Skip to content

Ini Dia Potensi Sumber Daya Alam Unggulan Tiap Negara ASEAN

Seperti yang kita tahu, seluruh negara-negara anggota ASEAN memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah untuk mendukung perekonomiannya. Menariknya, sumber daya alam unggulan tiap negara ASEAN itu berbeda-beda dan menjadi komoditasnya tersendiri yang bisa diekspor maupun digunakan untuk kepentingan negaranya sendiri.

By the way, EDOOers tau nggak apa itu ASEAN? ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara di bidang ekonomi dan geo-politik. 

Jadi, perkumpulan ini cuma berisikan negara-negara Asia bagian Tenggara aja ya. Walaupun begitu, ada satu negara yang berada di wilayah Asia Tenggara yang belum masuk anggota ASEAN, yaitu Timor Leste. 

Sumber Daya Alam yang Menjadi Keunggulan Tiap Negara ASEAN

Sebab terletak di wilayah yang sama, kondisi alam serta sosial negara-negara ASEAN cenderung homogen. Hal tersebut yang semua negara-negara ASEAN memiliki sumber daya alam yang hampir sama di bidang pertanian dan pertambangan. Nah, kali ini EDOO akan membahas berbagai macam sumber daya alam unggulan tiap negara ASEAN. Yuk, check these out!

  1. Indonesia

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak potensi sumber daya alam, mulai dari potensi alam yang sangat indah, perairan yang bersih, dan tanah subur untuk menjadi tempat tinggal para hewan maupun tumbuhan.

Misalnya pada bidang pertanian yang menjadi unggulan Indonesia ialah rempah-rempah, teh, kopra, beras, tembakau, kayu manis, kopi, cokelat, kelapa sawit, karet, tebu, dan masih banyak lagi.

Selain itu, pada bidang kelautan dan perikanannya pun sangat kaya akan sumber daya alam, karena mayoritas wilayah Indonesia 70% perairan. Lalu, pada sektor pertambangan pun Indonesia tidak kalah, di antaranya seperti gas alam, minyak bumi, emas, timah dan tembaga.

2. Malaysia

Berpindah ke negara tetangga yaitu Malaysia, negara ini memiliki kondisi geografis dan potensi sumber daya alam yang hampir serupa dengan negara Indonesia. Mulai dari bidang pertanian, yang menjadi komoditas utama Malaysia yaitu karet, padi, teh, dan kelapa sawit.

Lalu pada bidang pertambangan, Malaysia memiliki sumber daya alam berupa gas alam, minyak bumi, timah, emas, dan bauksit. Bahkan menariknya dari banyaknya sumber daya alam yang dimiliki Malaysia, karet menjadi andalan. Konon, sebanyak 40% komoditas karet dunia itu dihasilkan dari Malaysia. 

3. Brunei Darussalam

Selanjutnya negara ASEAN dengan sumber daya alam unggulan yang ketiga yaitu Brunei Darussalam. Negara ini memiliki sumber daya alam yang paling potensial yakni pada sektor pertambangan minyak bumi dan gas alam. Selain itu, Brunei Darussalam juga memiliki sumber daya alam lain berupa kelapa sawit, dn karet.

Bahkan, faktanya negara Brunei mampu memproduksi minyal sebanyak 180.000 barel setiap harinya, lho EDOOers. Hingga dibangunnya sebuah monumen Billionth Barrel di pantai Seria untuk memperingati jumlah satu miliar tong minyak yang sudah di produksi negara ini.

4. Kamboja

Tahukah EDOOers, bahwa Kamboja komoditas utamanya adalah beras. Namun, pada bidang pertanian, negara Kamboja juga memiliki kayu, karet, dan umbi-umbian. Selain itu, Kamboja juga menghasilkan potensi sumber daya alam lain di bidang pertambangan, seperti gas alam, minyak bumi, tembaga, besi, mangan, emas, dan batu permata berupa ruby dan safir.

