Skip to content

Daftar 5 Tempat Tersepi di Dunia: Berani Liburan ke Sini?

Apabila liburan EDOOers gitu-gitu aja dan kurang seru? Mungkin pilihan destinasi wisata EDOOers mainstream dan kurang menantang. Coba saja EDOOers sekali-kali berlibur ke tempat tersepi di dunia.

Ketika dunia sedang mengalami lonjakan pertumbuhan penduduk yang begitu besar, maka hal itu dapat membuat beberapa orang malah mencintai kesunyian dan kesendirian agar tidak terganggu. Mereka pasti berpikir akan sulit menemukan tempat sepi yang bisa dijadikan untuk menyendiri.

Ternyata, di belahan bumi yang lain masih ada kok beberapa tempat yang masih sepi dan tidak banyak memiliki penduduk. Hal tersebut artinya, masih terdapat harapan buat para penyuka kesunyian untuk tinggal atau sekedar menikmati momen liburan, sehingga bisa me time ataupun healing.

Bagi para traveler yang menyukai hal-hal baru serta tantangan, lima tempat tersepi di dunia ini dapat menjadi referensi tujuan liburan EDOOers. Selain menawarkan tantangan, tempat-tempat ini akan memberikan ketenangan untuk kalian yang bosan akan keramaian.

1. Pulau Alert Kanada

Kota Alert merupakan kota yang terletak di bagian bumi paling utara. Kota Alert ini berada di Pulau Ellesmere, Wilayah Qikiqtaaluk, Nunavut, Kanada. . Alert menjadi satu-satunya tempat tinggal permanen yang letaknya 500 mil dari Kutub Utara. Suhu rata-rata di tempat ini adalah -33,2°C dan suhu terendahnya dapat mencapai -50°C dibawah nol.

Kota Alert ini memiliki luas sekitar 2.093.190 km² dan mempunyai kepadatan penduduk hanya 1 orang per 65 km². Sebenarnya penduduk permanen di kota ini 0, tetapi ada sekitar 200 orang yang tinggal di kota ini, di antaranya seperti para peneliti, ilmuan, sampai anggota militer.

Cara mengakses perjalanan menuju Kota Alert ini hanya dapat diakses melalui jalur udara dan laut. Alert selama setahun selalu diselimuti kegelapan total hingga empat bulan lamanya, karena tidak adanya sinar matahari. Sebetulnya, kota Alert ialah instalasi militer yang berperan sebagai sinyal unit intelejen Pasukan Kanada.

2. McMurdo

Stasiun McMurdo merupakan sebuah pusat penelitian milik Amerika Serikat yang berlokasi di Pulau Ross yang berada di tepi Pantai Selat McMurdo di Benua Antartika. McMurdo cuma ditinggali oleh para peneliti dan ilmuan yang berjumlah sekitar 1.200 orang saat musim panas. Para peneliti dan ilmuan tersebut tergabung dalam United States Antartica Program.

Stasiun McMurdo ini secara resmi beroperasi pada tahun 1956-an. Sedangkan, penelitian yang dilaksanakan di stasiun ini, di antranya meliputi astrofisika, biologi, aeronomi, kedokeran, geofisika, glasiologi, geologi, geologi glasial, sistem samudera dan iklim. McMurdo juga mempunyai sautu tempat bersejarah, yakni Tugu Byrd atau Tugu Bersejarah Richard E. Byrd dan Nuclear Power Plant Plaque.

3. Pulau Macquarie

Tempat tersepi di dunia yang ketiga adalah pulau Macquarie. Pulau ini terletak di selatan samudera Pasifik, lebih tepatnya berada di antara Australia dan Tasmania. Pulau Macquarie ini pertama kali ditemukan pada tahun 1810 oleh Frederick Hasselborough.

Pulau ini cuma dihuni sekitar 40 orang peneliti. Sedangkan, penelitian yang dilakukan di pulau Macquarie ini, di antaranya seperti bidang astronomi, meteorologi, biologi, botani, dan kesehatan.

Ada salah satu hal menarik dari pulau Macquarie ini adalah pulau ini dipenuhi oleh penguin, gajah laut, anjing laut, kelinci, ratusan jenis burung, dan berbagai macam mamalia lainya.

Oleh sebab itu, pulau Macquarie mempunyai julukan sebagai pulau ekologi paling kaya di benua Ausralia. Pulau cantik dan eksotik ini paling cocok buat para EDOOers yang mencintai satwa dan ketenangan.

4. Oymyakon

Oymyakon merupakan sebuah kota di Sakha, lebih tepatnya berada di bagian timur negara Rusia. Penduduk di kota Oymyakon ini hanya berkisar  521 jiwa. Kota Oymyakon ini merupakan kota paling dingin di dunia, karena suhu terdingin yang pernah tercatatkan adalah sebesar -71.2°C.

Iklim yang sangat ekstrem di kota ini membuat hidup tidaklah mudah. Namun, kota Oymyakon ini menawarkan berbagai macam tujuan wisata menarik seperti halnya museum, teater, berburu rusa, area perbelanjaan, memancing di es dan pastinya sensasi hidup di tempat yang ekstrem.

Bahkan, saat musim dingin datang, penduduk di kota ini hanya memperoleh sinar matahari selama 3 jam per harinya. Sebab cuaca yang tergolong sangat dingin dan hampir tidak mungkin menanam tanaman di tempat ini, sehingga membuat orang-orang disini hidup dengan memakan daging rusa dan ikan beku.

Cara menuju ke kota Oymyakon ini bila dari Yakutsk memerlukan dua hari perjalanan dengan mobil. Sementara itu, jika dari Moskow menuju Yakutsk membutuhkan durasi perjalanan udara selama 6 jam 30 menit.

5. Ittoqqortoormitt

Kota Ittoqqortoormitt yang merupakan sebuah kota yang berada di pesisir Greenland. Kota yang memiliki luas area sebesar 235.000 km2 ini mempunyai penduduk sekitar 550 jiwa yang dihuni sejak tahun 1925.

Kota ini cocok untuk untuk EDOOers yang ingin merasakan liburan yang menenangkan. Sebab, kota yang terisolasi ini menawarkan sajian pemandangan yang luar biasa indahnya. Selain itu, ada juga fenomena langit aurora dan lautan yang membeku sebagai daya tarik wisata kota ini.

Para wisatawan juga bisa menaiki kereta salju, melihat beruang kutub, ataupun memancing. Selain itu, desain rumah-rumah kecil dan hangat para penduduknya dengan dipadukan warna biru, merah, kuning dan hijau nampak seperti berada di negeri dongeng.

Kota Ittoqqortoormitt ini hanya bisa diakses dengan pesawat dari Constable Point Airport dan kapal laut, tetapi cuma ada pada bulan Juli dan Agustus. Alasan kenapa wilayah kota ini cukup sulit diakses, karena lautan di sekelilingnya selalu membeku selama 9 bulan lamanya.

Nah, itulah tadi lima tempat tersepi di dunia yang perlu EDOOers ketahui sebagai penambah wawasan pengetahuan. Bagaimana nih? Apakah EDOOers tertantang untuk mengunjungi salah satu tempat paling sepi di dunia tersebut untuk berlibur atau me time? Share di kolom komentar ya!