Skip to content

5 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri untuk Tenaga Pendidik

Para tenaga pendidik seperti guru/EDOOcator merupakan ujung tombak dari suatu pendidikan. Maka dari itu, haruslah guru untuk terus memperbarui keilmuannya. Rupanya, banyak guru di
Indonesia yang mempunyai keinginan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dengan
melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Berikut 5 rekomendasi beasiswa
luar negeri yang sudah dirangkum oleh EDOO.

Secara definisi, beasiswa adalah bantuan biaya atau tunjangan untuk seorang pelajar agar dapat
mengikuti kegiatan pembelajaran dengan biaya yang lebih ringan. Beasiswa
memiliki sifat bantuan, bahkan untuk besaran biaya beasiswa yang diberikan ke
para penerimanya berbeda-beda. Selain itu, beasiswanya umumnya dibedakan
menjadi dua, pertama beasiswa penuh (full scholarship), dan beasiswa sebagian
(partial scholarship).


Sementara itu, beasiswa yang diperuntukkan bagi guru ialah salah satu bentuk dukungan
pendidikan yang dikasihkan kepada para tenaga pendidik guna meningkatkan
kualitas pengajaran di Indonesia. Beasiswa tersebut biasanya diberikan oleh lembaga swasta, lembaga pemerintah, ataupun dari institusi pendidikan di luar
negeri.

Sedangkan, jenis-jenis beasiswa itu ada beragam yang ditawarkan kepada tenaga pendidikan,
di antaranya meliputi beasiswa penelitian, beasiswa studi lanjutan, dan
beasiswa pengembangan profesi. Banyak variasi kriteria untuk penerima beasiswa,
termasuk dari pengalaman kerja, prestasi akademik yang pernah dicapai, maupun
kontribusi apa pada masyarakat.

5 Beasiswa Luar Negeri Bagi Tenaga Pendidik

Berikut ini, ada 5 rekomendasi beasiswa luar negeri yang diperuntukkan bagi tenaga pendidik yang bisa diajukan untuk meningkatkan kompetensi serta keterampilan EDOOcator sebagai guru. Yuk, baca artikel ini sampai habis ya, EDOOcator!

1. MEXT – Teacher Training Program (Jepang)

Negara Jepang adalah salah satu negara maju yang mempunyai sistem pendidikan dan kualitas pembelajaran yang berkelas di dunia. Oleh karena itu, tak bisa dipungkiri, bahwa banyak orang yang sangat ingin melanjutkan studi pendidikannya di Negeri Matahari Terbit tersebut, khususnya para guru.

Nah, jadi Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di negara Jepang atau biasa disebut Monbukagakusho/MEXT memberikan penawaran program beasiswa yang dirancang khusus buat para guru-guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereke agar sesuai dengan bidang yang ditekuninya.

Buat EDOOcator yang ingin leveling up kualitas pengajarannya, pastinya program beasiswa ini cocok banget untuk para guru. Sedangkan, durasi waktu studi untuk program beasiswa MEXT ini ialah1 tahun 6 bulan (sudah termasuk 6 bulan pertama untuk mendalami bahasa Jepang). Berikut, persyaratan-persyaratan yang harus kalian penuhi jika ingin mengikuti program beasiswa ini adalah:

1. Mempunyai research plan

2. Maksimal berumur 34 tahun

3. Sudah mengantongi surat rekomendasi atau surat keterangan dari sebuah institusi atau tempat mengajar

4. Memiliki duplikat ijazah dan transkrip nilai

5. Mempunyai duplikat sertifikat bahasa asing (IELTS/TOEFL/TOEIC/JLPT)

2. Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teacher (Fulbright DAI) (Amerika Serikat)

Apabila, EDOOcator ingin mengupgrade ilmu pengetahuan kalian di Negeri Paman Sam, beasiswa Fulbright DAI ini dapat kalian coba loh, EDOOcator. Program beasiswa ini dikelola langsung oleh AMINEF dan diprakarsai oleh pemerintah AS.
 
