Skip to content

7 Jajaran Negara Terkaya di Dunia Pada 2023

Negara terkaya di dunia selalu menjadi salah satu topik perbincangan yang menarik perhatian orang
setiap tahunnya. Maklum saja, karena pastinya EDOOers ingin tahu negara Indonesia ada di posisi berapa. Guna menjawab rasa penasaran tersebut, yuk simak artikel ini sampai habis ya!

Lantas, cara mengukur kekayaan suatu negara itu gimana sih? Yaps, cara mengukur kekayaan negara yang paling sering digunakan adalah dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB). Sebab PDB mengukur nilai semua barang dan jasa yang diproduksi dari suatu negara dalam suatu periode tertentu.

Indikator internasional dalam mengukur kesejahteraan ekonomi suatu negara adalah PDB per kapita. Maka dari itu, suatu negara bisa dibilang terkaya ialah karena negara tersebut PDB per kapitanya tertinggi. Selain itu, kekayaan suatu negara dilihat juga dari daya beli masyarakat atau purchasing power parity (PPP).

Mengacu pada analisis laporan Global Finance Magazine, berikut jajaran 7 negara terkaya di dunia di tahun 2023, jika diukur menggunakan indikator yang telah disebutkan di atast.

1. Irlandia

Posisi pertama dalam daftar jajaran negara terkaya di dunia ditempati oleh negara Irlandia. Negara asal band The Script ini mempunyai PDB-PPP per kapita sebesar US$145.196.

Walaupun, negara ini terbilang kecil, akan tetapi menjadi surga perusahaan-perusahaan terbesar di dunia bernaung, misalnya saja seperti Google, Apple, Pfizer, Microsoft, dan Meta dikarenakan rendahnya tarif pajak di negara ini.

Bahkan, faktanya perusahaan-perusahaan multinasional tersebut sudah menyumbang sekitar 56% dari total nilai tambah ekonomi di negara Irlandia pada tahun 2022. Kendati demikian, Irlandia masih memiliki rencana untuk menyamakan tarif pajak perusahaan minimumnya pada tahun 2024 dengan standar global sebesar 15%.

2. Luksemburg

Turun di peringkat kedua, setelah tahun sebelumnya menempati peringkat pertama. Kesuksesan negara Luksemburg tetap masuk jajaran tiga besar negara terkaya di dunia dilihat dari PDB-PPP per kapitanya pada tahun ini adalah sebesar US$142.490.

Luksemburg ialah negara di benua Eropa yang mempunyai kastil dan pedesaan-pedesaan yang indah, sehingga membuat para wisatawan tertarik untuk datang berkunjung. Negara ini menjadi satu-satunya negara di yang masih dipimpin oleh hayapatih atau adipati sebagai kepala negara. Bahkan, upah minimum di negara ini 1.923 euro per bulan dan menjadi negara di Eropa dengan tingkat pengangguran terendah.

Sebagian besar kekayaan dari negara yang luas wilayahnya separuh pulau Madura ini dimanfaatkan untuk penyediaan layanan kesehatan, perumahan, dan pendidikan bagi rakyatnya. Walaupun sempat terkena dampak pandemi Covid-19, perekonomian Luksemburg bisa pulih dengan pertumbuhan hingga 5,1% pada tahun 2021.

3. Singapura

Posisi ketiga diduduki oleh negara yang berasal dari Asia Tenggara yaitu Singapura dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$133.895. Walaupun minim akan sumber daya alamnya, negara Singapura bisa membuat kebijakan cerdas yang menjadikannya sebagai tempat paling ramah untuk berbisnis di dunia.

Sekarang ini, negara yang Merdeka pada tahun 1965 ini menjadi pusat perdagangan dunia, keuangan, dan manufaktur yang berkembang secara pesat. Meskipun ekonominya sempat terkontraksi pada saat pandemic Covid-19 sampai 3,9%, Singapura mampu recovery pada tahun 2021 dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 8,8%.

Meskipun hanya negara kepulauan kecil di Asia, Singapura memang terkenal sebagai negara yang kaya. Salah satu sebabnya adalah lokasinya yang strategis, karena letak geografisnya yang menjadi pusat transit lalu lintas udara dan laut dunia, sehingga sangat ideal untuk menjadi pusat perdagangan internasional.

