Skip to content

Bangga! Ada 4 Makanan Khas Indonesia yang Diakui Dunia

Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang mempunyai pilihan kuliner yang sangat beragam, bahkan setiap daerah-daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Tentunya, sebagai penikmat kuliner, EDOOers perlu untuk mengetahui makanan khas Indonesia yang diakui dunia itu apa saja, penasaran? Yuk kita cari tahu bersama-sama.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah serta segala jenis makanannya. Bahkan, ada beberapa makanan khas Indonesia yang termasuk warisan budaya dunia UNESCO, lho EDOOers.

Situs warisan dunia UNESCO atau yang mempunyai kepanjangan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, adalah sebuah organisasi khusus yang sudah dinominasikan untuk sebuah program Warisan Dunia internasional yang dikelola oleh UNESCO World Heritage Committee dan telah dibuat PBB sejak tahun 1945.

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Sudah menjadi rahasia umum, makanan-makanan Indonesia begitu terkenal karena kelezatannya. Faktanya, makanan-makanan khas Indonesia tersebut bahkan sudah diakui dunia. Apa sajakah makanan khas Indonesia yang mendunia? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Rendang

Rendang atau dalam bahasa Minangkabaunya biasa disebut randang, merupakan masakan khas Minangkabau yang memiliki komposisi bahan dasar daging yang berasal dari Sumatera Barat, Indonesia.

Masakan rendang tersebut dihasilkan dari proses memasak yang lama yaitu lebih kurang 24 jam dengan suhu rendah dengan menggunakan tambahan bahan baku berupa berbagai macam rempah-rempah serta santan.

Rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat peringkat pertama di dunia, lho EDOOers. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh CNN Internasional menjelaskan bahwa rendang sempat menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Delicious Food pada tahun 2011. 

Bahkan, sudah delapan kali berturut-turut, rendang terus mendominasi di peringkat pertama. Selain itu, rendang juga telah diakui oleh UNESCO sebagai kuliner khas Indonesia sejak tahun 2013. Pada tahun 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Hebatnya, rendang ini bisa bertahan sampai berminggu-minggu dalam suhu ruangan. Kandungan kekayaan rasa dalam sajian rendang, membuat makanan satu ini berkesan bagi setiap orang yang mencicipinya. Rendang terbuat dari daging sapi terbaik dan didukung proses pemasakannya yang begitu lama, sehingga dagingnya menjadi lembit dan empuk saat dimakan. Maka dari itu, tidak heran apabila rendang menjadi makanan terlezat di dunia. 

2. Nasi Goreng

Bukan cuma rendang saja, ada juga makanan khas Indonesia yang beberapa kali sempat masuk daftar sebagai makanan terlezat di dunia yaitu nasi goreng. Faktanya, nasi goreng termasuk kedalam daftar World’s 50 Delicious Food milik CNN Internasional juga pada tahun 2011.

Nasi goreng juga sering disebut sebagai makanan tradisional yang sejati masyarakat Indonesia. Selain itu, nasi goreng juga dianggap sebagai sajian kuliner nasional yang sudah ada sesudah Indonesia merdeka dan diakui UNESCO pada tahun 2011. 

Nasi goreng merupakan nasi yang digoreng dengan minyak goreng, mentega, atau margarin. Biasanya, bumbu yang dipakai dalam memasak nasi goreng yaitu kecap manis, bawang putih, bawang merah, asam jawa, lada, dan ditambah dengan bahan baku lainnya seperti daging ayam, telur, dan kerupuk. 

Umumnya nasi goreng sering disajikan untuk sarapan ataupun sebagai kuliner di malam hari bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadi salah satu makanan terlezat di dunia, popularitas nasi goreng semakin melejit, karena menjadi salah satu makanan favorit mantan presiden Amerika yaitu Barack Obama.

3. Lumpia

Lumpia adalah jajanan khas yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Jajanan satu ini telah secara resmi diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak tahun 2014 lalu. 

Lumpia merupakan makanan yang mempunyai isian berbagai varian didalamnya, seperti daging, udang, dan sayur sayuran, bahkan jajanan satu ini kerap dimiripkan dengan risol.

Lumpia biasanya juga dieja sebagai lun pia, yaitu sejenis jajanan tradisional khas warga Tionghoa. Nama lumpia yang dikenal oleh orang Indonesia sendiri merupakan lafal dari Bahasa Hokkian.

4. Tempe

Selanjutnya, ada makanan khas Indonesia yang juga diakui oleh UNESCO yaitu tempe. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang kaya akan protein, gizi, dan vitamin di dalamnya. Tempe terbuat dari bahan baku kedelai yang difermentasi atau dari kacang-kacangan lainnya.

Menurut Murdijati Gardjito selaku peneliti pusat studi pangan dan gizi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta mengatakan, bahwa tempe merupakan makanan asli dan otentik yang diciptakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia, tanpa adanya pengaruh apapun dari negara-negara lain.

Sedangkan, menurut sebuah naskah Jawa Kuno, lebih tepatnya pada Serat Centhini yang dibuat pada abad ke-19, diceritakan bahwa ada kisah tentang tempe dalam lebih kurang lima jilid dari total 12 jilid Serat Centhini. Pada Serat Centhini tercantum sebuah naskah yang menceritakan tentang tempe, di antaranya seperti tempe goreng, sambal tempe, tempe bacem, dan tempe mentah yang dimakan bersama kecambah dan sambal.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai makanan khas Indonesia yang diakui dunia. Nah, kalau EDOOers sendiri, makanan favoritnya yang mana ya? Share di kolom komentar dan jangan lupa kunjungi MOCO ROSO di kantor EDOO Jogja.