Skip to content

Daftar 5 Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang Layak Dikunjungi

Indonesia sebagai negara yang mempunyai kekayaan alam yang begitu banyak, telah dikaruniai dengan keindahan wisata alam yang terbentang seantero negeri. Salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi adalah wisata air terjun. Nah, kali ini EDOOers akan diajak mengenali beberapa air terjun tertinggi di Indonesia yang bisa dijadikan destinasi wisata di kala libur tiba.

Daftar air terjun tertinggi di Indonesia menjadi destinasi yang sering dijadikan sebagai tempat berlibur para turis dalam negeri maupun luar negeri. Air terjun selain mempunyai pemandangan yang menakjubkan, berwisata ke air terjun juga dapat memberikan ketenangan batin dan mengilangkan kegalauan yang ada di pikiran.

5 Daftar Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Terdapat berbagai macam pilihan air terjun tertinggi di Indonesia yang bisa menjadi salah satu pilihan tujuan liburan bagi EDOOers. Di mana, EDOOers bisa merasakan kesegaran air segar dengan bermain di sekitar air terjun, sehingga bisa menikmati masa-masa liburan. Berikut kelima daftar air terjun yang dimaksud:

1. Air Terjun Sigura-Gura (Sumatera Utara)

Air terjun Sigura-Gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia, dengan memiliki ketinggian sekitar 250 meter. Air terjun ini berlokasi 250 kilometer dari kota Medan, Sumatera Utara.

Daerah air terjun Sigura-Gura ini juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Apabila, EDOOers berkesempatan berkunjung, maka dapat menemukan generator-generator PLTA Sigura-Gura untuk kebutuhan listrik masyarakat sekitarnya.

Sumber muasal air dari air terjun Sigura-Gura ini adalah dari Danau Toba yang mengalir melalui Sungai Asahan. Aliran air tersbeut akan berakhir di Selat Malaka.

2. Air Terjun Madakaripura (Jawa Timur)

Air terjun Madakaripura menjadi air terjun tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 200 meter. Sedangkan, lokasi air terjun tersebut berada di dusun Branggah, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Air terjun tertinggi kedua di Indonesia ini berlokasi di ujung lembah sempit, di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Perjalanan menuju air terjun ini sangatlah indah dan eye catching, meskipun bisa memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dan udara cukup dingin. Namun, rasa lelah akan terbayarkan karena air terjun ini dikelilingi dengan pemandangan indah perbukitan, sungai kecil, dan pohon-pohon rindang yang menawan.

Selain itu, di area air terjun ini juga mempunyai gua yang tingginya kurang lebih 200 meter dengan luas 25 meter. Air terjun Madakaripura ini berbentuk melingkar, sehingga ada empat air terjun yang membentuk seperti rongga. Para turis harus berhati-hati jika ingin mengunjungi air terjun ini, karena area batu yang cukup licin.

3. Air Terjun Nokan Nayan (Kalimantan Barat)

Air terjun tertinggi ketiga ini berlokasi di desa Nanga, Kecamatan Menantak, Kabupaten Sintang, Kalimantan barat. Air terjun Nokan Nayan ini adalah air terjun terindah di pulau Kalimantan dengan ketinggian mencapai 180 meter. Sedangkan, cara untuk mencapai air terjun ini, wisatawan harus melakukan perjalanan ke desa Menatak dengan jasa perahu.

Air terjun Nokan Nayan selain menyimpan keindahan alam, tetapi juga memiliki legenda sejarah yang cukup misterius. Masyrakat percaya bahwa air terjun Nokan Nayan merupakan desanya para makhluk astral.

Itulah sebabnya, air terjun Nokan Nayan juga digunakan oleh masyarakat sebagai tempat untuk melakukan beberapa ritual adat yang banyak unsur magisnya, sehingga terdapat pantangan-pantangan tertentu yang tidak boleh untuk dilanggar.

4. Air Terjun Batang Kapas (Riau)

Air terjun Batang Kapas berlokasi di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dengan memiliki ketinggian mencapai 150 meter.

Sebab ketinggian dari air terjun ini, maka dianggap sebagai salah satu air terjun tertinggi di Sumatera. Guna mencapai destinasi wisata air terjun ini, EDOOers harus bekerja keras dengan melintasi jalan yang terjal sepanjang puluhan kilometer.

Para pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke air terjun Batang Kapas ini di sarankan untuk tidak bermalam atau mendirikan tenda di sekitar air terjun. Alasan utamanya karena bisa diganggu oleh binatang buas, di antaranya seperti raja hutan yaitu harimau Sumatera dan beruang Sumatera yang menghuni daerah ini.

5. Air Terjun Sipiso-Piso (Sumatera Utara)

Air terjun tertinggi di Indonesia yang kelima adalah air terjun Sipiso-Piso dengan memiliki ketinggian mencapai 120 meter. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Nama Sipiso-Piso sendiri diambil dari nama gunung yang berada di timur laut air terjun ini.

Air terjun Sipiso Piso berada di tepi kawah raksasa dari Danau Toba dan terbentuk di aliran Sungai Raja Nabolon yang menjadi salah satu sungai yang memasok air ke Danau Toba. Air terjun ini terletak di ketinggian 1.300 mdpl.

Sementara itu, air terjun Sipiso-Piso ini memiliki beberapa manfaat seperti untuk keberlangsungan industri pertanian, penghijauan, dan perkebunan rakyat. Selain itu, air terjun Sipiso-Piso ini juga bermanfaat untuk menaikkan nilai tambah bagi masyarakat sekitar, terkhusus bagi perkembangan ekonomi pariwisata.

Itulah tadi beberapa air terjun tertinggi di Indonesia yang mempunyai pemandangan indah dan menakjubkan untuk dikunjungi. Berkat berkunjung ke air terjun bisa bermanfaat untuk
menurunkan hormon stress dan membuat pikiran lebih jernih, lho EDOOers.