Skip to content

Intip Keseruan Tradisi Unik Hari Pertama Masuk Sekolah di Berbagai Negara

Liburan sekolah saat ini sudah berakhir, pastinya para siswa kembali masuk sekolah di tahun ajaran
2023/2024. Biasanya di Indonesia, hari pertama masuk sekolah diawali dengan kegiatan upacara bendera dan dilanjutkan dengan kegiatan MPLS. Nyatanya, tradisi unik hari pertama masuk sekolah bukan terjadi di Indonesia saja, melainkan juga ada di tiap negara.

Tentunya hari pertama masuk sekolah menjadi momen yang istimewa, ya EDOOers. Pastinya EDOOers yang masih bersekolah sudah nggak sabar ke sekolah untuk belajar dan bertemu teman-teman. Yuk, kita intip tradisi unik hari pertama masuk sekolah di sejumlah negara, sebagai berikut:

1. Bingkisan Bentuk Kerucut untuk Siswa di Jerman

Tradisi unik hari pertama masuk sekolah yang pertama yaitu dari negara Jerman. Tradisi unik yang dimaksud adalah menyambut siswa-siswi baru kelas satu SD dengan hadiah berbentuk kerucut. Tradisi unik ini dinamai dengan Einschulung ini ditandai dengan sebuah pemberian bingkisan berbentuk kerucut atau Schultüte.

Bingkisan Schultüte ini berisi permen, cokelat, perlengkapan sekolah, dan hadiah lainnya. Tiap-tiap Schultüte juga akan dihias dengan warna dan karakter kesukaan anak-anak. Tradisi Schultüte ini merupakan pengingat untuk siswa bahwa sekolah adalah suatu kegiatan yang mengasyikkan.

2. Hujan Hadiah untuk Siswa di Jepang

Setiap tanggal 1 april di Jepang di mulai hari pertama masuk sekolah. Hari pertama masuk sekolah di Jepang lebih awal beberapa bulan dari sekolah di Indonesia. Tanggal tersebut adalah simbolisasi dari mekarnya bunga sakura yang menandakan telah tibanya musim semi.

Siswa-siswi yang akan diberikan bunga sakura adalah sebagai wujud dari harapan bangsa. Kedatangan siswa-siswi di hari pertama sekolah akan disambut dengan nyugakushiki, yaitu senbuah tradisi seremoni potong pita di gerbang masuk sekolah.

Sahabat, keluarga, maupun kerabat juga akan menghujani hadiah spesial kepada siswa yang baru pertama kali masuk sekolah. Hadiah spesial tersebut, diantaranya seperti meja belajar baru, randoseru (tas berbentuk kotak dari bahan keras), dan lain sebagainya.

3. Pawai Sekolah di India

Negara India memang terkenal sebagai negara yang mempunyai banyak tradisi  unik. Salah satu tradisi uniknya yaitu sebuah upacara penyambutan siswa baru dengan menggelar kegiatan-kegiatan pawai.

Tradisi pawai yang dimaksud tersebut dinamakan dengan Praveshanolsavam. Ada berbagai cara dalam menyelenggarakan tradisi satu ini, salah satu caranya dengan mengajak seluruh siswa-siswi baru untuk berkeliling lingkungan sekolah dengan diiringi musik dan balon dan musik.

Pada tradisi Praveshanolsavam ini juga ada yang membuat chendamelan atau sebuah pertunjukan musik perkusi drum yang dilaksanakan oleh para kakak kelas laki-laki. Selain itu, setiap sudut sekolah juga akan dihias dan setiap siswa baru akan memperoleh hadiah berupa permen.

4. Tradisi Lonceng Pertama di Rusia

Jika di Indonesia setiap siswa baru masuk sekolah diharuskan untuk mengenakan seragam, lain halnya dengan siswa di negara Rusia. Pada hari pertama sekolah di Rusia, setiap siswa akan diminta untuk mengenakan baju terbagus miliknya dan tak lupa membawa bunga guna diserahkan kepada guru mereka.
 
Sedangkan, untuk siswa kelas 1 SD ada tradisi unik tersendiri yaitu bernama lonceng pertama. Tradisi ini dilakukan oleh salah satu dari anak kelas 1 SD dengan menaiki pundak kakak kelasnya. Selanjutnya, anak tersebut mengelilingi halaman sekolah sambil membunyikan lonceng dan disertai dengan iringan tepuk tangan dari para orang tua yang datang.

5. Tarian di Selandia Baru

Tradisi unik hari pertama masuk sekolah yang kelima yaitu berasal dari Selandia Baru. Tradisi unik yang dimkasud adalah Powhiri, yaitu upacara penyambutan siswa baru yang berasal dari salah satu adat dari suku Maori.

Pada tradisi ini, para guru akan meneriakan panggilan atau seruan semangat selamat datang dan dilanjutkan dengan sebuah tarian penuh semangat dari para kakak kelas siswa baru.

Tarian yang ditampilkan ini diiringi dengan hentakan kaki, tepuk tangan, dan gerakan yang penuh semangat. Tarian dari tradisi Powhiri ini bertujuan supaya semua siswa yang melihatnya akan ikut terbawa semangat dalam menghadapi pembelajaran pada tahun ajaran baru.

Nah, demikianlah tadi beragam tradisi unik hari pertama masuk sekolah di berbagai negara di belahan dunia. Seru dan unik-unik bukan, EDOOers? Tentunya, setiap tradisi yang dilaksanakan
tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan semangat demi menyongsong hari
pertama masuk sekolah.