Skip to content

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam yang Ada di Indonesia

Manusia tidak akan pernah dapat lepas dari apa yang dinamakan sumber daya alam pada kehidupan sehari-harinya. Hal tersebut dikarenakan sumber daya alam mampu memenuhi
kebutuhan harian manusia.

Contohnya saja, EDOOers tidak mungkin dapat bertahan hidup tanpa mengonsumsi makanan dan meminum air. Maka dari itu, kali ini EDOOers akan diajak untuk mengklasifikasikan jenis-jenis sumber daya alam yang sangat beragam.

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan sebuah kekayaan alam yang terdapat di bumi dan bisa dimanfaatkan oleh setiap manusia. Maka, segala macam bahan atau benda yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk kehidupan disebut sebagai sumber daya alam.

Sedangkan, pengertian sumber daya alam menurut Undang-Undang No.32 Tahun 2009 terkait Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah unsur-unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya nonhayati dan hayati yang secara keseluruhan membentuk suatu kesatuan ekosistem.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat

Jenis-jenis sumber daya alam itu ada banyak, tetapi yang pertama dibahas adalah jenis sumber daya alam berdasarkan sifatnya. Nah jenis sumber daya alam terbagi menjadi dua, sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui (Renewable Resources)

Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan jenis sumber daya alam terus ada selama penggunaanya tidak dieksploitasi secara berlebihan. Jenis sumber daya ala mini persediannya bisa meningkat dan bisa juga menurun, hal tersebut tergantung pada pengelolaan dan cara pemanfaatan dari manusia.

Jika sumber daya alam ini bisa dikelola dengan pemanfaatan yang baik, maka dapat pulih dan meningkat untuk kemudian beregenerasi kembali. Namun, jenis sumber daya alam satu ini dapat mengalami penurunan, jika dalam pemanfaatannya dieksploitasi secara berlebihan. Contoh dari jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui, diantaranya seperti tanah, udara, air, tumbuhan, dan matahari.

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui (Non-Renewable Resources)

Sumber daya alam ini tidak dapat diperbaharui dan jumlahnya sangat terbatas. Hal tersebut terjadi dikarenakan dalam pemanfaatannya lebih cepat dibanding proses pembentukannya. Jika sumber daya ini digunakan secara terus menerus, maka sumber daya tersebut akan cepat habis.

Jenis sumber daya alam ini adalah jenis sumber daya alam yang secara fisik akan bisa habis dan tidak dapat dimanfaatkan kembali. Contoh dari jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, di antaranya meliputi minyak bumi, batu bara, emas, dan gas alam.

 

 

Sumber Daya Alam Berdasarkan Macamnya

Berdasarkan macamnya sumber daya alam yang harus EDOOers ketahui ada 2 macam. Berikut adalah pembahasan mengenai sumber daya alam berdasarkan macamnya:

1. Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati (biotik) ini berasal dari makhluk hidup ataupun yang berhubungan secara langsung dengan kehidupan makhluk hidup. Nah, sumber daya ala mini dibagi lagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam hewani (berasal dari hewan) dan sumber daya alam nabati (berasal dari tumbuh-tumbuhan).

2. Sumber Daya Alam NonHayati (Abiotik)

Sedangkan, sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang terdiri atas benda-benda mati. Contoh dari sumber daya ala mini, di antaranya seperti air, angin, tanah, sinar matahari, dan barang tambang.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Berdasarkan lokasi penemuannya, sumber daya alam di bedakan menjadi dua macam. Penjelasan mengenai sumber daya alam ini sebagai berikut:

1. Sumber Daya Alam Terestrial

Sumber daya alam terrestrial merupakan sumber daya alam yang bisa EDOOers jumpai dan dapatkan di wilayah daratan. Contoh dari sumber daya alam ini adalah bahan-bahan tambang, hasil hutan, kayu, tanah, dan lain sebagainya.

2. Sumber Daya Alam Akuatik

Sedangkan, sumber daya alam akuatik merupakan sumber daya alam yang dapat dijumpai dan didapatkan di wilayah perairan. Contoh dari sumber daya alam akuatik ini adalah air, ikan, terumbu karang, kepiting, udang, dan lain sebagainya.

Nah, sampai sini dulu ya EDOOers pembahasan mengenai jenis-jenis sumber daya yang sangat beragam di Indonesia. Mengagumkan sekali, ya EDOOers! Sebagai masyarakat Indonesia sepatunya harus banyak bersyukur nih, karena Indonesia mempunyai potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa.

Kalau EDOOers ingin mempelajari lebih lanut materi tentang Geografi ini dalam bentuk buku, audio, ataupun video bisa secara langsung didapatkan di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!