Skip to content

Kisah Maulana Fatahillah: Sosok Siswa Viral yang Diterima di 21 Universitas Ternama Dunia

Awalnya, nama Maulana Fatahilah Adzima mungkin tampak begitu asing bagi telinga masyarakat umum. Namun, belakangan ini sosok siswa dari Semarang tersebut tengah menjadi perbincangan hangat dunia pendidikan Indonesia. Pasalnya, perbincangan yang mengarah ke Maulana Fatahillah tersebut, karena dirinya merupakan siswa viral yang berhasil diterima di 21 universitas ternama dunia.

Profil Maulana Fatahillah

Maulana Fatahillah adalah salah satu siswa berbakat di Indonesia yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Ia sudah menorehkan prestasi yang sangat luar biasa dalam dunia pendidikan di Indonesia. Perjalanan pendidikan dari Maulana dimulai dari bangku SMPN Negeri 2 Semarang dan dilanjutkan ke SMAN 3 Semarang.

Sejak duduk di bangku SMP, Maulana Fatahillah sudah menunjukkan minat serta bakatnya dalam bidang ilmu sains. Dia juga aktif berpartisipasi dalam Olimpiade Sains Nasional sejak dini. Hal tersebutlah yang membuktikan dedikasinya dalam menekuni pengetahuan dan keterampilan yang disukainya.

Ketika akan lulus dari SMAN 3 Semarang, Maulana Fatahillah semakin meningkat motivasi belajarnya demi meraih beasiswa di perguruan tinggi. Pada mulanya, ia hanya bermimpi untuk diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia saja. Namun, lama kelamaan saat melihat peluang yang terbuka lebar di depannya, Maulana memutuskan untuk melangkah lebih jauh dan mengincar beasiswa luar negeri.

Maulana telah melakukan riset beberapa kali dan mendalam terkait berbagai universitas ternama di setiap negara di dunia. Maulana juga mengumpulkan informasi-informasi penting terkait program studi yang diminatinya, persyaratan beasiswa, dan persyaratan pendaftaran.

Berbekal tekad yang kuat, Maulana mendaftar di berbagai universitas ternama di dunia. Maulana juga menyiapkan berkas-berkas penting, dan esai motivasi. ia mengikuti seluruh proses seleksi dengan bersungguh-sungguh dengan menunjukkan komitmen kuatnya.

Diterima di 21 Universitas Ternama Dunia

Sebelumnya, Maulana Fatahilah baru lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) pada bulan Mei 2023 lalu. Selanjutnya, ia memutuskan untuk mendaftar di berbagai macam perguruan tinggi di luar negeri. Perjuangannya terbukti tidak sia-sia dan membuahkan hasil.

Akhirnya, Maulana memperoleh 27 Letter of Acceptance (LOA) dari 21 universitas di luar negeri, di antaranya meliputi Wageningen University, University of New South Wales, University of California (UC) Berkeley, University of Toronto Scarborough, Monash University, Nanyang Technological University, University of Manchester, University of Sydney, dan lainnya.

Hal menarik lainnya lagi adalah ada beberapa universitas yang menerima Maulana pada tiga program studi yang berbeda. Contohnya saja ialah di Wageningen University, Belanda, ia memperoleh tiga LoA pada jurusan Environmental Sciences, Food Technology, dan Marine Sciences.

Berhasil diterima di 21 universitas luar negeri kelas dunia, bukan berarti Maulana dapat memilih
semua kampus tersebut. Akhirnya, ia memantapkan dirinya untuk melanjutkan studi belajarnya di University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Sedangkan, jurusan yang dipilih oleh Maulana ialah Civil Engineering.

 

Viral di Media Sosial

Berkat prestasi yang ditorehkannya, siswa viral yang diterima di 21 universitas ternama di dunia ini sontak menjadi perhatian warganet di media sosial.

Sebagai contohnya adalah pada postingan di akun TikTok milik Maulana sendiri yaitu @mauladzima. Pada postingan di akun TikToknya tersebut memperlihatkan deretan universitas luar negeri yang berhasil ia tembus dan lolos proses seleksinya.

Menariknya, postingan yang diunggah tersebut sudah ditonton sebanyak 4,2 juta kali dan memperoleh ratusan ribu like dan puluhan ribu komentar. Tak hanya memberi pujian saja, para warganet di media sosial juga menyerbu kolom komentar dengan meminta tips belajar, supaya bisa berhasil lolos dan diterima di banyak universitas ternama luar negeri kepada Maulana.

Selain pada akun TikTok milik Maulana, pihak SMA Negeri 3 Semarang juga mengunggah sebuah postingan ucapan keberhasilan kepada anak didiknya tersebut pada akun Instagram sekolah yakni @sman3semarang. Pada postingan Instagram pihak SMA Negeri 3 Semarang, mengucapkan selamat dan memebrikan semangat atas keberhasilan Ananda Maulana Fatahillah Adzima dalam mengejar cita-cita guna memajukan bangsa Indonesia.

Semoga kisah dari Maulana Fatahilah Adzima sebagai siswa viral yang diterima di 21 universitas
ternama di luar negeri tersebut bisa menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk ikut mendulang prestasi sesuai bakat, minat dan keterampilan masing-masing. Congratulations, Maulana! Kamu tahu kisah inspiratif lainnya dari siswa lainnya? Share di kolom komentar ya.