Skip to content

Mengenal Macam-Macam Tulang Manusia Berdasarkan Bentuknya

Hai, EDOOers! Pada kesempatan kali ini, EDOO akan mengajak kamu untuk mempelajari terkait
macam-macam tulang manusia berdasarkan bentuknya, hingga apa saja fungsi tulang
yang ada pada manusia.

Tahukah EDOOers, kalau alat gerak pada manusia terdiri dari alat gerak aktif dan alat gerak pasif. Nah, untuk alat gerak aktif pada manusia yaitu otot, sementara alat gerak pasif pada diri manusia yakni tulang. Terkait dengan hal tersebut, kali ini EDOO akan membahas tentang macam-macam tulang yang diklasifikasikan berdasarkan bentuknya, berikut penjelasannya.

Pengertian Tulang

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tulang merupakan suatu bagian rangka dari tubuh manusia atau binatang. Sementara itu, pengertian secara ilmiah, tulang ialah jaringan ikat yang terdiri dari sel, serat, dan substansi dasar yang mempunyai fungsi sangat penting bagi tubuh manusia.

Semua tulang yang berada di tubuh manusia adalah jaringan ikat yang tersusun dari matriks tulang. Matriks tersebut mempunyai kandungan garam-garam organik yang mengalami sebuah proses mineralisasi.

Sedangkan, menurut para ahli, komponen tulang yang ada dalam tubuh manusia itu terdiri atas zat organik berupa serabut sebanyak 30%, air sebanyak 25%, dan zat mineral kalsium fosfat dan garam magnesium sebanyak 45%.

Fungsi Tulang

Sebelum kita menginjak ke ranah pembahasan macam-macam tukang berdasarkan bentuknya. Alangkah baiknya, kita terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja fungsi dari tulang.

Tulang selain berfungsi sebagai alat gerak pasif, tetapi juga memiliki fungsi lainnya di antaranya seperti tempat penyimpanan mineral, sebagai tempat perlekatan otot, tempat pembentukan sel darah, tempat produksi sel imun, memfasilitasi pergerakan tubuh, Tempat menyimpannya fosfor dan kalsium, dan tempat penyimpanan energi tubuh.

Tulang-tulang pada tubuh manusia membentuk suatu kesatuan susunan yang dinamakan sebagai rangka. Rangka sendiri memiliki fungsi sebagai pelindung organ-organ vital, seperti halnya paru-paru, jantung, dan otak. Selain itu, rangka mempunyai fungsi  pemberi postur atau bentuk tubuh, dan sebagai penopang tubuh.

Macam-Macam Tulang Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuk-bentuknya, tulang manusia terbagi menjadi 5 macam, yaitu tulang pipih, tulang pipa, tulang pendek, tulang tidak beraturan, dan tulang sesamoid. Yuk, kita bahas satu per satu, EDOOers!

1. Tulang Pipih

Seperti namanya, tulang pipih merupakan tulang yang mempunyai bentuk yang pipih dan agak sedikit melengkung. Tulang pipih ini bisa ditemukan pada dada, kepala, dan pinggul. Bentuk tulang ini tipis dan pipih. Pada tulang pipih di dalamnya kita bisa temukan sumsum merah, sel darah merah dan sel darah putih.

Tulang pipih mempunyai fungsi untuk melindungi organ-organ vital, dan sebagai perluasan permukaan untuk peningkatan area perlekatan otot. Contoh dari tulang pipih antara lain meliputi, tulang belikat, tulang penyusun tengkorak, tulang dada (os sternum), tulang pada kepala (os cranium), tulang panggul, tulang dahi, dan tulang rusuk (os costae).

2. Tulang Pipa

Tulang pipa merupakan tulang yang mempunyai bentuk berbonggol pada kedua ujungnya dan silindris memanjang. Tulang pipa ini memiliki fungsi sebagai penopang. Selain itu, jenis tulang pipa ini juga bermanfaat memfasilitasi pergerakan tubuh dengan bekerja seperti fungsi tuas.

Tulang pipa ini bisa EDOOers temukan pada anggota gerak, yakni tangan serta kaki. Sedangkan, contoh tulang pipa di antaranya seperti tulang paha, tulang lengan atas, tulang hasta, tulang kering, tungkai, tulang selangka, ruas-ruas jari, dan tulang betis.

3. Tulang Pendek

Tulang pendek merupakan jenis tulang yang berbentuk seperti kubus, pendek tak beraturan, atau bulat. Tulang pendek membentuk suatu kesatuan kelompok yang menghasilkan kekuatan dan tingkat elastisitas di bagian tertentu yang mempunyai keterbatasan dalam daya gerak.

Apabila ada guncangan yang cukup keras, tulang pendek berfungsi untuk meredam sautu guncangan tersebut, loh EDOOers. Umumnya, tulang pendek bisa kita temukan di bagian ruas-ruas tulang belakang, bagian pangkal pergelangan tangan (telapak tangan), dan pangkal kaki (telapak kaki).

4. Tulang Tidak Beraturan

Tulang tidak beraturan merupakan tulang yang memiliki ciri berbentuk kompleks dan tidak beraturan. Tulang ini biasa disebut pula dengan ireguler atau tidak biasa. Bentuknya pun kurang spesifik, sehingga tidak bisa dikelompokkan.

Tulang beraturan memiliki fungsi sebagai penopang tubuh, melindungi sumsum tulang belakang, dan memberi bentuk wajah. Contoh dari tulang tidak beraturan ini bisa ditemukan pada ruas tulang belakang dan pada area wajah.

5. Tulang Sesamoid

Tulang sesamoid adalah sebuah tulang kecil yang umumnya tertanam di dalam tendon dekat permukaan sendi atau otot. Tulang sesamoid ini mempunyai bentuk seperti halnya biji wijen.

Tulang sesamoid mempunyai fungsi untuk melindungi tendon dari gesekan dan ataupun tekanan. Contoh tulang sesamoid antara lain adalah tulang tempurung lutut, tulang ibu jari, dan tulang jempol kaki.

Demikianlah tadi penjelasan tentang macam-macam tulang manusia berdasarkan bentuknya yang patut EDOOers ketahui. Untuk mengenalnya lebih jauh, Anda bisa mengingat sejumlah istilah-istilah yang disebutkan di atas.

Sebab, tulang mempunyai peran yang sangat vital. Maka dari itu, setiap orang perlu menjaga kesehatan tulang supaya terhindar dari berbagai penyakit seperti osteoporosis, rakitis, patah tulang, ataupun gangguan tulang belakang.

Jadi, seperti itulah sekilas pembahasan terkait macam-macam tulang manusia berdasarkan bentuknya yang ada dalam pelajaran biologi. Berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran biologi dan ilmu pengetahuan alam bisa didapatkan di EDOO – Perpustakaan Digital Sekolah. Silakan akses agar kamu semakin semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!