Skip to content

5 Teknik Belajar Efektif yang Patut untuk Dicoba

Belajar merupakan sebuah proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Belajar sangatlah penting untuk dilakukan, melalui belajar EDOOers akan meningkatkan kemampuan mengolah informasi, memperoleh kesempatan mengembangkan kecerdasan, dan melatih kemampuan berpikir. Nah, kali ini EDOOers akan diajak untuk mempelajari beberapa teknik belajar efektif yang pastinya terbukti ampuh.

Belajar bukan cuma diperuntukkan kepada para siswa dan mahasiswa. Namun, belajar adalah salah satu proses upgrading kemampuan diri yang perlu dilakukan oleh siapa pun itu tanpa terkecuali.

Pada prosesnya, pengaplikasian teknik belajar efektif bisa membantu dalam penguasaan kemampuan-kemampuan baru. Maka dari itu, EDOOers pun bisa memperoleh kesuksesan di dunia pendidikan maupun di dunia kerja nantinya.

Setiap orang mempunyai kemampuan belajarnya masing-masing. Ada yang mudah dalam memahami pelajaran, ada pula yang membutuhkan waktu lebih dalam memahami sebuah materi pelajaran. Nah, maka EDOOers cuma perlu menemukan cara yang tepat agar bisa memahami materi pelajaran.

5 Teknik Belajar Efektif & Cara Menerapkannya

Lalu, teknik belajar seperti apa yang bisa membantu EDOOers mempelajari pengetahuan atau keahlian baru dengan lebih efektif? Ada 5 pilihan teknik belajar efektif yang bisa EDOOers praktikkan, yaitu: 

1. Teknik Pomodoro

Apabila EDOOers merupakan tipe orang yang sering kesusahan atau kesulitan dalam memfokuskan pikiran ketika belajar, teknik Pomodoro ini adalah pilihan yang tepat. Teknik Pomodoro ini dapat diterapkan dengan mengatur waktu belajar dalam suatu interval tertentu.

Tujuan dari teknik Pomodoro ini adalah untuk menghindari distraksi saat sedang belajar. Teknik Pomodoro juga bisa membantu EDOOers dalam menentukan tujuan dan agar bisa mencapai suatu target tertentu. Berikut cara penerapannya:

· Pilihlah kegiatan belajar yang ingin EDOOers lakukan saat itu.

· Bagilah kegiatan tersebut menjadi beberapa tugas tertentu.

· Apabila tugas sudah terbagi, pasanglah timer 25 menit untuk menyelesaikan tiap tugas tersebut dan tetaplah fokus.

· Jika timer sudah berbunyi, EDOOers dapat istirahat selama 5 menit.

· Apabila waktu istirahat sudah selesai, lanjutkanlah penyelesaian tugas berikutnya.

· Tandailah setiap tugas yang sudah terselesaikan dan cari tahu hal apa saja yang perlu diperbaiki sebagai bahan evaluasi.

2. Teknik Eat That Frog

Teknik belajar Eat That Frog ini sangat cocok bagi EDOOers yang sibuk, mempunyai banyak kegiatan yang beragam, dan kesulitan menentukan prioritas kegiatan. Teknik belajar Eat That Frog juga dapat membuat seseorang bisa mengembangkan kebiasaan disiplin tugas. Hal tersebut dimulai dari memaksakan diri untuk menjadi disiplin adalah suatu kebiasaan yang baik. Berikut langkah-langkahnya:

· Merancang daftar kegiatan yang dibagi menjadi beberapa kategori, contohnya kategori yang harus dikerjakan dan ingin mengerjakannya, kategori kegiatan yang harus dikerjakan dan malas mengerjakannya, kategori kegiatan yang tidak harus dikerjakan dan malas mengerjakannya, serta kegiatan yang tidak penting dan ingin dikerjakan

· Pilihlah kategori yang telah dibuat tadi dimulai dari yang paling tidak disukai dan jadikan itu sebagai “frog” yang harus dimakan awal.

· Lanjutkan dan selesaikan untuk memakan “frog” berikutnya agar semakin cepat terselesaikan.

