Skip to content

Nyaman Ditinggali: 5 Daftar Negara Paling Damai di Dunia

Akhirnya, pada tahun 2023 ini, Institute for Economics and Peace (IEP) kembali merilis laporan Global Peace Index. Laporan tersebut berisi skor indeks perdamaian di 163 negara di dunia yang mencakup 99,7% populasi global. Nah, kali ini EDOOers akan diajak untuk membahas 5 negara paling damai di dunia. Yuk, check this out!

Dari daftar 10 negara paling damai di dunia pada tahun 2023, terdapat 7 negara dari benua Eropa, 2 dari benua Asia, dan 1 dari benua Australia. IEP mengukur indeks perdamaian dari suatu negara berdasarkan 23 indikator kuantitatif dan kualitatif yang dikelompokkan  menjadi tiga domain utama, yaitu keselamatan dan keamanan, konflik yang berkelanjutan, serta militerisasi.

Bisa mendiami suatu negara paling damai, mungkin menjadi salah satu impian setiap orang di dunia. Pasalnya, negara-negara paling damai tersebut melaporkan rendahnya jumlah tindak kejahatan, sehingga entah dari penduduk lokal ataupun wisatawan yang berkunjung akan merasa aman dari kriminalitas.

5 Negara Paling Damai di Dunia Tahun 2023

Survei yang dilakukan oleh the Global Peace Index telah mengukur kedamaian dari 162 negara dengan memberikan peringkat dan menilai berbagai atribut seperti ketidakstabilan politik, pengeluaran militer, dan kebebasan sipil.

Berdasarkan survei di atas, diketahui bahwa ternyata terdapat lima negara paling damai di dunia di tahun 2023, lho EDOOers. Nah, EDOOers penasaran negara mana saja itu? yuk, langsung pantengin penjelasannya di bawah ini ya!

1. Islandia

Nah, negara paling damai di dunia peringkat pertama adalah Islandia. Alasan negara ini paling damai di dunia, karena menempati peringkat tertinggi pada survei GPI dengan skor 1,124 poin. Negara yang juga biasa disebut Iceland ini sudah menduduki peringkat puncak GPI sejak tahun 2008, lho EDOOers.

Islandia juga merupakan salah satu negara terdingin dan masuk sebagai negara pulau terbesar di daratan Eropa setelah Inggris. Sebagai negara yang bahagia, angka harapan hidup masyarajatnya sangat tinggi, yaitu 83,1 tahun lamanya.

Islandia diketahui mempunyai populasi yang kecil, bahkan hampir seperlima ukuran Manhattan yaitu sebuah pulau yang merupakan bagian dari kota New York, Amerika Serikat. Dampaknya, seluruh warganya menampilkan mentalitas desa dan kriminalitas yang begitu mudah terungkap.

Selain itu, negara Islandia juga mempunyai budaya yang sagat non-konflik. Bahkan negara ini juga tidak memiliki tentara angkatan udara maupun angkatan laut. Kalaupun ada hanya berpatroli di wilayah laut dan udara saja. Pengeluaran militer dari negara ini, cuma ditunjukan untuk tentara netral yang berbasis di luar negeri guna melancarkan misi penjagaan perdamaian.

2. Denmark

Selanjutnya di peringkat kedua yaitu negara Denmark yang menyusul dengan skor 1,310 poin. Negara Denmark ini juga menduduki urutan kedua dalam the 2022 World Happiness Report.

Walaupun pajak penghasilan di negara ini cukup tinggi, masyarakatnya cuma menginginkan sedikit dan menikmati standar hidup tinggi dengan layanan publik yang memadai. Layanan publik di negara ini didanai dari pajak, tetapi sangat memadai dan bermanfaat untuk semua orang.

Denmark termasuk negara yang menganut sistem pemerintahan parlementer dan monarki konstitusional yang juga mencatatkan rekor sebagai negara dengan tindak korupsi terendah.

Negara ini mempunyai warga yang hobi meneguk kopi. Sepeda menjadi transportasi andalan bagi seluruh warga di negara ini. Selain itu, pemerintah Denmark juga sangat serius menggarap jalur khusus bagi pedestrian (pejalan kaki).

3. Irlandia

Sementara itu, pada tahun 2023 ini negara Irlandia turun satu peringkat menjadi urutan ketiga dengan perolehan skor 1,312 poin. Negara Irlandia ini merupakan pencetus perayaan Halloween yang terkenal seantero dunia.

Selain itu, negara ini sangat terbuka dengan kehadiran para wisatawan asing. Maka tidak mengherankan, jika Irlandia dijuluki sebagai negara paling ramah nomer empat di dunia. Orang-orang di Irlandia terkenal dengan rambut merahnya.

Selama beberapa dekade terakhir, negara Irlandia ini menduduki peringkat tinggi dalam perdamaian global. Bahkan faktanya di negara ini sedikit kurusuhan sipil, sangat sedikit protes kekerasan, dan kurangnya kebutuhan personel angkatan bersenjata di jalanan.

Irlandia menjadi salah satu tempat terbaik untuk bagi investor dan pengusaha dalam mengembangkan bisnis, karena pajak perusahaan yang rendah, akses ke pasar perdagangan UE yang mudah, dan kerangka kerja bisnis yang kuat serta diatur dengan baik.

4. Selandia Baru

Peringkat keempat untuk negara paling damai di dunia ditempati oleh Selandia baru dengan skor 1,313 poin. Negara yang bertetangga dengan Australia ini memiliki beraneka ragam panorama, seperti perbukitan hingga pesisir pantai.

Maka dari itu, bukan menjadi hal yang mengejutkan jika penduduk Selandia Baru merasa aman, nyaman dan sejahtera. Negara yang ekonomi negaranya disokong oleh sektor pariwisata ini terletak di wilayah yang paling damai. Selain itu, Selandia Baru juga jarang sekali ada ancaman dari luar, sehingga turut menciptakan masyarakat yang lebih toleran dan terbuka.

Selandia Baru juga menduduki peringkat tertinggi dalam 2022 Social Progress Index, terkhusus dalam hak-hak pribadi. Oleh karena itu, negara ini juga mempunyai beberapa program guna melestarikan adat budaya masyarakatnya dengan baik.

5. Austria

Austria pada tahun 2023 ini menduduki peringkat kelima negara paling damai di dunia dengan skor 1,316 poin. Negara ini memiliki netralitas politik yang dinyatakan sebagai bagian dari konstitusi Austria selama hampir 70 tahun lamanya.

Penduduk di negara Austria sangat peduli dengan kebersihan dan lingkungan. Hal tersebut tercermin dari fakta bahwa 54 % sampah dalam negeri berhasil untuk didaur ulang.

Wilayah negara Austria ini didominasi dengan kawasan Pegunungan Alpen. Meskipun tidak berbatasan langsung dengan laut, Austria dikaruniai gua es paling besar di dunia yang bernama Eisriesenwelt.

Austria juga mempunyai komitmen yang kuat terhadap eksistensi perdamaian global dan kerja sama kancah internasional. Hal tersebut yang membuat Austria menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan sudah berpartisipasi dalam beragam misi penjagaan perdamaian PBB.

Demikianlah tadi daftar lima negara paling damai di dunia yang berhasil dirangkum oleh EDOO. Negara apa saja yang ingin EDOOers kunjungi bersama keluarga tercinta? Share di kolom komentar ya!