7 Fakta Menarik Lubang Hitam yang Ditakuti Alam Semesta

Apakah EDOOers pernah mendengar tentang lubang hitam atau biasa disebut black hole? Mungkin EDOOers pernah mendengarnya lewat sebuah film atau dari siaran berita televisi. Lubang hitam selalu menjadi topik yang menarik perhatian semua orang. Maka dari itu, kali ini EDOO akan membahas fakta menarik lubang hitam yang patut EDOOers ketahui.

Black hole atau lubang hitam merupakan salah satu objek luar angkasa yang padat dan dahsyat kekuatannya, penggambarannya dianggap mengerikan karena mampu menarik cahaya dengan gaya gravitasi yang sangat kuat.

Menurut NASA, gravitasi yang dihasilkan oleh lubang hitam ialah hasil dari bintang yang mati. Bahkan, salah satu objek luar angkasa yang membuat manusia bergidik ngeri ini, kabarnya bisa menghisap semua yang ada di dekatnya dan tidak akan pernah bisa keluar. Kira-kira apa yang ada di dalamnya, ya EDOOers? Simak 7 fakta menarik lubang hitam berikut ini!

1. Tidak Bisa Dilihat Secara Langsung

Penamaan Black Hole sendiri didasarkan atas warnanya yang sangat hitam yang membuat cahaya sekalipun tidak bisa lari dari lubang hitam. Selain itu, sulit juga bagi manusia untuk melihat lubang hitam secara langsung, karena seseorang hanya dapat melihat efeknya saja dan bukan wujud konkritnya secara langsung.

Hal yang bisa dilakukan oleh para ilmuwan adalah dengan menganalisis dan mendeteksi area sekitar lubang hitam, termasuk dengan melihat pergerakan bintang dan perubahan lingkungan di sekitarnya.

Jadi, apabila ada suatu bintang berada di dekat lubang hitam, maka dipastikan bintang tersebut akan tertarik, terkoyak, dan akan kehilangan energi dan mengeluarkan radiasi dalam bentuk radiasi elektromagnetik dan sinar-X.

1. Terdiri dari Banyak Ukuran

Black hole itu terdiri dari 3 tipe ukuran yang dibedakan berdasarkan massanya. Tipe pertama ialah supermassive black hole, yaitu lubang hitam yang mempunyai massa paling besar dan memliki kekuatan gravitasi yang sangatlah kuat. Walaupun berukuran sebesar matahari, massa dari satu supermassive black hole dapat mencapai miliaran kali massa matahari itu sendiri.

Sementara itu, tipe kedua lubang hitam ialah stellar black hole dengan memiliki massa 20 kali dari massa matahari. Selanjutnya, tipe lubang hitam yang ketiga ialah primordial black holes, yang memiliki ukuran massa seperti massa satu atom sampai seukuran sebuah gunung.

1. Lubang Hitam Bukanlah Sebuah Lubang

Pasti EDOOers selalu mengira lubang hitam itu berbentuk lubang seperti di film-film. Namun, nyatanya lubang hitam atau juga biasa disebut black hole bukanlah sebuah lubang, akan tetapi lubang hitam berbentuk bulat seperti halnya planet.

4. Bisa Menghisap Apa Saja

Berkat efek gravitasi yang sangat kuat, lubang hitam dapat menghisap apa saja yang ada didekatnya, di antaranya seperti bintang, planet, cahaya, dan bahkan lubang hitam lainnya. Hal tersebut dinamakan dengan merging galaxies.

Bahkan, apabila suatu benda atau objek ingin dapat keluar dari lubang hitam, benda atau objek tersebut harus mempunyai kecepatan melebihi cahaya. Namun, dikarenakan tidak ada benda yang memiliki kecepatan melebihi cahaya, maka secara teoritis tidak ada benda yang dapat lolos dari hisapan lubang hitam.

5. Suara Lubang Hitam

Menurut sebuah penelitian yang ada di dalam jurnal Science Advances, menyimpulkan bahawa ada suara yang dikeluarkan lubang hitam saat menghisap benda yang ada di dekatnya.

Walaupun gelombang suara tidak bisa merambat di ruangan hampa, akan tetapi suara yang dihasilkan lubang hitam sangat mirip dengan suara gemerisik dari saluran TV yang rusak, lho EDOOers.

6. Spaghettification

Ada sebuah teori mengatakan apabila tubuh manusia terhisap ke dalam sebuah lubang hitam, maka kaki manusia akan tertarik lebih dari kepalanya sampai meregang banyak. Efek dari peregangan tersebut membuat tubuh manusia akan terlihat seperti spaghetti atau mie yang memanjang.

Fenomena yang terjadi di lubang hitam tersebut disebut dengan Spaghettification. Alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, karena medang graivtasi dari lubang hitam sangatlah ekstrim dan sangat bervariasi.

7. Waktu Lebih Lambat di Lubang Hitam

Berkaitan dengan teori relativitas umum dari Einstein, aturan umum dari teori tersebut mengatakan “ semakin cepat benda bergerak, maka semakin lambat juga waktu yang berlalu bagi benda tersebut”.

Pada lubang hitam, tarikan medan gravitasi yang sangat kuat akan membuat benda-benda di sekitarnya bergerak sangat cepat pula, sehingga waktu yang dilaluinya juga akan melambat.

Contohnya, benda A masuk ke dalam lubang hitam, dan benda B melihat benda A dari kejauhan. Maka dari perspektif B, benda A bergerak dengan lambat. Namun, menurut perspektif benda A, benda B bergerak dengan sangat cepat.

Itulah tadi penjelasan mengenai 7 fakta menarik lubang hitam yang patut EDOOers ketahui. Apabila EDOOers tertarik untuk mempelajari perihal benda-benda langit, bisa banget nih belajar tentang astronomi di aplikasi EDOO, Yuk!.