4. Qatar

Negara Qatar menjadi negara nomor keempat terkaya di dunia. Negara dari Asia ini mencatatkan PDB-PPP sebesar US$124.848. Qatar diketahui sebagai sebuah negara yang mempunyai cadangan minyak dan gas alam yang melimpah.

Nilai cadangan gas alam di negara Qatar nilainya melebihi seluruh Asia Pasifik dan minyak buminya sebesar 25,2 miliar barel, sehingga meningkatkan ketahanan ekonomi. Selain itu, Qatar baru saja menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023, sehingga meningkatkan perbelanjaan di negara tersebut karena kedatangan turis asing.

Bahkan, negara Qatar juga mempunyai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terbaik di antara negara-negara Arab lainnya. Terdapat 3 komponen yang mempengaruhi IPM yaitu tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, dan standar hidup yang layak.

5. Makau

Pastinya, EDOOers masih ingat dengan salah satu lokasi syuting dari K-Drama yaitu “Boys Before Flowers” yang begitu populer? Yaps, itulah Makau! negara kecil ini memiliki banyak sekali kasino dan hotel super mewah.

Apalagi, pendapatan per kapita dari negara ini termasuk tinggi dengan jumlah masyarakatnya yang terbilang rendah. Maka dari itu, membuat negara Makau ini semakin makmur.

Makau berada pada posisi kelima negara terkaya di dunia pada tahun 2023.  Bahkan, PDB-PPP dari negara yang masih termasuk wilayah administratif khusus China ini mencatatkan sebesar US$89.558. Kendati pernah terdampak pandemi Covid-19 dan harus keluar dari jajaran negara terkaya dunia, berkat geliat bisnis Makau bisa perlahan-lahan kembali pulih.

6. Uni Emirat Arab (UEA)

Uni Emirat Arab (UEA) masuk ke dalam jajaran negara terkaya di dunia, karena GDP-nya termasuk relatif stabil dari tahun ke tahun. Bahkan menurut catatan PDB-PPP dari negara Uni Emirat Arab (UEA) ini sebesar US$88.221 dengan jumlah penduduk yang relative sedikit.

Kejayaan negara yang berada di Teluk Persia ini bermula saat minyak ditemukan pada tahun 1950-an. Selain itu, arsitektur tradisional islam serta pusat perbelanjaan-perbelanjaan mewah menjadi daya tarik utama negara ini. Para pekerja asing yang datang di negara UEA ini, terpikat oleh sebuah kebijakan gaji bebas, sehingga orang-orang berbondong-bondong datang untuk bekerja di negara ini.  

Saat ini, perekonomian di negara Uni Emirat Arab (UEA) semakin kuat, karena sumber dayanya pun semakin terdiversifikasi. Hal tersebut didukung pula oleh geliat industry utama negara ini dari berbagai sektor, di antaranya seperti sektor konstruksi, pariwisata, keuangan, dan perdagangan.

7. Swiss

Posisi ketujuh dari jajaran negara terkaya di dunia pada tahun 2023 ini berhasil diduduki oleh Swiss. Negara dongeng ini mencatatkan PDB-PPP per kapitanya sebesar US$87.963 dengan jumlah penduduk sekitar 8,7 juta jiwa.

Menurut data dari Global Wealth Report oleh Credit Suisse, kekayaan rata-rata setiap orang dewasa di negara Swiss sebesar US$700.000. Bahkan, satu dari enam orang dewasa di negara dongeng ini mempunyai aset senilai lebih dari US$1 juta.

Sebagian besar perekonomian di Swiss disokong dari sektor pariwisata, layanan perbankan, mesin medis, mesin komputer, ekspor produk farmasi, dan instrumen presisi (biasanya untuk jam tangan).

Itulah tadi daftar negara-negara terkaya di dunia tahun 2023 yang sekiranya EDOOers perlu ketahui. So, jadi negara mana nih yang ingin EDOOers kunjungi? Semoga bermanfaat ya!