5. Singapura

Faktanya, Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak punya sumber daya alam unggulan. Namun sebagai penggantinya, Singapura fokus dalam mengembangkan industri jasa, pariwisata, dan perdagangan dalam mendorong perekonomian. 

Negara yang terletak di selatan Semenanjung Malaka ini menjadi negara maju, karena pelayaran internasionalnya. Walaupun luas negarannya kira-kira seluas kota Jakarta, tetapi Singapura menjadi salah satu negara maju di ASEAN yang pendapatan perkapitanya didominasi dari sektor jasa.

6. Vietnam

Nah, negara keenam yang juga mempunyai sumber daya alam unggulan yaitu negara Vietnam. Vietnam merupakan negara yang mempunyai salah satu 7 dari keajaiban dunia versi new 7 wonders foundation yaitu Teluk Halong.

Sedangkan, sumber daya alam Vietnam di bidang pertanian, meliputi beras, tebu, ubi, jagung, singkong, karet, kedelai, kopi, dan teh. Pada bidang pertambangan, Vietnam juga menghasilkan minyak bumi dan batu bara.

Sementara itu, sumber daya alam yang paling diandalkan negara Vietnam adalah pada bidang ekspor hasil laut, di antaranya seperti cumi, lobster, udang, dan kepiting.

7. Myanmar

Negara Myanmar merupakan negara yang kaya akan sumber daya pertambangannya, seperti emas, tembaga, timah, seng, perak, batu permata, gas alam, minyak bumi, besi,dan nikel. EDOOers tau nggak, kalau batu giok itu salah satu primadona dari negara ini lho.

Nah, tidak cuma unggul pada sektor tambangnya, pada bidang pertanian Myanmar juga tidak kalah, meliputi beras, kacang-kacangan, dan karet. Bahkan, pertaniman menjadi komoditas utama negara ini, khususnya hasil tani yaitu beras.

8. Filipina

Negara yang selanjutnya akan EDOO bahas adalah Filipina. Filipina merupakan negara kepulauan yang letaknya dekat dengan Samudra Pasifik. Pada bidang pertanian, Filipina memiliki potensi sumber daya alam yang berupa jagung, tebu, padi, kopra, kelapa, pisang, kopi, nanas, dan abaca (serat manila). Bukan cuma sumber daya pertanian saja, Filipina juga memiliki sumber daya pertambangan, meliputi emas, tembaga, perak, bijih besi, minyak, dan keramik.

9. Thailand

Thailand merupakan negara yang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya. Namun tahukah EDOOers, selain punya pantai yang indah, Thailand juga terkenal dengan hasil pertaniannya, lho EDOOers. 

Hasil komoditi pertanian dari negara Thailand berupa beras, karet, cengkeh, jagung, tebu, umbi-umbian, kayu jati, sampai kayu besi. Tidak cuma itu saja, Thailand juga punya pertambangan tembaga, timah, minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram.

10. Laos

Selanjutnya, negara terakhir yang memiliki potensi sumber daya alam unggulan yaitu Laos. Meskipun negara ini tidak memiliki laut, akan tetapi laos punya sumber daya alam yang sangat dimanfaatkan dengan sangat baik.

Negara Laos ini merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang memberikan listrik secara gratis tanpa membayar sepeser pun. Pasokan listrik yang sangat besar tersebut berasal dari pendaman danau besar di Luang Prabang, Laos.

Bukan cuma mempunyai memiliki listrik yang banyak, negara Laos juga menghasilkan kayu cendana dan kayu jati. Sebagai negara yang tidak memiliki laut, perekonomian Laos bergantung pada hasil pertranian dan pertambangan, berupa jagung, ubi, beras, tebu, tembakau, kopi, buah-buahan, tembaga, timah, emas, dan perak.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai macam-macam sumber daya alam unggulan tiap negara ASEAN yang mempunyai kekhasan masing-masing. Berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Geografi bisa didapatkan di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!