Skip to content

Ini Dia 7 Buah Paling Banyak Dihasilkan Indonesia: Apa Saja?

Sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai beragam jenis buah-buahan. Bahkan, menurut data yang dikemukakan oleh Badan Pusat Statistik, bahwa produksi buah di Indonesia mencapai 28,3 juta ton pada tahun 2022. Nah, maka kali ini EDOO akan membahas tujuh buah paling banyak dihasilkan Indonesia. Pengen tahu apa saja buahnya? Yuk, check this out!

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mempunyai kekayaan alam berupa flora dan fauna yang begitu melimpah. Maka tidak mengherankan jika Indonesia menghasilkan beraneka buah-buahan yang beragam.

Buah selain memberikan rasa yang manis dan segar, akan tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak heran bila buah banyak disukai orang-orang, mungkin termasuk sobat EDOOers.

Sedangkan, untuk mengetahui tujuh buah paling banyak dihasilkan Indonesia, EDOO telah merangkumnya untuk sobat EDOOers sekalian. Penasaran apa saja? Yuk, simak pembahasannya di bawah:

  1. Pisang (9,6 Juta Ton)

Menurut data dari BPS, buah pisang menjadi jenis buah tropis paling banyak dihasilkan oleh Indonesia. Pada tahun 2022 saja volume produksi pisang secara nasional mampu mencapai sekitar 9,6 juta ton.

Sementara itu, daerah di Indonesia yang menjadi produsen terbanyak buah pisang ini adalah Jawa Timur, dengan total lebih dari 2 juta ton. Sedangkan daerah dengan produksi pisang terendah diduduki oleh Kepulauan Riau dengan jumlah 2.724 ton.

Buah bekulit kuning ini di Indonesia sendiri memiliki beragam jenis, di antaranya seperti Pisang Mas, Pisang Raja, Pisang Ambon, Pisang Nangka, Pisang Susu, Pisang Batu, Pisang Barangan, Pisang Kepok dan masih banyak lainnya.

Selain itu, buah pisang juga mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya membantu atasi hipertensi, sumber karbohidrat dan vitamin A, memperlancar metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar aliran oksigen ke otak, menurunkan berat badan, dan membantu merawat kulit.

  1. Mangga (3,3 Juta Ton)

Buah mangga menjadi buah tropis kedua yang paling banyak diproduksi oleh Indonesia. Pada tahun 2022, produksi buah mangga di Indonesia mencapai sekitar 3,3 juta ton.

Sama seperti buah pisang, mangga juga mempunyai banyak sekali jenisnya, di antaranya meliputi mangga golek, mangga madu, mangga manalagi, mangga alpukat, mangga arumanis, mangga apel, mangga pakel, mangga kweni, mangga kemang, mangga gedong gincu, mangga indramayu, mangga lali jiwo dan mangga endog.

Buah mangga ini juga dikategorikan sebagai buah yang rendah kalori, dimana dalam satu buah hanya terdiri dari 100-110 kalori saja. Sementara itu, daerah di Indonesia dengan produksi buah mangga terbesar yaitu Jawa Timur dengan total 1,1 juta ton. Lalu disusul oleh Jawa Tengah dengan 457.674 ton dan Jawa Barat dengan 444.073 ton.

  1. Nanas (3,2 Juta Ton)

Buah dengan warna kuning dan tekstur daging buah yang lunak serta memiliki banyak kandungan air ini menempati urutan ketiga buah paling banyak dihasilkan Indonesia, lho EDOOers. Bahkan, pada tahun 2022, Indonesia berhasil menghasilkan nanas sekitar 3,2 juta ton.

Mungkin EDOOers sering mendengarkan kalau ibu hamil tidak boleh memakan buah nanas, karena dapat menyebabkan keguguran. Hal tersebut merupakan mitos yang paling banyak beredar di masayarakat, khususnya di kalangan ibu-ibu. Namun faktanya, buah nanas justru bermanfaat untuk mencegah flu, sembelit, diare, osteoporosis, dan kanker.

