Skip to content

Viral dan Bikin Haru: Kelas Parenting Day SMAN 1 Pulung Ponorogo

Kelas parenting day yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Pulung, Ponorogo, Jawa Timur, mencuri perhatian para netizen di media sosial. Soalnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah tersebut berlangsung dengan penuh haru biru. Baik orang tua siswa ataupun siswa, sama-sama tidak dapat membendung air matanya.

Pada video yang dibagikan oleh laman aplikasi TikTok @sman1pulung, terlihat berbagai kegiatan yang dilakukan guna mendekatkan hubungan antara siswa dengan orang tuanya. Video yang berduarsi 52 detik tersebut sangking viral, karena bikin haru netizen sampai sudah ditonton sebanyak 22,7 juta kali.

Apa Itu Parenting Day ?

Parenting day adalah sebuah momen pertemuan antara siswa dengan salah satu orang tuanya. Pada kegiatan ini, umumnya para orang tua dan siswa akan menjadi lebih dekat, karena dapat berbicara dari hati ke hati.

Pada beberapa sekolah di Indonesia, terdapat sebuah aturan yaitu tidak memperkenankan siswa dan orang tuanya melakukan komunikasi selama 40 hari sebelum kelas parenting day dilaksanakan. Namun pada intinya, kelas tersebut ditujukan supaya para siswa lebih mempunyai kedekatan dengan orang tuanya melalui parenting day ini.

Tujuan Kelas Parenting Day

Sekolah bukan cuma tempat untuk belajar ilmu pengetahuan saja, akan tetapi sebagai tempat untuk belajar perihal kehidupan. Saat di sekolah, anak-anak bisa mengembangkan bakat, minat, potensi, dan berinteraksi dengan teman sebaya maupun dengan guru. Namun, ada satu hal yang sering dilupakan dalam dunia pendidikan, yakni peran orang tua.

Orang tua merupakan pendidik pertama dan paling utama bagi anak-anaknya. Mereka ialah orang yang paling mengerti, mencintai, mengenal, dan memahami anak-anak mereka. Namun sayangnya, banyak orang tua yang merasa tidak mempunyai waktu ataupun kesempatan untuk terlibat lansgung ke dalam kegiatan sekolah anak-anaknya. Padahal, keterlibatan tersebut sangatlah penting guna mendukung prestasi dan perkembangan anak-anak di sekolah.

Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang sekolah SMA Negeri 1 Pulung, mengadakan acara kelas parenting day. Kegiatan ini memiliki tujuan guna mendekatkan hubungan antara orang tua siswa dan siswa. Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada orang tua untuk melihat dan merasakan secara langsung kegiatan anak-anaknya saat di sekolah.

Pakaikan Bedak Putrinya

Kegiatan kelas parenting day di SMA Negeri 1 Pulung, Ponorogo ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023. Sejak pagi hari, para orang tua siswa telah berdatangan ke sekolah bersama putra-putri mereka.

Mereka pun disambut dengan hangat oleh pihak sekolah dan para siswa lainnya. Sesudah melakukan pendaftaran dan memperoleh kartu identitas sebagai tamu khusus. Para orang tua ssiwa pun memasuki ruang kelas bersama putra-putri mereka.

Bagi para orang tua siswa yang mempunyai anak perempuan, mereka akan mencoba memakaikan bedak pada wajah putrinya masing-masing. Selain memakainkan bedak, ada pula orang tua siswa yang memakaikan lipstik atau menata kerudung.

Para orang tua melakukan hal-hal sederhana yang mungkin sudah lama tidak dilakukannya lagi, karena jarak atau kesibukan. Sebab tidak kuat menahan air mata saat kegiatan berlangsung, tangisan pun pecah baik dari ibu atau dari anak perempuannya tersebut.

Sisir Rambut Putranya

Sementara itu, bagi orang tua siswa yang mempunyai anak laki-laki, mereka diminta untuk menyisir rambut putranya tersebut dengan sepenuh hati.Meskipun sang Bapak yang hadir dan menyisir rambut putranya tersebut.

Raut sedih dari wajah keduanya tidak bisa ditahan dan air mata pun tampak jelas jatuh dari wajah Bapak dan anak putranya tersebut. Selain itu, sambil menyisir rambut anak laki-lakinya tersebut, para orang tua juga mengucapkan doa-doa serta harapan untuk anaknya di masa depan kelak.

Makan Bersama

Setelah para orang tua siswa menyisir rambut dan memakaikan bedak kepada putra-putrinya. Para orang tua siswa dan siswa diminta untuk masing-masing duduk berhadap-hadapan lalu makan bersama.

Mereka pun tampak menikmati kudapan makanan yang sudah disediakan oleh pihak sekolah khusus untuk kegiatan kelas parenting day ini.

Pada momen makan bersama tersebut, terjadi pula momen menyentuh lainnya, yaitu anak yang menyuapi orang tuanya saat makan. Selain itu, ada pula orang tua yang menyuapi anaknya.

Sambil menghabiskan makanan, anak dan orang tuanya sesekali mengobrol singkat tentang berbagai hal ringan atau saling menatap mata satu sama lain. Momen ini lah yang membuat kelas parenting day di SMA N 1 Pulung, Ponorogo semakin menjadi viral di sosial media.

Diakhiri dengan Sungkeman

Kegiatan kelas parenting day di SMA Negeri 1 Pulung ini diakhiri dengan siswa melakukan sungkeman kepada orang tua mereka masing-masing. Sungkeman adalah tradisi Jawa yang merupakan bentuk penghormatan serta permohonan maaf kepada orang yang lebih tua atau yang lebih berpengalaman. Berkat adanya sungkeman, para siswa bisa menyampaikan rasa terima kasih dan meminta doa restu kepada orang tua mereka masing-masing.

Para orang tua siswa pun menyambut sungkeman dari anak-anak mereka dengan penuh haru dan tangis. Mereka mengusap-usap kepala dan wajah anak-anaknya sambil mendoakan supaya selalu sehat, sukses, dan bahagia kedepannya.

Para orang tua juga meminta maaf, apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam proses mendidik dan membesarkan anak-anak. Mereka juga berharap anak-anaknya kelak bisa menjadi anak yang sholeh, berbakti, dan pintar.

Air mata pun mengalir deras di pipi-pipi para orang tua siswa, begitu pula dengan para siswa. Mereka pun saling berpelukan dan saling mengucapkan kata-kata sayang. Para siswa merasa begitu tersentuh dengan perhatian serta kasih sayang orang tua mereka. Mereka menyadari bahwa kepedulian, pengprbanan, dan kasih sayang dari orang tua mereka sangatlah besar.

Itulah tadi pembahasan mengenai viralnya kelas parenting day di SMA Negeri 1 Pulung, Ponorogo, Jawa Timur. Semoga kegiatan kelas parenting day ini bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi semua orang, terkhusus bagi dunia pendidikan di Indonesia.