3. Teknik Feynman

Teknik belajar efektif yang ketiga adalah sebuah teknik yang dikemukakan oleh pemenang Nobel Fisika tahun 1965 yaitu Richard Philip Feynman. Penerapan teknik Feynman ini bisa membantu EDOOers dalam memahami berbagai macam materi pembelajaran, entah itu yang sederhana ataupun yang rumit. 

Teknik Feynman didasari dari sebuah konsep seolah-olah EDOOers sedang mengajarkan suatu hal kepada orang lain. Sedangkan, tujuan dari teknik ini untuk membantu dan menumbuhkan pengertian tentang suatu hal agar bisa dipahami lebih mendalam. Berikut cara penerapannya:

· Pilihlah materi yang sangat ingin dipelajari.

· Awali dengan membaca dan memahami materi tersebut dengan baik.

· Tulislah kembali materi yang telah dipelajari ke sebuah kertas sambil menerangkan materi tersebut kepada orang lain.

· Pelajari kembali materi yang belum EDOOers kuasai sampai benar-benar dapat menjelaskannya dengan baik.

· Jelaskanlah kembali materi tersebut dengan bahasa yang lebih singkat, padat, sederhana dan mudah untuk dipahami orang lain.

· Ulangi kembali hal tersebut sampai EDOOers benar-benar lancar dan menguasai materi tersebut.

4. Teknik Cornell

Teknik Cornell adalah sebuah teknik belajar yang ditemukan oleh seorang profesor di Cornell University yang bernama Walter Pauk pada tahun sekitar 1940 – 1950an. Penerapan teknik Cornell ini memiliki tujuan untuk mengatur, menulis, dan menggunakan catatan yang berisi materi pelajaran inti atau informasi terbaru.

Teknik belajar ini dapat membantu dalam mempersiapkan seseorang dalam menghadapi suatu ujian dan mempelajari materi pelajaran secara mendalam. Inti dari teknik ini adalah mencatat atau menulis sebuah catatan agar bisa dibaca kembali jika ingin mengulang pelajaran. Namun, apakah EDOOers sudah mencatat dengan benar? Coba deh ikuti teknik Cornell ini, EDOOers!

· Pertama, EDOOers harus membagi kertas menjadi 3 bagian

· Pada bagian kolom sebelah kiri dapat diisi dengan kata kunci terkait mata pelajaran tertentu atau pertanyaan penting

· Pada bagian kolom sebelah kanan yang merupakan area utama digunakan untuk mencatat topik utama materi pelajaran

· Sedangkan, pada bagian kolom paling bawah dapat diisi dengan kesimpulan dari suatu materi pelajaran tertentu yang sedang dipelajari.

5. Teknik SQ3R

Teknik belajar efektif yang terakhir adalah teknik SQ3R yang merupakan kepanjangan dari Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Teknik belajar satu ini dianggap efektif dalam mempelajari atau memahami suatu teks buku.

Teknik belajar SQ3R ini memiliki tujuan dalam membantu memahami dan mengidentifikasi informasi penting dalam sebuah bacaan. Yuk, EDOOers coba simak langkah-langkahnya sebagai berikut!

· Langkah pertama survey, yaitu suatu langkah yang dilakukan untuk menelaah secara sepintas terhadap seluruh teks. Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan suatu gambaran umum dari isi dalam materi

· Langkah kedua question, yaitu dengan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan bagian teks yang sudah tertandai pada langkah pertama

· Langkah ketiga read, yaitu EDOOers diharuskan untuk membaca secara aktif guna mencari jawaban atas suatu pertanyaan yang telah disusun

· Langkah keempat recite, yaitu menyebutkan kembali jawaban dari suatu pertanyaan yang sudah disusun, tanpa melihat jawaban yang tertulis.

· Langkah kelima review, yaitu melakukan peninjauan ulang dari semua pertanyaan serta jawaban sampai mendapatkan sebuah kesimpulan.

Oke EDOOers, demikianlah tadi beberapa teknik belajar efektif yang bisa dterapkan supaya proses belajarmu semakin efektif. EDOOers dapat mencobanya satu-persatu hingga menemukan teknik apa yang cocok dan tepat bagimu.