Meskipun Jawa Barat punya Kabupaten Subang yang dijuluki sebagai Kota Nanas, akan tetapi provinsi tersebut bukanlah yang terbanyak memproduksi buah nanas. Melainkan, Provinsi Lampung yang menjadi daerah penghasil nanas terbanyak di Indonesia, mencapai 705.883 ton.

4. Jeruk Siam (2,7 Juta Ton)

Secara fisik, jeruk siam tidak jauh berbeda dengan buah jeruk pada biasanya. Rasanya yang manis dan ukurannya lumayan kecil (sekitar satu kepalan tangan), membuat banyak disukai banyak orang.

Jeruk siam merupakan buah yang cukup mudah untuk ditemukan, baik itu di pasar tradisional sampai supermarket. Tentu, hal tersebut tidak terlepas dari data yang menunjukkan bahwasannya jeruk siam menjadi buah keempat yang paling banyak dihasilkan di Indonesia yaitu sekitar 2,7 juta ton.

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C-nya ini paling banyak diproduksi di Provinsi Jawa Timur, dengan total 822.260 ton. Sedangkan daerah yang paling sedikit yang memproduksi jeruk siam ini adalah Kepulauan Riau dengan 163 ton dan diikuti oleh DKI Jakarta dengan 435 ton.

5. Durian (1,7 Juta Ton)

Meskipun memiliki kulit yang berduri dan aroma khas yang sangat menyengat, akan tetapi faktanya durian menjadi buah kelima paling banyak dihasilkan di Indonesia, lho EDOOers. Yaps, buah durian ini diproduksi dengan total mencapai 1,7 juta ton.

Sementara itu, daerah penghasil King of Fruit ini terbanyak yaitu di Provinsi Jawa Timur yang mencapai 275.319 ton dan diikuti oleh daerah Sumatera Barat dengan total 170.707 ton.

Namun selain rasanya yang lezat, buah durian juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, mengatur tekanan darah, mencegah depresi dan mencegah diabetes.

6. Salak (1,4 Juta Ton)

Buah yang memiliki nama ilmiah Salacca Edulis ini menjadi peringkat keenam buah tropis yang paling banyak dihasilkan Indonesia dengan total mencapai 1,4 juta ton. Apabila dilihat secara fisik, salak mempunyai kulit bersisik berwarna coklat tua dan daging buah yang berwarna putih tulang.

Ada banyak khasiat yang terdapat dalam buah salak, di antaranya seperti memperbaiki jaringan tulang yang rusak, melancarkan sirkulasi darah, melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang dan masih banyak lainnya.

Salah satu jenis salak yang paling populer di Indonesia ialah salak pondoh yang sebagian besar dihasilkan di Sleman, Yogyakarta. Namun, hal tersebut tidak membuat Provinsi DI Yogyakarta menjadi daerah penghasil salak terbanyak. Melainkan, Jawa Tengah yang menjadi daerah penghasil salak terbanyak dengan total 432.097 ton.

7. Pepaya (1 Juta Ton)

Pepaya adalah buah yang paling sering ditemukan pada berbagai macam olahan makanan dan minuman, seperti halnya jus dan manisan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bila pepaya menjadi buah ketujuh yang paling banyak diproduksi Indonesia dengan jumlah sekitar 1 juta ton.

Sementara itu, daerah yang menjadi penghasil papaya terbanyak yaitu Provinsi Jawa Timur dengan total 253.700 ton. Sedangkan provinsi terendah yang menghasilkan buah pepaya ialah Gorontalo dengan 1.209 ton.

Pepaya dipercaya mempunyai manfaat pelancar pencernaan paling ampuh dan buah yang sangat baik untuk sistem kekebalan imun tubuh manusia. Pada satu buah pepaya memiliki kandungan gizi seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, antioksidan, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Nah, itulah tadi ketujuh buah paling banyak dihasilkan Indonesia, dari mulai pisang hingga pepaya. Dari tujuh buah-buahan tersebut, manakah yang menjadi favoritmu EDOOers? Tulis di kolom komentar, ya!