Skip to content

Menelisik Manfaat-Manfaat Sinar Inframerah di Kehidupan Sehari-Hari

Tahu nggak EDOOers gimana cara kerja remote itu? Meskipun keliatannya sederhana
dan gampang banget, sistem kerja remote itu menggunakan sinar inframerah, lho. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang definisi dan manfaat-manfaat sinar inframerah di kehidupan sehari-hari.

Sistem kerja remote itu memanfaatkan sinar inframerah. Makanya, EDOOers harus mengarahkan remote dengan cara yang benar. Apabila ada benda yang menghalangi penerimaan sinyal di TV-nya, apapun yang EDOOers pencet di remote jadi nggak berfungsi. Yaps, sebab informasi yang dikirimkan sinar tidak sampai ke penerimanya alias TV.

Sejarah Sinar Inframerah

Sinar inframerah ini pertama kali ditemukan pada tahun 1800 oleh seorang peneliti dari negara Jerman yang bernama Friedrich Wiliam Herschel. Sebelumnya, ia sudah pernah berhasil menemukan planet Uranus pada tahun 1781. 

Pada masa itu, Wiliam Herschel mempelajari pula penemuan Newton yang menyatakan, bahwa sinar matahari bisa dipisahkan menjadi komponen kromatis terpisah lewat pembiasan kaca prisma.

Sifat dari pantulan sinar matahari tersebut apabila diarahkan ke kaca prisma akan muncul berkas cahaya warna-warni seperti pelangi. Hal tersebut juga bisa EDOOers lihat dalam bagian bawah CD. Penemuan ini yang membuat fotografer masa kini bisa ngasih efek-efek pelangi ke wajah orang.

Wiliam Herschel mempunyai pemikiran bahwa terdapat perbedaan panas dari setiap warna yang berbeda-beda. Kemudian, ia lantas melakukan eksperimen dengan mengarahkan kaca prisma ke cahaya matahari, lalu mengukur suhu tiap warna tersebut.

Berkat eksperimen tersebut, Wiliam Herschel memperoleh kenyataan bahwa semakin mendekati warna merah, suhunya akan semakin meningkat. Bahkan, uniknya saat ia mencoba mengukur suhu di luar bagian merah, tempat di mana tidak adanya sinar matahari, suhu tersebut merupakan yang paling tinggi.

Sesudah pengamatan yang dilakukan tersebut, Wiliam Herschel meneliti terkait sinar panas yang terpisah dari berbagai cahaya yang tampak tadi. Akhirnya, peneliti dari Jerman tersebut berhasil menemukan sinar inframerah.

Definisi Sinar Inframerah

Secara definisi sinar inframerah adalah suatu gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang antara 760 nm hingga 1000 µm dan memilki frekuensi 30 GHz hingga 40.000 GHz. 

Sinar inframerah sering juga disebut radiasi panas. Hal tersebut disebabkan karena, benda panas yang diakibatkan oleh getaran atomik dan molekuler dianggap dapat memancarkan gelombang panas dalam bentuk sinar inframerah. Maka dari itu, semua yang mempunyai kandungan panas akan memancarkan radiasi sinar inframerah, seperti halnya api.

Radiasi yang dipancarkan oleh sinar inframerah tidak berbahaya dan tidak lebih hanya sekedar panas. Setiap hari, tubuh manusia juga terpapar oleh sinar inframerah  dari benda-benda yang memiliki kandungan panas tadi.

Manfaat-Manfaat Sinar Inframerah di Kehidupan Sehari-Hari

Sejak penemuan sinar inframerah pada abad ke 19 sampai sekarang, sinar inframerah sudah banyak banget memberikan manfaat buat manusia. Berikut ialah beberapa contoh manfaat sinar inframerah dalam kehidupan sehari-hari.

1. Remote Control

Manfaat sinar inframerah yang pertama adalah remote control yang berguna untuk mengontrol pengoperasian suatu gadget tertentu, seperti televisi, AC, mobil mainan, stereo, dan lain sebagainya.

Biasanya remote control menggunakan radiasi infra merah yang bertindak sebagai pemancar dan berperan untuk mengambil perintah yang diberikan oleh penggunanya.

Maka dari itu, remote control bisa menghasilkan sinyal biner dengan bantuan radiasi cahaya inframerah. Radiasi cahaya inframerah dengan kode biner tersebut, selanjutnya digabungkan ke penerima lewat udara dan operasi sesuai perintah input yang dijalankan.

2. Termometer Inframerah

Termometer inframerah merupakan salah satu aplikasi paling penting dari radiasi inframerah di kehidupan sehari-hari. Hal ini karena termometer inframerah dapat membantu memberi pengguna keuntungan untuk mendeteksi suhu tubuh ataupun objek dengan cepat, mudah, dan tanpa kontak.

termometer inframerah  memancarkan radiasi cahaya inframerah yang jatuh di permukaan objek dan dipantulkan kembali. Cahaya yang dipantulkan tersebut, lalu dideteksi oleh detektor yang ada di struktur internal perangkat.

Selain itu, cahaya yang dipantulkan tersebut juga diproses dengan bantuan berbagai macam pembaca internal, sehingga pada akhirnya data yang diproses akan bisa ditampilkan di layar sebagai output.

3. Kacamata Penglihatan Malam (Night Vision)

Kacamata penglihatan malam atau biasa juga disebut night vision, biasanya memanfaatkan radiasi inframerah untuk pengoperasiannya. Sedangkan, prinsip kerja dasar dari kacamata night vision ini tergantung pada proses yang dikenal sebagai peningkatan citra. 

Peningkatan citra ialah teknik yang didasarkan dari indra penglihatan yang bisa ditingkatkan ke tingkat yang lebih tinggi dengan memperkuat cahaya yang telah ada di sekitarnya.

EDOOers dapat dengan mudah diamati ketika malam hari atau di tempat gelap dengan kacamata ini. Walaupun hanya ada sejumlah kecil cahaya yang tersedia, tetapi cahaya yang sedikit itu juga mengandung radiasi inframerah yang tidak terlihat oleh mata manusia. 

Pada kacamata night vision ini tertanam sirkuit amplifikasi tertentu yang dapat membantu dalam amplifikasi radiasi cahaya tampak ataupun inframerah yang ada di sekitarnya. Hal ini bisa membantu meningkatkan visibilitas suatu objek yang ada di lingkungan yang gelap.

Nah, itulah tadi definisi dan manfaat-manfaat sinar inframerah yang masih digunakan di kehidupan sehari-hari. Berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Fisika bisa didapatkan di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!