Skip to content

3 Patung Terbesar di Indonesia: Mengagumkan dan Menarik Dikunjungi

Patung menjadi salah satu karya seni yang sering menjadi landmark suatu daerah. Nusantara juga mempunyai beberapa bangunan yang tergolong sebagai patung terbesar di Indonesia. Umumnya
patung tersebut dibangun dengan tujuan untuk mengingat berbagai peristiwa sejarah atau keperluan lain, seperti objek wisata.

Secara definisi di dalam dunia seni, patung adalah sebuah karya seni yang berbentuk 3 dimensi yang dibuat oleh seniman sebagai sebuah ikon tertentu. Patung-patung tersebut biasanya dibangun sebagai penanda sebuah kawasan ruang publik atau untuk mengenang seseorang tokoh yang dianggap berjasa. Penasaran? berikut ini beberapa patung terbesar di Indonesia. Yuk, simak EDOOers!

1. Patung Garuda Wisnu Kencana (Bali)

Patung terbesar di Indonesia yang pertama yaitu patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dengan ketinggian mencapai 126 meter dan lebar sekitar 64 meter. Patung ini bahkah tingginya melebihi Patung Liberty di Amerika Serikat yang hanya setinggi 96 meter. 

Patung GWK ini adalah perwujudan dari Dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung garuda. Oleh karena itu, patung ini dinamakan Garuda Wisnu Kencana.

Sedangkan, lokasi patung ini ada di Bukit Ungasan, Jalan Raya Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Patung ini dirakarsai dan dipahat oleh I Nyoman Nuarta dan memakan waktu Pembangunan selama 28 tahun.  

Pada kurun waktu tersebut, proses pembangunan GWK sempat berhenti di saat krisis moneter pada tahun 1998. Selain itu, pembangunan GWK ini juga sempat mengalami beberapa kendala, karena sebagian besar pemuka agama Hindu yang ada di Bali menolak patung sebesar itu.

Alasan utamanya adalah para pemuka agama Hindu tersebut berpendapat bahwa patung GWK dapat mengganggu keseimbangan spiritual pulau Bali dan dianggap kurang etis untuk jadi objek wisata.

Meskipun demikian pembangaun GWK tetap dilanjutkan, sampai pada akhirnya masyarakat Bali beranggapan bahwa kehadiran patung GWK dapat membuat semakin banyak wisatawan yang datang dan meningkatkan perekonomian mereka.

Sementara itu, tujuan pembangunan patung garuda ini adalah untuk menjadikan GWK di bali sebagai sebuah objek wisata yang menawarkan salah satu karya seni patung terbesar dan karya yang paling menakjubkan di dunia yang masih mencerminkan nilai-nilai budaya lokal Bali.

2. Patung Yesus Burake (Tana Toraja)

EDOOers tahu nggak sih? kalau patung Yesus tertinggi di dunia yang letaknya berada di Indonesia. Yaps, benar sekali patung ini bernama patung Yesus Burake berada di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Patung Yesus Burake ini diyakini tingginya mengalahkan patung Yesus yang berada di Rio de Jeneiro, Brazil. Salah satu patung terbesar di Indonesia ini memiliki ukuran tinggi mencapai 45 meter dengan bahan coran perunggu. Selain itu, uniknya patung ini berlokasi di bukit dengan tinggi 1.700.

Patung Yesus ini bahkan sekarang sudah menjadi landmark dari Tana Toraja dan telah menjadi kawasan wisata religi bagi umat nasrani. Sedangkan, perjalanan untuk menuju patung Yesus Burake ini, wisatawan bisa menempuhnya dengan jarak 3 kilometer dari Makale, Kabupaten Tana Toraja.

3. Patung Budha Tidur (Mojokerto)

EDOOers tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Thailand untuk melihat kemegahan patung Budha. Soalnya di Desa Bejijong, Mojokerto, Jawa Timur terdapat patung Budha Tidur yang termasuk salah satu patung terbesar di Indonesia.

Patung Sleeping Budha ini dibangun pada tahun 1993 oleh seorang pematung dari Solo dan Desa Bejijong, serta dalam pembangunannya sendiri diprakarsai oleh Bhikkhu Viriyanadi Mahathera.

Pada tahun 2001, patung Budha Tidur ini memperoleh penghargaan dari MURI sebagai patung terbesar di Indonesia dengan ukuran lebar 6 meter, panjang 22 meter, dan tinggi 4,5 meter.

Patung Sleeping Budha ini memanifestasikan detik-detik meninggalnya Budha Gautama dengan posisi seperti tidur miring serta telapak tangan kanan menyangga kepalanya. Hal inilah yang menjadikan patung Budha Tidur sebagai salah satu objek wisata terkenal di Mojokerto yang banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah ataupun wistawan umum yang ingin beribadah ditempat tersebut.

Itulah tadi pembahasan mengenai tiga patung terbesar di Indonesia yang menarik dan mengagumkan untuk EDOOers kunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Patung-patung tersebut bukan hanya sebagai objek wisata saja, tetapi mempunyai maknanya tersendiri baik dari segi bentuk ataupun lokasi patungnya.