Skip to content

Kenapa Kurikulum Perlu Berubah? Begini Penjelasannya

Pastinya masih banyak yang bertanya-tanya terkait kenapa kurikulum perlu berubah? Di mana memang membikin sebagian orang bingung karena belum memahaminya. EDOOers tidak perlu bingung, karena di artikel ini akan membahas tentang alasan dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum.

Pada dunia pendidikan, kurikulum merupakan nafas dari sistem pendidikan di suatu negara. Selain itu, kurikulum juga menjadi landasan utama dalam menentukan arah dan tujuan pendidikan, metode pengajaran, isi materi pelajaran, dan sistem evaluasi.

Seiring berjalannya waktu, sudah menjadi hal yang wajar bahwa kurikulum juga mengalami transformasi supaya tetap relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan para peserta didik.

Sepatutnya, kurikulum harus dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan para peserta didik dan tuntutan zaman. Kurikulum yang baik ialah sebuah kurikulum yang bisa beradaptasi dengan zamannya, dan terus dikembangkan demi membangun kompetensi peserta didik untuk sekarang
dan kedepannya.

Alasan Utama Harus Diubah dan Diperbaharui

Kurikulum perlu berubah ialah suatu keharusan dalam dunia pendidikan. Ada beberapa alasan-alasan mengapa kurikulum harus diubah dan diperbaharui ialah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Peningkatan kualitas pembelajaran dapat teralisasi melalui pembaruan terhadap kurikulum, karena dengan hal tersebut bisa menghadirkan metode pengajaran yang lebih inovatif, efektif, dan interaktif.

Selain itu, kurikulum yang diperbaharui juga bisa mendukung pembelajaran berbasis keterampilan (skill-based learning) guna mempersiapkan tantangan masa depan yang akan dihadapi oleh para peserta didik kelak kedepannya.

2. Menyesuaikan dengan Tututan Zaman

Kurikulum perlu berubah karena untuk menyesuaikan antara pendidikan dengan tuntutan zaman yang berbeda-beda dan terus berkembang. Kurikulum harus dapat mengcover dan mengintegrasikan ilmu pengetahuan, perkembangan teknologi, dan nilai-nilai budaya yang relevan dengan kehidupan masa sekarang.

3. Mengoptimalkan Pemanfaatan Sumber Daya

Pembaruan dalam kurikulum juga bisa berguna untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pendidikan, di antaranya seperti perangkat teknologi, buku teks, dan fasilitas yang ada. Berkat kurikulum yang relevan, sumber daya bisa dimanfaatkan secara lebih efektif dan efisien.

4. Mengakomodasi Kebutuhan Peserta Didik

Setiap siswa maupun siswi mempunyai kebutuhan dan keunikannya masing-masing yang berbeda-beda. Maka dari itu, kurikulum harus disesuaikan dengan keberagaman siswa, sehingga bisa memberikan kesempatan yang sama kepada setiap individu untuk terus berkembang sesuai potensinya masing-masing.

5. Mendukung Perubahan Global

Perubahan dalam kurikulum diharuskan pula untuk mempertimbangkan perkembangan global, seperti halnya perubahan dalam segi politik, ekonomi, dan sosial. Kurikulum yang disesuaikan bisa membantu dalam menghadapi tantangan global yang akan datang dan dapat mempersiapkan generasi muda mendatang untuk berperan secara aktif dalam lingkungan yang lebih luas.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Kurikulum

Terdapat beberapa faktor-faktor kompleks yang mempengaruhi perubahan kurikulum. Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum antara lain sebagai berikut:

1. Kebutuhan Dunia Kerja

Faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum yang pertama adalah kebutuhan-kebutuhan dunia kerja. Kurikulum harus bisa mengcover dan mempersiapkan lulusan-lusan terbaiknya agar dapat mempunyai kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja zaman sekarang.

2. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan secara langsung dapat mempengaruhi kurikulum untuk berubah. Perkembangan yang terjadi pada ilmu pengetahuan membuat diharuskannya penyempurnaan dan pembaruan materi pelajaran supaya tetap relevan dengan tuntutan zaman kini.

3. Konsultasi dan Partisipasi Stakeholder

Partisipasi para stakeholder, misalnya seperti siswa, guru, ahli pendidikan, orangtua siswa, dan pemerintah, menjadi suatu hal penting dalam merumuskan perubahan kurikulum. Selain itu, konsultasi dengan berbagai pihak juga dapat membantu menciptakan kurikulum yang mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

4. Tuntutan Global dan Standar Internasional

Perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan juga terpengaruhi oleh tuntutan global dan standar internasional. Oleh karena itu, seiring perkembangan zaman dengan mengadopsi standar global, kurikulum perlu diubah supaya sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan internasional.

5. Evaluasi dan Penelitian Pendidikan

Faktor yang membuat kurikulum perlu berubah yang terakhir adalah evaluasi dan penelitian pendidikan. Hal tersebut sangat berperan penting, karena dapat menentukan kadar efektivitas kurikulum yang diterapkan.

Temuan dari tindakan evaluasi dan penelitian membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kurikulum yang bisa dijadikan acuan dalam proses perubahan.

Kurikulum haruslah dinamis berkembang untuk menyesuaikan tuntutan zaman. Kurikulum tidak bisa digunakan dalam satu waktu tertentu secara terus menerus, karena dunia terus berjalan untuk berubah.

Selain itu kurikulum juga haruslah dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa dan harus dapat mendukung pertumbuhan generasi Bangsa yang visioner dan memiliki cita-cita besar untuk memandang jauh ke depan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai alasan kenapa kurikulum perlu berubah. Perubahan dalam kurikulum yang terus menerus sangat diperlukan untuk menjaga kualitas dan relevansi pendidikan.