Skip to content

Deretan 5 Daerah Terdingin di Indonesia

Walaupun Indonesia dikenal sebagai negara tropis, karena hanya mempunyai 2 musim. Kendati
demikian, bukan berarti tidak ada daerah terdingin di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia juga mempunyai suhu udara yang dingin, lantaran berada di ketinggian terntentu dan tertutup oleh vegetasi.

Tidak hanya di Eropa saja, Indonesia juga mempunyai udara dingin di sejumlah daerahnya, lho EDOOers. Bahkan, dari segi suhu udara ada yang sampai menyentuh angka belasan derajat celcius.

5 daerah terdingin di Indonesia berikut ini dapat menjadi destinasi wisata di momen liburan EDOOers sekalian. Sebagai wilayah tropis yang berada di garis ekuator, tidak dipungkiri kebanyakan daerah di Indonesia memang lebh identik dengan udara yang cenderung panas.

Namun, beberapa daerah ada yang berada di dataran tinggi, tentunya mempunyai suhu yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu, udaranya jauh lebih dingin dibandingkan dengan daerah lain. Lantas mana saja daerah terdingin di Indoensia? Berikut 5 daerah di Indonesia yang mempunyai suhu terdingin.

1. Kota Mulia (Papua)

Daerah terdingin di Indonesia yang pertama adalah Kota Mulia yang ada di Pulau Papua. Kota Mulia adalah sebuah distrik yang menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Puncak Jaya di Provinsi Papua Tengah. Kota ini mempunyai luas daratan sekitar 883 km persegi dan berada di ketinggian sekitar 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kota Mulia adalah satu-satunya daerah berpenghuni di Indonesia yang ketinggiannya dikelilingi oleh pegunungan Jaya Wijaya atau Puncak Jaya dengan total jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa.

Kota Mulia memiliki suhu udara yang bisa mencapai 9 derajat celsius saat malam hari. Bahkan, suhu di Kota Mulia sendiri dapat mencapai titik beku, lho EDOOers. Hal tersebut dikarenakan daerahnya yang tidak terlalu jauh dengan pegunungan Jaya Wijaya.

Selain itu, curah hujan di Kota Mulia sendiri terjadi hampir sepanjang tahun. Saking dinginnya, jarang ada rumah-rumah warga di Kota Mulia yang berbahan semen. Bangunan yang berbahan semen di Kota Mulia cuma terlihat beberapa saja, di antaranya seperti sekolah, kantor desa, puskesmas, dan gedung pelayanan sosial. 

Sebagian masyarakat di Kota Mulia masih banyak yang melestarikan rumah adat Papua yaitu Hanoi. Alasan para warga masih menggunakan rumaha dat Hanoi, karenarumah adat tersebut dibuat tanpa jendela supaya menghalau udara dingin tidak mudah masuk, terutama ketika malam hari.

2. Waghete (Papua)

Daerah terdingin kedua di Indonesia berikutnya adalah Waghete. Kota Waghete merupakan kota kecil yang berlokasi di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah.

Waghete adalah kota kecil yang berlokasi di pinggiran Danau Tigi, Kabupaten Deiyai. Daerah ini berada di dataran tinggi 1700 di atas permukaan laut (mdpl). Apabila EDOOers penat, bosan, dan membutuhkan udara yang menyegarkan saat hari liburan, maka kota ini sangat cocok menjadi daftar tujuan wisata.

Kota kecil ini ketika siang hari, suhu bisa mencapai 15 derajat celsius. Sementara itu, pada malam harinya, suhu di Kota Waghete itu dapat mencapai 10 derajat celsius.

3. Mamasa (Sulawesi Barat)

Mamasa adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Barat. Kabupaten Mamasa berada pada ketinggian 1.900 di atas permukaan laut (mdpl), sehingga daerah ini masuk ke dalam jajaran daerah terdingin di Indonesia.

Pemandangan di kabupaten Mamasa sangatlah indah dengan banyaknya tanaman hijau. Nuansa di Mamasa sangat sejuk dan akan terasa, ketika EDOOers mencoba untuk mengunjungi daerah agrowisata dan kampung-kampung tradisional di sana.

Kabupaten Mamasa tidak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah saja, tetapi daerah ini juga memiliki hawa yang sejuk dengan suhu rata-rata antara 10 sampai 23 derajat celcius. 

4. Ruteng (Nusa Tenggara Timur)

Berikutnya, daerah terdingin di Indonesia keempat adalah Ruteng di Pualau Flores. Secara administratif, Ruteng merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Banyak orang mengenal daerah-daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) mempunyai pemandangan yang indah. Salah satu contohnya adalah Ruteng yang sering disebut pula sebagai Praha-nya Indonesia.

Alasan Ruteng memiliki julukan Praha-nya Indonesia, karena dikecamatan ini terdapat banyak sekali bangunan-bangunan yang memiliki desain arsitektur modern, meskipun berada di tengah-tengah ketinggian wilayah yang mencapai 1200 mdpl.

Selain itu, daerah Ruteng juga mempunyai destinasi wisata yaitu Gua Liang Bua. Gua tersebut merupakan tempat ditemukannya sisa-sisa tulang manusia purba zaman dahulu yaitu Homo Floresiensis.

Suhu rata-rata harian di daerah Ruteng berkisar antara 25 sampai 13 derajat celcius. Namun, suhu terdingin di kecamatan Ruteng ini pernah mencapai 9,2 derajat celcius. 5. Berastagi (Sumatera Utara)

Nah, daerah terdingin di Indonesia kelima adalah Berastagi. Daerah Berastagi merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Berastagi menjadi salah satu obyek wisata terpopuler di Sumatera Utara. Sebab daerah Berastagi diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang juga memiliki air terjun bernama Sikulikap.

Berastagi juga mempunyai desa kuno, yakni desa Tongko dan desa Lingga. Sedangkan ketinggian daerah Berastagi mencapai 1.300 mdpl di atas permukaan laut. Sementara itu, Suhu rata-rata udaranya sering ada di bawah 20 derajat celcius. Hal itu pun membuat Berastagi menjadi jajaran daerah dengan suhu terdingin di Indonesia.

Demikianlah tadi deretan 5 daerah terdingin di Indonesia versi EDOO yang tentunya akan menjadi
rekomendasi buat EDOOers untuk dikunjungi di kala masa liburan semester panjang ini. Apakah ada daerah di atas yang masuk kategori favorit EDOOers? Share di kolom komentar ya!