Skip to content

Begini 7 Tips Manajemen Kelas Bagi Guru Baru

Tahukah EDOOcators menerapkan sistem manajemen kelas yang baik ternyata dapat memberikan manfaat serta kemudahan bagi guru dalam menjalani proses belajar mengajar lho. Nah, kalau guru baru ingin tahu ragam tips-tips manajemen kelas yangb baik, Yuk simak pembahasannya di bawah ini ya!.

Siapa bilang peran manajer itu cuma berlaku di pekerja kantoran? nggak juga kok. Buktinya, selama ini para guru mempunyai tugas bukan hanya mengajar saja, tetapi juga melakukan manajemen kelas. Yaps benar sekali, manajemen kelas menjadi salah satu cara mengatur kelas agar berjalan sesuai harapan. Tanpa ada hal satu ini, kelancaran pembelajaran di kelas dapat terganggu.

Pengertian Manajemen Kelas

Manajemen kelas merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh guru sebagai pemimpin untuk menciptakan lingkungan belajar yang teratur, produktif, dan inklusif. Ad dua hal yang harus diperhatikan dalam manajemen kelas, yaitu pengelolaan kelas dan pengelolaan siswa.

Pada dasarnya jika mengaplikasikan manajemen kelas yang baik, maka bisa bermanfaat untuk membuat siswa merasa lebih nyaman dalam belajar, sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran dan agar tujuan pembelajaran tercapai.

Tips Melakukan Manajemen Kelas yang Baik

Sekarang ini tidak ada aturan baku terkait tips manajemen kelas yang baik. Namun, secara garis besar manajemen kelas umumnya dapat dilakukan dengan beberapa tips di bawah ini:

  1. Buat Peraturan yang Jelas

Salah satu tips penting yang dapat guru terapkan untuk membuat manajemen kelas yang baik adalah dengan membuat peraturan yang jelas dan dibuat untuk dipatuhi oleh siswa itu sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk menentukan hukuman yang harus dipenuhi oleh siswa, apabila melanggar peraturan tersebut.

Contohnya saja, aturan untuk tidak berisik di kelas dan hanya diperbolehkan mengobrol apabila diizinkan oleh guru, dan aturan mengenai bertanya saat guru sedang menyampaikan materi pelajaran.

Peraturan kelas dapat didiskusikan sata awal semester kelas, jangan lupa peraturan kelas ditujukan bukan untuk mengekang siswa. Peraturan yang jelas akan membantu guru dalam menciptakan lingkungan kelas yang kondusif dan siswa bisa terdorong untuk dapat lebih mandiri dalam me-manage perilaku mereka. 

Jadikanlah peraturan kelas sebagai sarana bagi siswa agar merasa aman dan nyaman dan sebagai sarana berekspresi serta menyalurkan pikiran kreativ mereka di kelas. Intinya, pastikan semua siswa yang ada di kelas tahu mengapa peraturan ini ada.

  1. Ciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan

Tips kedua yang perlu EDOOcator lakukan untuk melakukan manajemen kelas ialah dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Sebab suasana kelas yang menyenangkan dapat bermanfaat untuk membuat siswa merasa lebih nyaman dalam belajar bersama guru dan teman-temannya.

Ada beberapa cara untuk membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan yaitu dengan menghias kelas dengan hasil karya seni siswa atau membuat yel-yel khusus yang diucapkan di saat suasana belajar terasa membosankan.

  1. Bangun Interaksi Secara Aktif dengan Siswa

Saat dulu EDOoers masih duduk di bangku sekolah, guru yang “asik” akan lebih disukai, daripada guru yang kaku dan galak, bukan? Hal yang sama masih berlaku sampai saat ini.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika guru melatih kemampuan komunikasi interpersonalnya, suapaya bisa membantu berinteraksi dengan siswa. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu trend terkini, gaya fesyen yang sedang hype saat ini, atau bahkan musik yang lagi digandrungi.

Kedekatan antara guru dengan siswa akan membentuk “trust”. Siswa yang mempercayai gurunya akan lebih mudah mendengarkan perkataan guru dan pada akhirnya para siswa tersebut akan berusaha lebih baik dan termotivasi untuk belajar lebih rajin di kelas.

  1. Kelola Waktu Belajar Mengajar secara Efektif

Bisa dibilang mengelola waktu secara efektif adalah salah satu kunci kesuksesan dalam mengaplikasikan manajemen kelas. Sebab mengelola waktu dengan efektif dpat memberikan manfaat untuk membuat guru dan siswa bisa menerapkan semua jadwal belajar yang sudah ditentukan.

  1. Berikan Siswa Kesempatan untuk Belajar dengan Metodenya Sendiri

Pada dasarnya, setiap siswa mempunyai metode belajarnya masing-masing. Ada siswa yang memang lebih suka belajar dengan mendengarkan dengan seksama semua penjelasan dari gurunya. Ada pula siswa yang suka belajar sambil menggambar, ataupun ada juga siswa yang suka menggerakkan kakinya saat belajar.

Apapun metode belajar siswa, sebagai guru cobalah untuk menghargainya dan tidak menghina metodenya tersebut. Sebab hal tersebut dapat bermanfaat untuk membuat siswa lebih nyaman dan memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan guru.

  1. Perhatikan Hal-Hal Kecil yang Terjadi di Kelas

Sebagai guru harus cukup aware dalam mengamati hal-hal kecil yang terjadi di dalam kelas, baik itu yang menyenangkan ataupun sebaliknya. Guru juga perlu berlatih untuk dapat menangkap setiap momen-momen positif yang terjadi dan mengungkapkannya menjadi suatu pujian sebagai bentuk afirmasi (penguatan).

Contohnya, saat guru melihat siswa bekerja sama untuk memecahkan sebuah persoalan, guru dapat mengungkapkan sebuah afirmasi di depan kelas dengan sebuah pujian. Melalui cara tersebut, guru akan mendengar perspektif siswa dan siswa-siswa lain pun juga akan terinspirasi untuk bekerja sama di lain waktu.

  1. Berikan Reward (Apresiasi)

Terkadang apresiasi atau reeard kecil yang diberikan oleh guru bisa bermanfaat untuk membuat siswa lebih nyaman, termotivasi, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan guru.

Reward yang diberikan juga tidak harus selalu dalam bentuk yang hadiah yang mempunyai nilai besar. Namun, kadang kala ucapan terima kasih, pulpen yang berbentuk menggemaskan, satu batang cokelat ataupun satu buku sudah dapat membuat siswa merasa di apresiasi.

Pada dasarnya, memberikan apreasiasi termasuk pendekatan yang positif (positive reinforcement) yang penting untuk dilakukan. Pujian dari guru pada hal-hal remeh yang bahkan tidak disadari oleh para siswa, bisa membuat mood mereka senang dan termotivasi untuk melakukan lebih banyak hal-hal baik lainnya.

Mungkin untuk beberapa guru melakukan manajemen kelas memang tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Sebab kadang ada berbagai kendala yang dihadapi. Namun, jangan sampai pantang menyerah dan coba terapkan beberapa tips manajemen kelas di atas ya, EDOOcators.