Skip to content

7 Negara Terkecil di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah: Fakta Menarik yang Perlu Kamu Ketahui

Bumi yang EDOOers tempati ini, setidaknya terdiri atas 195 negara, baik yang luas wilayahnya besar ataupun kecil. Namun, faktanya ada beberapa negara yang termasuk negara terkecil di dunia, lho EDOOers.

Mengutip dari World Data, setidaknya ada 7 negara yang masuk ke dalam kategori negara kecil, yakni negara yang luasnya kurang dari 1.000 km². Lantas, negara apa sajakah yang termasuk negara terkecil di dunia? Simak informasinya sebagai berikut:

  1. Vatikan

Vatikan diakui secara internasional menjadi negara independen terkecil di dunia, sekaligus menjadi negara yang memiliki populasi terkecil di dunia. Negara Vatikan ini memiliki luas daratan yaitu 0,49 km² atau hanya seluas 400 m² saja. Sementara jumlah populasinya kurang dari 1.000 orang.

Negara Vatikan ini berdiri pada tahun 1929 berbarengan dengan status khusus dari Italia yaitu Katolik Roma. Selain itu, negara yang mempunyai julukan enklave ini juga terkenal dengan situs ziarahnya, di antaranya seperti Basilika Santo Petrus, Kapel Sistina, dan Lapangan Santo Petrus.

Lokasi negara Vatikan ini cukup unik, yakni berada di dalam kota Roma, Italia. Negara yang berbentuk monarki sakerdotal atau eklesiastik ini diperintah langsung oleh Uskup Roma, yaitu Paus dan para penasihatnya yang memimpin Gereja Katolik Roma.

2. Monako

Negara terkecil di dunia peringkat kedua adalah Monako, yaitu negara yang berbatasan dengan Laut Tengah dan Prancis. Luas wilayah negara Monako ini hanya berkisar 2,02 km², akan tetapi populasi penduduknya cukup padat, yakni mencapai 36.686 orang.

Guna menambah luas wilayah negaranya, Monako melakukan reklamasi tanah. Sedangkan, negara Monako ini menganut sistem monarki konstitusional dengan seorang pangeran sebagai kepala negaranya.

Sementara itu, negara Monako ini terkenal sebagai surga pajak, karena pendapatan negaranya berasal dari pajak kasino dan sektor pariwisata. Bahkan, saking kecilnya negara Monako tidak memiliki bandara dan digantikan dengan adanya helipad.

3. Nauru

Negara terkecil di dunia yang ketiga adalah Nauru, yaitu negara kepulauan yang berada di Mikronesia yang terletak di Pasifik Tengah. Negara yang masih termasuk wilayah Oseania ini berada di dekat Kepulauan Solomon, Papua New Guinea, dan Kepulauan Marshall.
Sedangkan untuk luas wilayahnya sendiri, Nauru hanya memiliki luas 21,1 km² dengan populasi sebanyak 12.511 penduduk.

Negara yang memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1968, sesudah masa kependudukan Jepang selama Perang Dunia Kedua. Nauru merupakan sebuah negara yang makmur pada tahun 1980-an, akan tetapi bangkrut karena eksploitasi sumber daya alamnya.

Dahulu, Nauru terkenal sebagai penghasil fosfat bermutu tinggi dengan kemampuan produksi terbesar dunia. Namun, sayangnya akibat pengelolaan uang negara yang buruk membuat negara ini bangkrut.

4. Tuvalu

Tuvalu merupakan negara terkecil keempat yang berada di wilayah Oseania dan mungkin jarang terdengar. Negara yang terletak di selatan Samudera Pasifik ini terbentuk dari sembilan pulau dengan luas wilayah 26 km². Sedangkan, jumlah populasi penduduk di Tuvalu sebesar 11.204 orang.

Negara yang sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice ini Merdeka pada tahun 1978. Saat ini, negara Tuvalu tengah menjadi salah satu negara paling parah terkena efek perubahan iklim dan naiknya permukaan laut. Sebab, ada 2 dari 9 pulau di Tuvalu yang terancam tenggelam, karena naiknya permukaan air laut dan erosi pantai.

5. San Marino

San Marino merupakan negara terkecil kelima dengan luas wilayah berkisar 61,2 km² dengan populasi penduduknya mencapai 33.745 orang. Negara yang lokasinya dikelilingi oleh Italia ini merupakan negara republik konstitusional tertua di dunia, karena sudah terbentuk sejak 3 September 30.

Hal unik dari negara San Marino ini adalah dulu menurut sejarah negara republik terkecil di dunia ini didirikan oleh Marinus, yaitu seorang tukang batu yang mencari perlindungan dari serangan bangsa Romawi. Walaupun kecil, San Marino terkenal dengan arsitektur bangunannya dari abad pertengahan.

6. Liechtenstein

Negara Liechtenstein merupakan negara yang terletak di antara Austria dan Swiss. Negara yang berada di benua Eropa ini mempunyai luas wilayah sebesar 160,5 km² dengan jumlah populasi penduduknya sekitar 39.039 orang. Bahkan, negara Liechtenstein ini juga termasuk salah satu negara terkaya di dunia, lho EDOOers.

Sedangkan, sistem pemerintahan dari negara Liechtenstein adalah monarki konstitusional yang dipimpin langsung oleh seorang pangeran. Negara kecil ini terkenal sebagai negara cantik dan mempesona, karena lanskap dan pemandangan pegunungan indah yang terletak di antara pegunungan Alpen dan Kastil Vaduz. Selain itu, Liechtenstein juga terkenal dengan puncak Grauspitz dan pegunungan Rhatikon.

7. Pulau Marshall

Nah, negara terkecil di dunia yang ketujuh adalah Kepulauan Marshall, yaitu negarayeng terletak di Samudera pasifik yang memiliki luas sekitar 181,4 km². Sedangkan, jumlah populasi penduduk dari negara ini mencapai 42.050 orang.

Lokasi Kepulauan Marshall sendiri dekat dengan garis Khatulistiwa dan memiliki lebih dari 1000 pulau. Negara Kepulauan Marshall ini berbatasan langsung dengan Kiribati, Nauru, Mikronesia, dan Pulau Wake.

Kepulauan Marshall diketahui sudah mempunyai pemukiman manusia sejak abad 2000 SM. Sedangkan, kemerdekaan dari negara ini baru diperoleh dari Amerika Serikat pada tahun 1979, sesudah berabad-abad dijajah oleh Jerman, Spanyol, dan Jepang.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai 7 negara terkecil di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Semoga artikel dari EDOO ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan EDOOers sekalian. Salam Literasi untuk Edukasi!