Skip to content

Inilah 7 Daftar Jembatan Terpanjang di Indonesia Beserta Lokasinya

Jembatan merupakan sebuah infrastruktur yang penting sebagai penghubung antara satu daerah ke daerah lain dan sangat dibutuhkan masyarakat untuk beraktivitas. Menanggapi hal tersebut, kali ini EDOO akan membahas 7 daftar jembatan terpanjang yang ada di Indonesia.

Jembatan menjadi bagian tak terpisahkan dari tatanan jalan raya, utamanya pada suatu wilayah yang memiliki kondisi geografis maupun non-geografis, sehingga tidak bisa dilewati secara langsung oleh masyarakat umum. Misalnya dikarenakan adanya sungai, laut, selat, perlintasan kereta api, jurang, lembah, dan lain sebagainya.

Pada negara kita tercinta yaitu Indonesia, pembangunan jembatan tidak henti-hentinya dilakukan, mulai dari jembatan yang berskala kecil, menengah, sampai besar. Simak, daftar jembatan terpanjang di Indonesia dengan fungsi dan keindahan yang dimilikinya.

  1. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang diresmikan pada bulan Juni tahun 2009. Jembatan yang memiliki nama resmi Jembatan Nasional Suramadu ini menghubungkan Surabaya dan pulau Madura.

Jembatan Suramadu ini terdiri atas jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Sedangkan panjang dari jembatan ini mencapai 5.438 meter dan memiliki lebar 30 meter.

Ground Breaking dari pembangunan jembatan Suramadu ini dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 20 Agustus 2003. Sementara itu, proses Pembangunan dan peresmian pembukaannya dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009.

Pembangunan jembatan Suramadu ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di Pulau Madura yang relatif tertinggal dibandingkan wilayah lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya dalam pembangunan jembatan ini ialah mencapai 4,5 triliun rupiah.

Jembatan Suramadu ini mempunyai kecantikan yang bisa EDOOers nikmati saat melintas di Jembatan Suramadu, yakni utamanya saat berada di tengah jembatan.  EDOOers dapat melihat adanya laut yang indah dan juga bisa menikmati pemandangan sunset ataupun sunrise di waktu yang tepat saat melintas di jembatan ini.

2. Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati menjadi jembatan terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang mencapai 2.800 meter dan lebarnya 21,53 meter. Jembatan yang berada di bagian utara dan Timur Kota Bandung ini dibuka untuk umum mulai tanggal 12 Juni 2005 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan Pasupati ini melewati lembah Cikapundung.

Sedangkan nama Pasupati sendiri merupakan sebuah singkatan dari Pasteur Surapati, yang di mana jembatan ini juga menjadi jalan layang yang menghubungkan Jalan Pasteur dan Surapati di kota Bandung.

Per bulann Maret tahun 2022 lalu, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat meresmikan penamaan jalan dari jembatan Pasupati ini menjadi Jembatan Layang Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja. Hal tersebut dilakukan sebagai cara menghormati sosok Menteri Luar Negeri di era pemerintahan Presiden Soeharto yaitu Mochtar Kusumaatmadja yang sekaligus akademisi Universitas Padjajaran.

3. Jembatan Balerang

Jembatan terpanjang ketiga di Indonesia ialah Jembatan Barelang yang berada di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Seperti halnya Suramadu dan Pasupati yang diambil dari gabungan nama dua wilayah, nama jembatan Barelang ini juga merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. 
 
Jembatan balerang ini memiliki panjang mencapai 2.264 meter dan memakan waktu Pembangunan sekitar lebih 6 tahun lamanya, yaitu dari tahun 1992 sampai 1998. Sementara itu, biaya Pembangunan jembatan ini sekitar 400 miliar. Jembatan Barelang ini menghubungkan Pulau Batam, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, Pulau Tonton, dan Pulau Galang Baru.

4. Jembatan Siak Sri Indrapura (Siak IV)

Nama resmi dari jembatan Siak ialah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan Siak ini terbentang di atas sungai Siak, Provinsi Riau dengan panjang mencapai 1.196 meter dan lebarnya 16,95 meter. Jembatan ini memiliki dua menara di jembatan dengan tinggi mencapai 80 meter. Menara tersebut dipergunakan untuk tempat wisata guna menikmati keindahan sungai di bawah jembatan.

Jembatan yang diresmikan pada tahun 2007 oleh Presiden ke-6 yakni Susilo Bambang Yudhiyono (SBY) ini terdiri atas dua unit pylon di sisi Utara dan Selatan. Jembatan Siak IV ini menghubungkan dua wilayah di Kota Pekanbaru, yaitu pusat Kota Pekanbaru itu sendiri dengan Kecamatan Rumbai Pesisir.

5. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih menjadi jembatan terpanjang kelima di Idnonesia yang terletak di atas Teluk Dalam Pulau Ambon, Provinsi Maluku. Jembatan yang diresmikan pada 4 April 2016 oleh Presiden RI Joko Widodo ini mempunyai panjang mencapai 1.140 meter dan lebarnya 22,5 meter.

Jembatan Merah Putih ini menghubungkan dua daerah, yaitu Ambon Utara dan Ambon Selatan di Kecamatan Teluk Ambon. Selain itu, jembatan Merah Putih ini merupakan jembatan khusus dengan sistem beruji kabel atau cable stayed atau biasa disebut dengan jembatan kabel pancang. Jembatan ini juga menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur, bahkan menjadi ikon kota Ambon.

6. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatang terpanjang di Indonesia yang berada di kota Palembang, Sumatera Selatan. Panjang jembatan ini mencapai 1.117 meter dan memiliki lebar 22 meter. Tinggi jembatan ini ialah 11,5 meter diatas permukaan laut, sementara tinggi menara jembatannya mencapai 63 meter dari tanah.

Jembatan Ampera ini sudah lama dibangun sejak tahun 1962 dengan memakai biaya pembangunan dari rampasan perang Jepang. Jembatan yang melintasi sungai Musi ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Awalnya, jembatan ini diberi nama Jembatan Soekarno, akan tetapi presiden Soekarno kurang berkenan dikarenakan tidak ingin menimbulkan tendensi oleh individu tertentu. Maka dari itu, jembatan ini dinamakan jembatan Ampera yang merujuk sebuah slogan bangsa Indonesia pada tahun 1960 yakni Amanat Penderitaan Rakyat atau bisa disingkat Ampera.

7. Jembatan Barito

Jembatan terpanjang ketujuh ini mempunyai panjang mencapai 1.082 meter dan lebar 10 meter. Jembatan Barito ini dibangun pada 1 Januari 1993 dan selesai pada bulan Januari 1997 yang secara langsung diresmikan oleh Presiden Soeharto kala itu.

Jembatan Barito ini melintasi sungai Barito dan pulau kecil (pulau Bakut). Jembatan Barito ini dimanfaatkan sebagai jembatan penghubung antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu, jembatan ini menjadi tempat wisata di Kabupaten Barito Kuala, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Cukup sekian tadi pembahasan mengenai 7 jembatan terpanjang di Indonesia. Semoga artikel dari EDOO kali ini bisa memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi sobat-sobat EDOOers. By the way, apakah EDOOers pernah ada yang mengunjungi salah satu jembatan di atas? Share di kolom komentar ya!