Skip to content

Ini Dia: 5 Api Abadi Milik Indonesia

Indonesia tidak hanya mempunyai keragaman hayati yang indah, akan tetapi juga memiliki fenomena geologi yang unik seperti adanya api abadi. Api abadi di Indonesia selalu dikaitkan dengan kegiatan agenda nasional dan internasional untuk menyalakan sebuah obor perayaan dikarenakan memiliki nilai historis. 

Apa Itu Api Abadi?

Menurut ilmiah api abadi adalah fenomena keluarnya gas alam dari dalam permukaan tanah yang setelahnya tersulut api, sehingga terciptalah api yang tak pernah padam. Sebab munculnya gas alam tersebut dikarenakan adanya celah atau retakan pada batu atau tanah.

Keluarnya gas alam yang kemudian terbakar itu membuat api terus menerus muncul, dikarenakan gas alam yang ada di dalam bumi terus keluar. Api abadi akan terus menerus menyala, baik itu pada waktu siang hari dan malam hari. Kondisi tersebut akan terus menerus terjadi selama gas alam keluar dari tanah, sehingga dapat berlangsung bertahun-tahun lamanya.

Berbagai macam kegiatan, entah itu agenda nasional dan internasional seringkali memakai sumber api abadi ini untuk menyalakan obor, di antaranya seperti PON, Asian Games, dan lain sebagainya.

Pengambilan api abadi untuk obor tersebut sudah dilakukan sejak zaman Presiden Soekarno hingga sekarang ini. Pada prosesi pengambilannya pun juga memiliki nilai historisnya sendiri-sendiri. 

5 Api Abadi yang Ada di Indonesia

Keberadaan api abadi pun terjadi di berbagai tempat di dunia. Bahkan di Indonesia ada beberapa lokasi yang mempunyai api abadi. Berikut beberapa daftar api abadi yang dimiliki Indonesia dan masih menyala sampai saat ini.

1. Api Abadi Mrapen

Tempat pertama untuk menemukan api abadi di Indonesia adalah berada di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Api abadi Mrapen ini menjadi api langganan untuk pengambilan api obor untuk beberapa agenda nasional dan internasional sejak zaman Presiden Soekarno hingga sekarang. Bahkan, api abadi ini juga pernah dipergunakan untuk perayaan Tri Suci Waisak.

Konon Api abadi Mrapen telah ditemukan sejak era Sunan Kalijaga sekitar tahun 1447, dalam perjalanan beliau membawa tiang utama untuk proses pembangunan Masjid Demak. Lokasi api abadi ini mempunyai keunikan yang melegenda, karena tidak pernah padam dan sudah terekspos sampai mancanegara.

Sayangnya, api abadi Mrapen ini pernah dikabarkan padam pada 9 September 2020. Namun, pada tahun 2021, pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah melakuakn pembenahan, hingga pada akhirnya menyala kembali.

Sumber api abadi Mrapen ini pertama kali diambil pada 1 November 1963 untuk prosesi upacara pembukaan Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang atau Games of the New Emerging Forces (Ganefo). Selain itu, api abadi ini juga pernah digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI pada 23 Agustus 1996 dan terakhir untuk Api Obor Asian Games 2018.

2. Api Biru Abadi Kawah Ijen

Bukan cuma sekedar api abadi biasa, salah satu api abadi yang ada di Banyuwangi ini mempunyai warna biru yang sangat eksotik lho, EDOOers. Yaps, api abadi berwarna biru ini berada di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Api abadi ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Pasalnya, fenomena alam api berwarna biru ini hanya ada di Indonesia dan Islandia saja, EDOOers.

Apabila EDOOers ingin melihat api abadi biru ini, baru bisa EDOOers lihat ketika matahari terbenam sampai terbit. Jadi, para wisatawan yang datang tidak bisa melihatnya saat siang hari. Waktu terbaik untuk melihat fenomena api abadi biru tersebut ialah sekitar pukul 2 dini hari sampai 5 pagi waktu Indonesia barat, EDOOers. Selamat berpetualang!

3. Api Abadi Bekucuk

Api abadi Bekucuk merupakan api abadi yang berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Konon katanya, api abadi ini sudah digunakan untuk membuat senjata pusaka berupa keris pada zaman kerajaan Majapahit.

Api abadi Bekucuk ini ditemukan pada tahun 1993. Api abadi tersebut pertama kali muncul di sebuah permukaan kolam yang bersumber dari tanah, lho EDOOers. Api abadi tersebut telah menjadi tempat wisata untuk masyarakat umum hingga sekarang ini.

4. Api Abadi Kayangan Api

Lokasi abi abadi yang berikutnya adalah api abadi Kayangan Api. Letak api abadi Kayangan Api ini berlokasi di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

Api abadi Kayangan Api ini dulunya juga pernah dimanfaatkan sebagai sumber nyala api obor pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XV Jawa Timur tahun 2000. Sama seperti api abadi yang lainnya, api abadi ini muncul disebabkan karena adanya gas alam yang keluar dari tanah. Konon katanya menurut cerita legenda, api abadi Kayangan Api ini telah muncul sejak zaman kekuasaan Kerajaan Majapahit.

5. Api Abadi Sungai Siring

Terakhir, destinasi wisata api abadi di Indonesia yaitu api abadi Sungai Siring. Api abadi tersebut berada di Dusun Bambu Kuning, Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Faktanya, api abadi Sungai Siring ini pernah pula digunakan sebagai sumber api untuk api obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII pada tahun 2008, lho EDOOers. Fenomena alam api abadi Sungai Siring ini tentu saja menjadi salah satu wisata andalan yang memikat para wisatawan untuk datang ke Kota Samarinda.

Demikianlah tadi dereten lima api abadi yang menarik untuk dikunjungi. Bagi EDOOers sekeluarga
yang ingin melihat fenomena alam menakjubkan ini, penjelasan di atas bisa menjadi rekomendasi EDOOers sebagai tempat destinasi wisata ketika liburan.