Skip to content

Kisah Putri Ariani: Siswi Indonesia Peraih Golden Buzzer America’s Got Talent

Indonesia lagi dibuat berdecak kagum, lantaran ada salah satu siswinya bernama Putri Ariani yang menjadi peraih golden buzzer di ajang America’s Got Talent (AGT) ke-18. Namanya semakin
viral di media sosial, bahkan sampai menjadi FYP di TikTok.

Putri Ariani tampil di ajang America’s Got Talent tersebut dengan melantunkan sebuah lagu ciptannya sendiri berjudul “Loneliness”. Selain itu, ia juga menyanyikan sebuah lagu berjudul
“ Sorry Seems to Be the Hardest World ” yang dipopulerkan oleh Elton John.

Berkat melantunkan kedua lagu tersebut, Putri Ariani berhasil mendapatkan golden buzzer dari Simon Cowell dan langsung membawanya melaju ke babak semifinal AGT 2023.

Latar Belakang Putri Ariani

Putri Ariani merupakan penyanyi jebolan Indonesia’s Got Talent 2014 yang lahir pada 31 Desember 2005. Ia juga masih berstatus sebagai siswi di kelas XI di SMK Negeri 2 Kasihan atau biasa disebut SMM Yogyakarta. Putri Ariani menjadi salah satu dari dua siswa difabel di sekolah tersebut.

Pemilik nama lengkap Ariani Nisma Putri tersebut adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Salah satu adik dari Putri Ariani bernama Devina. Sedangkan, sang Ayah bernama Ismawan Kurnianto dan sang Ibu bernama Reny Avianty.

Faktanya, bahwa Putri Ariani lahir pada usia kandungan Ibunya yang masih enam bulan. Hal tersebut disebabkan sang ibu waktu itu mengalami kondisi di mana seluruh atau Sebagian plasenta menutupi mulut rahim atau disebut plasenta previa. Oleh sebab itu, Putri Ariani sudah tidak dapat melihat sejak usianya masih tiga bulan, karena mengidap Retina of Premature (ROP).

Karier Putri Ariani di Industri Musik

Nyatanya bakat menyanyi dari Putri Ariani sudah terlihat sejak dia masih berumur 2 tahun. Waktu umur segitu, ia sudah sangat suka bernyanyi dan dan dapat bermain piano. Namun, Putri mulai menunjukkan bakatnya di panggung sewaktu usianya 7 tahun.

Pada tahun 2014, Putri Ariani semakin menunjukkan tajinya di bidang musik dengan berhasil menjuarai ajang Indonesia’s Got Talent. Setelah itu, Putri membuat channel YouTubenya sendiri yang kini sudah mempunyai 328 subscribers. Pada kanal YouTube pribadinya tersebut, ia sering menampilkan bakatnya di dunia tarik suara.

Tidak cuma menunjukkan bakat menyanyinya di YouTube, Putri juga sering membuat konten cover lagu di Instagram maupun di TikTok. Bahkan, sosok peraih golden buzzer tersebut sempat viral di TikTok karena konten cover menyanyikan lagunya Celine Dion yang berjudul It’s All Coming Back To Me Now.

Selama berkarier, ia sering dibantu oleh sang adik, Devina. Bahkan, Putri Ariani pernah didapuk menjadi penyanyi untuk menyanyikan theme song Asian Para Games tahun 2018. Pada perlombaan Asian Para Games tahun 2018 itu, ia menyanyikan lagu berjudul Song Of Victory. Tidak sendirian dalam bernyanyi, Putri berkolaborasi dengan beberapa penyanyi ternama, di antaranya Once Mekel, Vidi Aldiano, Maudy Ayunda, Armand Maulana, Zara Leola, Regina Poetiray, dan Lesti Kejora.

Sekarang ini, Putri Ariani sudah menelurkan banyak karya lagu termasuk di antaranya berjudul Jogja Dan Kenangan, Untuk Ayah, hingga Selalu Ada Harapan. Ia juga mempunyai beberapa album termasuk Cinta Itu Baik dan Melihat dengan Hati.

Pada tanggal 9 Maret 2022, bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional, Putri Ariani merilis single terbarunya yang berjudul Aku Mau. Single terbaru tersebut memiliki makna bahwa bahagia itu sangatlah sederhana, bagaimana seseorang dapat menerima keadaan dirinya sendiri, lingkungan serta keluarga adalah kuncinya.

Dapat Undangan Khusus Mengikuti America’s Got Talent

Menurut, Agus Suranto, SPd, MSn selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kasihan, bahwa Putri Ariani yang sering membuat konten cover-cover lagu di Youtube, sehingga menuai banyak respons positif dan apresiasi karena bakat hebatnya itu. Entah itu dari seniman dalam negeri ataupun luar negeri.

Berkat kemampuan hebat Putri Ariani di media sosial, hal tersebut membuat  pihak America’s Got Talent mengetahuinya. Alhasil, membuat ia berhasil diundang untuk mengikuti ajang terpopuler di Amerika tersebut.

Setelah memperoleh undangan khusus untuk mengikuti audisi America’s Got Talent, Putri beserta kedua orang tuanya pun kemudian langsung terbang ke Amerika Serikat. Akhirnya, kerja keras serta kegigihan Putri selama ini terbayarkan dan membuahkan hasil, karena ia berhasil memperoleh golden buzzer dari Simon Cowell dan membuatnya langsung melesat ke semifinal.

Meskipun sedang berada di puncak kariernya di industri musik dan banyak sibuknya, Putri Ariani tetap tidak meninggalkan kewajiban belajarnya di sekolah. Ketika sedang berada dalam audisi America’s Got Talent, Putri Ariani tetap menjalankan tanggung jawabnya untuk mengikuti pembelajaran secara daring dan mengerjakan tugas-tugasnya sebagai seorang siswa.

Semoga kisah Putri Ariani sebagai peraih golden buzzer di ajang America’s Got Talent tersebut dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk ikut mendulang prestasi sesuai bakat, minat dan keterampilan masing-masing. Congratulations, Putri! Kamu tahu kisah inspiratif lainnya dari siswa lainnya? Share di kolom komentar ya.