mempunyai luas mencapai 323 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter. Danau yang berada di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Selatan ini dikenal sangat cantik, karena danau ini memiliki pasir putih seperti pantai dan gradasi warna air danau ini seperti warna biru tua dan biru kehijauan.  

Danau Poso ini dibentuk sekitar 12 sampai 16 juta tahun yang lalu, karena adanya pergerakan lempeng tektonik. Sedangkan, panjang dari danau ini sekitar 32 km, dengan lebar 16 km. Selain itu, danau ini berada di ketinggian 657 mdpl di atas permukaan laut.

5. Danau Sentarum

Danau terluas selanjutnya yaitu Danau Sentarum yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat. Danau ini memiliki luas mencapai 275 kilometer persegi dengan memiliki kedalaman mencapai 8 meter.

Danau Sentarum tergolong sebagai floodplain, yakni danau yang proses pembengtukkannya karena luapan sungai yang membanjiri suatu daratan. Danau ini menjadi Taman Nasional Danau Sentarum, karena memiliki keanekaragaman hayati yang penting di pulau Kalimantan, misalnya 200 lebih spesies ikan dan berbagai macam flora dan fauna.

Demikianlah tadi beberapa danau terluas di Indonesia yang menakjubkan dan layak untuk dikunjungi. Semoga artikel dari EDOO kali ini bisa memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi sobat-sobat EDOOers. By the way, apakah EDOOers pengen mengunjungi salah satu danau di atas? Share di kolom komentar ya!