Skip to content

Memahami Konsep MPLS Dalam Dunia Pendidikan

Sejak hadirnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 terkait Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (Permendikbud No. 18/2016),
istilah MOS berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau lebih dikenal dengan MPLS. Pada artikel ini, EDOOers akan diajak untuk memahami konsep MPLS secara mendalam, mengapa hal tersebut sangat penting dalam dunia pendidikan.

Secara lebih spesifik, MPLS dilaksanakan oleh sekolah dengan dalam rangka memperkenalkan semua hal yang berhubungan dengan sekolah kepada para siswa-siswi baru. Perkenalan tersebut
tidak cuma sebatas antara siswa baru dengan kakak kelas dan guru saja.

Namun, juga mencakup berbagai macam komponen lainnya. Sebagai contohnya adalah, cara belajar, sarana prasarana, pengenalan program, pembinaan, hingga penanaman konsep pengenalan diri. Nah, ada beberapa konsep MPLS yang dapat dipahami, yakni sebagai berikut:

Tenaga Pengajar yang Berdedikasi

Tenaga pengajar di sekolah, termasuk para guru memiliki peran sentral dalam menjalankan dan memberikan stimulus pendidikan di MPLS. Mereka mempunyai tanggung jawab untuk merencanakan, merancang dan melaksanakan kegiatan MPLS yang bisa mendukung siswa dalam prosesnya beradaptasi di sekolah baru.

Sepatitnya, para guru menggunakan pendekatan yang kreatif dan interaktif dalam kegiatan MPLS guna menarik minat siswa. Mereka memiliki peran sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam memahami nilai-nilai pendidikan, memberikan panduan dalam memaksimalkan potensi siswa di lingkungan pendidikan, dan memahami tata tertib sekolah.

Selain itu, kegiatan MPLS ini juga sebagai wadah kesempatan bagi guru-guru untuk membangun hubungan yang baik dengan siswa-siswinya. Apabila suasana sudah menjadi akrab dan saling mendukung, maka para guru bisa memberikan dukungan yang tepat, baik secara emosional ataupun akademik kepada siswanya.

Pendidikan yang Menyentuh Hati

Konsep MPLS yang kedua adalah dengan pendidikan sebagai fondasi penting dalam membentuk karakter individu menjadi berkualitas. Lingkungan sekolah mempunyai peran krusial dan sangat besar dalam mengarahkan, membentuk, dan mengembangkan siswa.

Oleh sebab itu, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau biasa dikenal dengan MPLS menjadi suatu momen yang sangat krusial dalam mengenalkan siswa dengan lingkungan pendidikan yang dijalaninyaK.

Kegiatan MPLS menjadi suatu periode penting bagi siswa baru, karena di momen tersebut memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Sekolah harus memiliki tujuan dalam menciptakan lingkungan yang inklusif, ramah, dan menyenangkan bagi siswa selama masa MPLS. Pada suasana atmosfer yang kondusif tersebut, para siswa baru akan merasa lebih optimis dan termotivasi dalam mengembangkan potensi-potensi diri secara lebih optimal.

Pengalaman Menarik Bagi Peserta Didik

Kegiatan MPLS menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan bgai para siswa-siswi baru. MPLS akan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi baru agar lebih mengenal lingkungan sekolahnya secara menyeluruh, merasakan kehangatan dalam komunitas sekolah, dan menjalin persahabatan dengan teman sekelas.

Selama kegiatan MPLS, siswa-siswi baru akan diberikan gambaran-gambaran komprehensif terkait fasilitas sekolah, di antaranya seperti laboratorium ilmiah dengan peralatan canggih, perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai macam koleksi buku, dan ruang kelas yang nyaman serta aman. Semua hal tersebut memberikan gambaran nyata terkait sumber daya pendidikan yang tersedia untuk siswa-siswi guna memperluas pengetahuan.

Selain itu, kegiatan MPLS juga melibatkan beberapa kegiatan non-akademik yang unik dan menarik, meliputi kegiatan olahraga, pertunjukan seni, maupun kegiatan kerja sama tim. Tujuan dari semua kegiatan tersebut untuk membantu para siswa mengembangkan kepemimpinan, keterampilan sosial, dan kerja sama antar siswa.

Berkat adanya kegiatan MPLS, maka para siswa baru akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan, melalui kegiatan yang menarik dan interaksi sosial. Selain itu, hadirnya kegiatan MPLS, siswa baru bisa menghilangkan perasaan canggung dan dapat memulai petualangannya di sekolah baru dengan lebih percaya diri.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai konsep MPLS dalam dunia pendidikan. Yuk, sambut kegiatan MPLS tahun ini dengan senyuman dan hati yang gembira, karena petualangan pendidikan yang seru sudah menantimu.