Skip to content

Bangga! Ayam Goreng Khas Indonesia Jadi Fried Chicken Dishes Terbaik di Dunia

Taste Atlas kembali memasukkan sajian kuliner khas Indonesia dalam list terpopulernya. Kuliner yang dimaksud adalah ayam goreng khas Indonesia yang bertengger dalam peringkat satu sebagai fried chicken dishes terbaik sedunia.

Sebagai bangsa yang memiliki kekayaan kuliner, tidak salah prestasi tersebut diberikan kepada ayam goreng khas Indonesia yang terkenal. Sebab ayam goreng menjadi salah satu sajian
yang paling disukai semua orang dari berbagai macam kalangan.

Baik dari kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua sangat menyukai sajian satu ini. Apalagi, jika ayam goreng mempunyai aroma dan rasa khas, karena dibumbui dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia yang menggugah selera makan.

Pengertian Ayam Goreng Khas Indonesia

Ayam goreng khas Indonesia merupakan hidangan Indonesia dari olahan daging ayam yang dimarinasi terlebih dahulu dengan jangka waktu tertentu, sebelum daging ayam tersebut digoreng sampai matang.

Kebanyakan ayam goreng khas dari Nusantara tidak dilapisi dengan tepung, tetapi mempunyai bumbu yang lebih kaya dan lebih bercita rasa. Istilah ayam goreng sendiri diartikan sebagai cara orang Indonesia dalam memasak ayam dengan digoreng.

Umumnya orang Indonesia terbiasa memarinasi daging ayam dengan cara merebusnya terlebih dahulu bersama bumbu-bumbu. Bumbu yang dimaksud disini adalah rempah-rempah khas Indonesia yang sudah dihaluskan dan selanjutnya dimasukan ke dalam rebusan daging ayam sebelum digoreng.

Berbagai potongan daging ayam yang dijadikan sajian ayam goreng tersebut, di antaranya mulai dari bagian jeroan, kepala, dada, paha, sayap, yang dimarinasi dengan bumbu rempah sampai bumbu tersebut meresap.

Sesudah daging ayam selesai dimarinasi dan direbus, selanjutnya daging ayam diolah dengan cara digoreng sampe berubah warnanya menjadi cokelat keemasan, sehingga bisa dinikmati sebagai lauk makan dengan berbagai macam sambal dan lalapan.

Jadi Peringkat Pertama Dunia

Tahu nggak EDOOers, bahwa ayam goreng khas Indonesia menjadi menu fried chicken dishes terbaik dunia. Bahkan, kalahkan Taiwanese Popcorn Chicken dan Southern Fried Chicken dari Amerika Serikat.

Siapa yang tidak bangga atas prestasi yang diraih menu rumahan favorit masyarakat Indonesia ini. Yaps, bener banget prestasi yang diperoleh ayam goreng khas Indonesia ini versi dari TasteAtlas yang penilaiannya diunggah pada Selasa 2 Agustus 2023. 

TasteAtlas sendiri merupakan sebuah atlas dunia masakan tradisional, ensiklopedia rasa, bahan-bahan lokal, dan restoran otentik. TasteAtlas sendiri sudah membuat katalog lebih dari 10.000 makanan dan minuman, dan masih ada puluhan ribu menu yang belum sempat diteliti dan dipetakan.

Dari 10 daftar best fried chicken dishes di dunia, ayam goreng khas Indonesia menempati peringkat puncak dengan poin penilaian 4,6, dan di susul ayam penyet menjadi peringkat ke enam yang terenak versi TasteAtlas. Berikut ini adalah Top 10 Best Fried Chicken Dishes versi TasteAtlas:

1. Ayam Goreng (Indonesia)

2. Taiwanese Popcorn Chicken (Taiwan)

3. Southern Fried Chicken (Southern USA)

4. Crispy Fried Chicken (Guangdong, China)

5. Chicken Kyiv (Ukraina)

6. Ayam Penyet (Jawa Timur, Indonesia)

7. Pozharskaya Kotleta (Rusia)

8. Backhandl (Vienna, Austria)

9. Hot Chicken (Nashville, USA)

10. Chicken 65 (Chennai, India)

Resep Asli dengan Rempah-Rempah Khas Indonesia

Ayam goreng menjadi salah satu sajian hidangan yang sudah mengakar dalam kebudayaan kuliner Nusantara. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki cara uniknya masing-masing dalam mengolah ayam goreng, sehingga menciptakan berbagai varian cita rasa yang menarik tetapi tetap menggugah selera makan. 

Umumnya, ayam goreng khas Indonesia diracik dengan bumbu asli dari berbagai rempah khas Indonesia. Rempah-rempah yang paling umum digunakan untuk mengolah ayam goreng khas Indonesia adalah perpaduan ketumbar, kunyit, dan lengkuas. Maka tidak heran, ayam goreng khas Indonesia menjadi juara rasanya!

Nah, itu tadi pembahasan mengenai ayam goreng khas Indonesia yang menjadi best fried chicken dishes terbaik di dunia. Gimana nih, EDOOers jadi lapar dan ingin makan ayam goreng juga nggak? Share di kolom komentar ya!