Skip to content

Ketahui Fakta Menarik Magnet yang Bisa Bikin Kamu Tertarik Mempelajarinya

Hai EDOOers, pernahkah melihat benda yang dapat menempel di pintu kulkas? Mengapa benda
tersebut bisa menempel di pintu kulkas? Nah, usut punya usut ternyata benda yang menempel di pintu kulkas itu adalah magnet. Sekarang EDOOers akan diajak untuk mempelajari pengertian magnet, dan fakta menarik magnet yang pastinya belum diketahui. Yuk, simak pembahasannya ya!

Pengertian Magnet

Magnet merupakan sebuah benda yang mampu menarik benda lain disekelilingnya yang mempunyai sifat khusus. Benda yang bisa ditarik oleh magnet haruslah terbuat dari bahan baja, bahan besi, atau dari bahan logam-logam khusus tertentu lainnya. Bahkan, setiap magnet memiliki sifat kemagnetan, yaitu sebuah kemampuan suatu benda dalam menarik benda-benda lain di sekitarnya.

Asal muasal penamaan magnet berasal dari bahasa Yunani yaitu magnítis líthos yang mempunyai arti batu Magnesian atau Lodestone. Sementara itu, Magnesia itu sendiri merupakan sebuah daerah di Yunani pada masa lalu yang sekarang ini bernama Manisa. Pada daerah tersebut mempunyai banyak kandungan batu magnetnya.

Sedangkan, menurut sejarah, magnet pertama kali ditemukan oleh seorang penggembala domba dari daerah Yunani Utara bernama Magnes sekitar 4000 tahun lalu. Ketika Magnes sedang menggembalakan domba-dombanya, secara tidak sengaja ujung tongkatnya menempel kuat pada suatu batu berwarna hitam besar.

Ternyata, batu berwarna hitam tersebut mengandung unsur kandungan Fe3O4, yang biasa disebut dengan nama magnetit. Batuan magnetit tersebut dapat menarik batu-batuan lainnya yang sejenis ataupun benda logam di sekelilingnya.

Fakta-Fakta Menarik Magnet

Selain pengertian mengenai magnet di atas, ada banyak fakta menarik magnet yang EDOOers perlu ketahui. Yuk, simak fakta-fakta menarik magnet di bawah ini ya!

1. Magnet Selalu Memiliki Dua Kutub

Magnet selalu mempunyai dua kutub yakni kutub positif dan kutub negatif. Kedua Kutub tersebut letaknya di ujung dari magnet. Disitulah kekuatan magnet berpusat begitu kuat. Namun, EDOOers jangan berharap akan bisa menemukan tulisan utara (N) dan selatan (S) ya. Soalnya, kutub utara sebuah magnet akan tetap menghadap ke arah utara bumi, sedangkan kutub selatan sebuah magnet akan tetap menghadap ke arah selatan bumi pula.

Walaupun, EDOOers mencoba untuk memotong sebuah magnet menjadi dua, salah satu kutub tidak akan lantas hilang pada potongan magnet tersebut. Namun, sebaliknya magnet yang sudah dipotong-potong tersebut nantinya akan tetap mempunyai dua kutub, karena kutub utara magnet maupun selatan magnet akan terbentuk lagi secara otomatis.

2. Magnet Dapat Mempengaruhi Binatang

Ternyata, magnet sudah digunakan oelh peneliti dalam mempelajari pola komunikasi yang dimiliki hewan pembawa serbuk sari satu ini yaitu lebah. Selain itu, magnet juga digunakan dalam mempelajari beberapa tingkah laku binatang dan siklus migrasi binatang.

Menurut para peneliti, ada banyak binatang bisa merasakan kutub dari sebuah magnet. Misalnya saja, hiu yang akan menghindari salah satu jenis magnet bernama Neodymium dan penyu serta burung yang menggunakan magnet sebagai alat navigasi.

3. Magnet yang Terbesar di Bumi adalah Bumi itu Sendiri

Bumi sebenarnya merupakan sebuah magnet raksasa, lho EDOOers. Inti bumi mengandung sebuah besi yang dikelilingi oleh cairan panas yang dapat menghasilkan sebuah daya listrik dan dapat menghidupkan medan magnet di sekitarnya.

Namun, medan magnet yang dihasilkan oleh planet Bumi juga mempunyai kekuatan yang sangat kecil. Apabila diperkirakan medan magnetnya seribu kali lebih lemah, jika dibandingkan dengan batang magnet yang biasa kita ketahui selama ini. Tidak cuma planet Bumi saja, planet-planet lain di sistem tata surya kita pun juga ada yang mempunyai medan magnet, diantaranya seperti Jupiter, Neptunus, Saturnus, dan Uranus.

4. Magnet Paling Kuat Adalah Bintang Bernama Magnetar

Magnet yang terkuat di jagat raya bukanlah sebuah planet, melainkan sebuah binta bernama magnetar. Magnetar merupakan sisa-sisa dari bintang yang sudah mati serta mengalami sebuah ledakan supernova.

Apabila dalam jarak yang dekat, kekuatan magnet dari bintang magnetar ini cukuplah kuat untuk menghancurkan planet-planet yang berukuran kecil. Menurut para peneliti, untung saja di jagat raya tersebut cuma ada sekitar belasan dari magnetar yang letaknya sangatlah jauh dari Bumi.

5. Magnet Bisa Kehilangan Sifat Magnetisnya

Jika ada sebuah magnet ditempa, magnet tersebut akan bisa kehilangan sifat magnetisnya, lho EDOOers. Hal tersebut disebabkan karena molekul-molekul yang terdapat pada magnet tersebut akan dapat kehilangan susunan kutub utara dan kutub selatannya. Selain itu, sebuah magnet bisa pula kehilangan sifat magnetisnya jika dipanaskan dalam rentang waktu yang cukup lama.

Wah! Ternyata ada banyak sekali ya EDOOers, fakta menarik magnet yang biasanya kita pelajari dalam pelajaran Fisika di sekolah. Berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Fisika bisa kamu akses di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!