Skip to content

Daftar 7 Negara Dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Kerap kali Indonesia disebut-sebut sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Sebab Indonesia tersusun atas gugusan dari banyak pulau yang membentang dari ujung barat sampai
ke ujung Timur. Namun, nyatanya Indonesia bukanlah negara dengan jumlah pulau terbanyak.lho EDOOers.

Pulau adalah sebuah potongan dari daratan yang dikelilingi oleh air dan terpisahkan dari daratan utama. Pulau menjadi rumah dari berbagai jenis kehidupan, dan menjadi tujuan para wisatawan dari seluruh dunia. Banyak negara-negara di dunia mempunyai pulau yang indah dan unik. Bahkan, beberapa negara di dunia juga mempunyai banyak pulau. Berikut ialah 7 daftar negara dengan pulau terbanyak di dunia.

1. Swedia

Swedia menduduki posisi pertama dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Salah satu negara paling utara di bumi ini mempunyai pulau dengan jumlah mencapai 267.570 pulau, di mana sekitar 24.000 pulau terbuka untuk umum dengan kebijakan Hak Akses Publik negara tersebut.

Walaupun menjadi negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, hanya kurang dari 1.000 pulau di Swedia yang sudah dihuni. Kepulauan yang paling terkenal di Swedia adalah Kepulauan Stockholm, yang terdiri atas 30.000 pulau.

Selain itu, ada pula kepulauan Gothenburg yang berjejer di pantai barat Swedia yang bersama dengan Kepulauan Bohuslän, yang terdiri dari 8.000 pulau. Kepulauan tersebut bahkan telah dinobatkan sebagai kawasan hutan belantara paling indah peringkat tujuh di dunia oleh CNN Travel.

2. Norwegia

Urutan kedua negara dengan pulau terbanyak di dunia ditempati oleh negara Norwegia, dengan jumlah pulau lebih dari 239.057. Umumnya dari pulau-pulau tersebut berada di sepanjang pantai barat serta utara Norwegia, dan menyajikan keindahan alam yang sangat indah dan spektakuler seperti gunung berapi dan fjord.

Sedangkan, kepulauan yang paling terkenal di Norwegia adalah Kepulauan Lofoten yang bertebaran di atas Lingkaran laut Arktik. Kepulauan Lofoten ini sudah tersertifikasi sebagai destinasi wisata berkelanjutan. Iklim yang ada di Kepulauan Lofoten ini lebih sejuk dibandingkan dengan daerah lain yang masuk ke Lingkaran Arktik.

Kepulaun Lofoten ini dikenal pulan dengan berbagai daya Tarik wisatanya, di antaranya seperti peluang memancingnya yang luas, matahari tengah malam (midnight sun) selama musim panas dan cahaya utara selama bulan-bulan musim dingin.

3. Finlandia

Selanjutnya, pada peringkat ketiga ditempati oleh negara Finlandia dengan jumlah sebanyak 178.947 pulau. Finlandia merupakan negara Skandinavia yang dikenal dengan keindahan alamnya yang sangat indah dan menakjubkan.

Selain itu, negara ini juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar di sepanjang pantainya. Wilayah Kepulauan Finlandia terbentang dari pantai barat daya sampai ke Laut Baltik. Kepulauan di Finlandia termasuk ke dalam Kepulauan Aland pada pintu masuk ke Teluk Bothnia.

4. Kanada

Urutan keempat negara dengan pulau terbanyak ialah Kanada, dengan jumlah pulaunya mencapai 52.455 pulau. Pulau-pulau di negara Kanada tersebar di seluruh wilayah negara, dan menawarkan berbagai macam keindahan alam yang menarik, seperti halnya es yang membeku dan gletser. 

Sebagai negara dengan luas daratan terbesar kedua di dunia, Kanada memiliki tiga pulau terbesar di dunia, yaitu Pulau Ellesmere, Pulau Baffin, dan Pulau Victoria, kesemua pulau tersebut merupakan bagian dari Kepulauan Arktik. Kepulauan ini berada di utara negara Kanada, dan terdiri dari wilayah seluas lebih dari 550.000 mil persegi atau 1,4 juta km persegi.

5. Amerika Serikat

Posisi kelima diduduki oleh negara Amerika Serikat dengan 18.617 pulau. Ada beberapa pulau yang paling terkenal di Amerika Serikat, di antaranya meliputi Puerto Rico, Hawaii, Guam, Samoa Amerika, Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat.

6. Indonesia

Masuk ke urutan yang keenam ialah negara Indonesia dengan jumlah pulau sebanyak 17.504. Kepulauan di Indonesia terbentang mulai dari Samudra Hindia sampai Samudra Pasifik. Pulau-pulau di Indonesia menawarkan banyak keindahan alam yang sangat luar biasa serta keanekaragaman budaya. Selain itu, sebagai negara terpadat nomer empat di dunia, Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 kelompok pulau-pulau kecil.

7. Australia

Walaupun secara teknis Australia adalah sebuah benua dan tidak dianggap sebagai pulau itu sendiri, akan tetapi Australia dan wilayah sekitarnya terdiri dari 8.222 pulau yang berada di Samudra Pasifik.

Australia mempunyai beberapa pulau terbesar di dunia, seperti halnya Pulau Kangguru dan Pulau Tasmania. Selain itu, Australia juga mempunyai banyak pulau-pulau kecil yang bervariasi ukurannya dan tersebar luas di sepanjang garis pantainya.

Demikianlah pembahasan terkait negara-negara dengan pulau terbanyak di dunia yang patut
EDOOers ketahui. Semoga berkat penjelasan di atas bisa menambah wawasan keilmuan EDOOers sekalian dan menambah rasa cinta kepada negara Indonesia yang termasuk negara dengan pulau terbanyak di dunia.