Skip to content

Fakta Menarik Ikan Hiu: Si Puncak Rantai Makanan di Lautan

Pada sistem rantai makanan di laut, ikan hiu berada diposisi teratas yang artinya ia menjadi predator ulung seantero lautan. Nah, kali ini EDOO akan mengenalkan lima fakta menarik ikan hiu yang bisa jadi tambahan wawasan untuk soabt EDOOers.

Meskipun hiu tidak punya musuh hewan laut lain yang akan memangsanya, tetapi keberadaannya masih terancam punah karena ulah manusia. Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2016 yang dikutip dari WWF-Indonesia, bahwa Indonesia menjadi negara produsen hiu terbesar di dunia, yakni sebesar 16,8 % dari total penangkapan di seluruh dunia.

Maka tak heran jika populasi hiu di Indonesia semakin terancam punah. Penurunan populasi ikan hiu tersebut disebabkan oleh tingginya permintaan konsumsi daging, sirip, dan lain sebagainya. Hiu sebagai predator puncak di lautan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di laut agar tidak terganggu.

Fakta-Fakta Menarik Ikan Hiu

Walaupun ikan hiu sering dilabeli sebagai pemangsa manusia, akan tetapi hal tersebut tidak selalu benar. Nah tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah lima fakta menarik ikan hiu yang jarang EDOOers ketahui.

  1. Tak Suka Serang Manusia

Fakta menarik ikan hiu yang pertama adalah ikan hiu tidak suka menyerang manusia. Walau sering digambarkan sebagai hewan buas yang cukup berbahaya dan bisa menyerang manusia saat berenang, hal itu tidak sepenuhnya benar, lho EDOOers.

Bakan menurut sebuah penelitian di University of California, ikan hiu malahan tidak suka makan manusia, dikarenakan rasa daging manusia yang tidak cukup enak dan tidak terbiasa.Faktanya hanya belasan dari 300 spesies ikan hiu yang melakukan penyerangan pada manusia.

Ikan hiu sebetulnya lebih suka makan ikan, anjing laut, singa laut, invertebrata kecil, dan beberapa mamalia laut lainnya. Bahkan saat ini, ikan hiu justru takut kepada manusia, sebab banyaknya perburuan ikan hiu yang dilakukan oleh manusia.

  1. Lebih Tua daripada Dinosaurus

Fakta menarik lain dari ikan hiu ialah ikan ini termasuk dalam jenis hewan purba, lho EDOOers. Ikan hiu dikatakan sudah berevolusi sedari jutaan tahun lalu, bahkan sebelum manusia ada di bumi.

Menurut sejarah, ikan hiu sudah ada sejak 410 juta tahun yang lalu, sementara dinosaurus ditemukan 230 juta tahun yang lalu dan pohon ditemukan 190 juta tahun sebelum dinosaurus, berarti ikan hiu ada setidaknya 90 juta tahun sebelum pohon.

Namun, nasib ikan hiu berbeda dengan dinosaurus yang mengalami kepunahan secara massal pada 66 juta tahun yang lalu. Sebab, ikan hiu bisa bertahan dengan mengarungi samudra untuk berpindah-pindah tempat.

Menurut Catherine Macdonald selaku peneliti dari University of Miami’s Rosenstiel School of Marine, Atmospheric and Earth Science menuturkan, bahwa ikan hiu sudah ada sejak sebelum superbenua Pangea pecah pada akhir zaman Paleozoikum dan awal Mesozoikum.

3. Hiu Punya Banyak Keperibadian

Seperti halnya manusia, ikan hiu juga memiliki sifat. Menurut sebuah penelitian terbaru menemukan, bahwa sejumlah ikan hiu bisa memberikan reaksi yang berbeda-beda pada situasi tertentu. Beberapa ikan hiu ada yang memiliki sifat mudah stress, pemalu, ada pula yang berani dan tidak gampang stres.

4. Punya Masa Mengandung Paling Lama

Terkait sistem reproduksi, ikan hiu bisa hamil dalam waktu yang sangat lama, lho EDOOers. Rata-rata, ikan hiu melahirkan sesudah 11 atau 12 bulan kehamilan. Namun, ada beberapa jenis ikan hiu tertentu yang mempunyai masa mengandung selama lebih dari tiga tahun, yaitu hiu berjumbai, hiu basking, dan hiu spesies Chlamydoselachus anguineus.

Sangat lama, bukan EDOOers? Maka dari itu hiu termasuk hewan dengan proses perkembangbiakan yang lambat. Apabila 1 ikan hiu mati, maka membutuhkan waktu lama untuk bereproduksi lagi.Selain itu, ikan hiu membutuhkan waktu 10 sampai 12 tahun untuk mencapai kematangan seksual.

5. Hiu Ganti Gigi dalam Waktu 24 Jam

Berdasarkan data yang dikemukakan oleh National Geographic Kids, ikan hiu memiliki kurang lebih 10.000 gigi sepanjang hidupnya. Hal tersebut mengartikan bahwa ikan hiu sering mengganti gigi karena mudah patah.

Sebab gigi ikan hiu memang didesain tidak tertancap kuat di geraham, tetapi kekuatannya dalam mengoyak makanan sungguh sangat dahsyat. Meskipun gigi ikan hiu mudah tanggal, karena dalam kurun waktu 24 jam giginya akan tumbuh.

Nah, itulah tadi fakta-fakta menarik ikan hiu yang semoga bisa menambah kesadaran dan wawasan EDOOers tentang ikan hiu. Semoga artikel ini bisa membuat EDOOers semakin peduli terhadap keberadaan populasi hiu dan tidak melabelinya lagi sebagai hewan pembunuh manusia.