Skip to content

Kisah Michelle Hadip: Desainer Muda yang Unjuk Gigi di New York Indonesia Fashion Week

Indonesia banyak mempunyai anak-anak muda dengan berbagai potensi bakat dan prestasi yang sangat membanggakan. Satu diantaranya yaitu gadis imut dan masih belia bernama Michelle Davina Hadipranoto yang merupakan desainer muda yang bisa go internasional.

Akhir-akhir ini nama Michelle Hadip sering diperbincangkan di sosial media, karena prestasi gemilang yang diraihnya. Sebab, dia belum lama ini berpartisipasi dalam ajang fashion show tingkat internasional bertajuk New York Indonesia Fashion Week.

Semangat dan kerja kerasnya sangat patut dijadikan inspirasi, tak hanya oleh sebayanya saja tapi
juga para milenial dan generasi Z. Yuk kenalan lebih dalam dengan Michelle Hadip, desainer muda berbakat asal Indonesia lewat sederet faktanya berikut ini.

Profil Michelle Hadip

Michelle Davina Hadipranoto atau yang biasa disebut dengan nama Michelle Hadip, adalah seorang anak perempuan kelahiran 2009 yang menjadi perancang busana muda dan model cilik asal Indonesia.

Pada usianya yang masih 13 tahun, Michelle telah mengikuti beberapa ajang fashion show di Indonesia sejak tahun 2021 hingga tahun 2022, di antaranya seperti Malang Fashion Week, Jogja Fashion Week, Surabaya Fashion Runway, Sleman Recovery Moment, Central Jawa Fashion Week, dan Indonesia Teen Fashion Week.

Anak dari Diana Ridzki (Ibu) ini juga sempat meraih beberapa penghargaan seperti juara pertama Sarinah Model Search 2020, juara pertama Atrium Model Award 2019, dan Best photogenic PMH 2020. Bahkan, pada 11 September 2022, Michelle berhasil menembus event fashion kelas internasional yaitu New York Indonesia Fashion Week (NYFW) sebagai desainer termuda.

Selain itu, Michelle sekarang ini masih aktif menjadi seorang model foto fashion yang berkerja sama dengan berbagai macam brand ternama dan masih melakukan photoshoot dengan Ayu Gani yaitu seorang model terkenal Indonesia. Semua pencapaian yang mengharumkan nama Indonesia tersebut, pastinya Michelle raih dari kerja keras dan dukungan dari orang tuanya.

Berawal dari Hobi Menggambar

Awal karier Michelle Hadip di dunia desainer terlihat sejak usia tiga tahun, saat Ibunya melihat bakat anaknya yang hobi menggambar. Sejak saat itulah, Ibunya memasukkan Michelle ke les gambar.

Lalu saat Michelle berumur 7-9 tahun, ia sempat mengikuti les gambar anime, dimana pakaian-pakaian yang digambarnya umumnya cukup mendetail, karena disesuaikan dengan karakter yang memakainya, Nah, sejak saat itulah Michelle memutuskan objek yang disukai untuk digambarnya adalah manusia dan pakaian.

Sejak usia 10 tahun, Michelle mulai mengikuti les lain yaitu les privat untuk fashion desainer. Bahkan pada tahun 2019, baik untuk keterampilan menggambar secara langsung ataupun mengikuti les digital art drawing dari Olle Independent School, Bandung.

Selain itu, Michelle juga mengambil kursus menjahit pakaian di Dreamdress, Jakarta, dengan dibimbing oleh Intan Ayundavira salah satu alumni Esmod Jakarta. Ketika di bawah bimbingan beliau, potensi Michelle terus diasah. Bahkan menghasilkan rancangan gaun-gaun yang berpotongan lembut dan menonjolkan keanggunan klasik.

Suka Modeling Sejak Kecil

Sebelum desainer muda yang masih kelas 8 SMP ini terjun ke dunia fashion designer, awalnya Michelle menjadi model. Bahkan, ia sempat membintangi berbagai iklan ataupun katalog produk makanan serta pakaian.

Michelle menjadi seorang model, karena sejak masih belia sudah hobi berfoto sekaligus menyalurkan hobi. Saat ini pun Michelle juga masih menerima beberapa endorsement serta menjadi influencer yang berhubungan dengan dunia anak dan remaja.

Michelle Hadip mulai serius menekuni dunia modelling sejak tahun 2019 lalu. Ia pernah menjuarai beberapa ajang bergengsi, di antaranya seperti Plangi Model Hunt, Atrium Model Award, dan Sarinah Model Search.

 

Saat ini pun, Michelle Hadip juga masih aktif dalam dunia model foto dan katalog untuk beberapa brand-brand ternama. Selain itu, ia juga pernah pula menjadi model untuk beberapa fashion runway seperti Jogja Fashion Runway, Bandung Kids Fashion Runway, dan Ria Miranda 7th Annual Show.

Tembus New York Fashion Week

Michelle Hadip menjadi salah satu dari sembilan perwakilan dari desainer yang berasal dari Indonesia untuk tampil pada event pagelaran busana tingkat internasional,yaitu New York Indonesia Fashion Week yang berlokasi di Wallstreet, New York, Amerika Serikat.

Pada ajang tersebut, Michelle Hadip nampak mengusung sebuah tema ‘Jewels of The Ocean’. Setidaknya, terdapat 12 busana bernuansa biru putih bergaya casual formal yang dipakai oleh para model.

Desainer yang masih berumur 13 tahun ini menampilkan karya busana yang siap pakai (ready to wear) dengan dipadupadankan dengan inner atau outer serta dibalut sentuhan batik nusantara.

Hebatnya dalam yang diadakan di New York tersebut, Michelle dinobatkan menjadi desainer termuda, sehingga membuatnya sangat senang atas anugerah yang luar biasa yang diberikan Tuhan untuknya.

Semoga kisah dari Michelle Hadip sebagai desainer muda yang go internasional, karena karya-karyanya tersebut tersebut dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk ikut mendulang prestasi sesuai bakat, minat dan keterampilan masing-masing. Congratulations, Michelle! Kamu tahu kisah inspiratif dari siswa lainnya? Share di kolom komentar ya!.