Berkat adanya program beasiswa Fulbright DAI ini kedepannya para awardee akan memiliki kesempatan untuk merasakan langsung sejumlah aktivitas-aktivitas menakjubkan mengajar bersama guru US, seperti audit courses, mentoring, pengayaan budaya, dan banyak aktivitas-aktivitas menarik lainnya. 

Program beasiswa Fulbright DAI tersebut memberi kesempatan yang luar biasa bagi para guru sekolah dasar hingga menengah untuk mengikuti pembelajaran perkuliahan selama satu semester di universitas Amerika Serikat (AS).

Bagi para peserta program beasiswa Fulbright DAI yang dinyatakan lolos seleksi akan mengikuti sebuah program pengembangan secara profesional, mengikuti perkuliahan, mengamati dan membagikan keahlian dengan guru maupun siswa di universitas tuan rumah, dan menjalani sebuah proyek individu/kelompok. Sedangkan, ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi agar memperoleh beasiswa ini, adalah:

1. Memiliki statement of purpose

2. Mempunyai form persetujuan cuti dari kepala sekolah,

3. Mempunyai form referensi dari supervisor dan institutionla support

4. Memiliki salinan KTP atau paspor

5. Memiliki surat rekomendasi dari institusi tempat anda bekerja

6. Mempunyai salinan ijazah serta salinan transkrip nilai.

3. Erasmus+ (Eropa)

Beasiswa Erasmus+ merupakan sebuah program beasiswa yang diadakan oleh Uni Eropa. Program beasiswa tersebut akan memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik di seluruh dunia untuk melaksanakan studi ataupun pengajaran di universitas-universitas terbaik di benua Eropa. Sementara itu, biaya yang diperoleh dari program beasiswa Erasmus+ tersebut  mencakup biaya hidup, biaya kuliah, dan asuransi. Bahkan, program beasiswa Erasmus+ ini memberikan penawaran kesempatan kepada tenaga pendidik agar memperoleh pengalaman kerja di luar negeri dengan diadakannya program magang.

4. Australian Awards for Indonesia (Australia)

Program beasiswa Australian Awards for Indonesia merupakan sebuah program beasiswa yang diperuntukkan kepada para tenaga pendidik di Indonesia yang berkiinginan untuk melanjutkan studi ataupun pengajaran di negara Australia. Program beasiswa Australian Awards for Indonesia ini dalam segi biaya, mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan asuransi-asuransi. Selain itu, untuk program beasiswa tersebut juga memberikan sebuah kesempatan kepada para tenaga pendidik untuk memiliki pengalaman kerja di Australia.

5. Chevening (Inggris)

Pemerintah Inggris mengeluarkan sebuah program bernama Beasiswa Chevening. Beasiswa Chevening tersebut ialah sebuah program beasiswa dari pemerintah Inggris yang diperuntukkan kepada tenaga pendidik yang berkeinginan untuk melanjutkan studi perkuliahan S2 di universitas-universitas terkemuka di Inggris.

Beasiswa Chevening ini memberikan sebuah penawaran kesempatan bagi para tenaga pendidik di seluruh Indonesia untuk bisa memperdalam ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan, sekaligus memperoleh pengalaman belajar di lingkungan yang berbeda-beda. Program beasiswa ini menanggung beberapa biaya, di antaranya seperti biaya hidup, biaya kuliah, tunjangan bulanan selama masa perkuliahan di Inggris, dan akomodasi tiket pesawat pulang-pergi.

Berkat adanya kesempatan beasiswa luara negeri untuk guru, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di masa depan. Selain itu, dengan memperoleh beasiswa tersebut bisa memperkaya pengalaman dan ilmu pengetahuan bagi para tenaga pendidik pula.

Itulah tadi lima rekomendasi beasiswa luar negeri pada tahun 2023 yang banyak memberikan penawaran dan berbagai macam fasilitas menarik serta tentunya fully-funded! Semoga berhasil EDOOers. Terus semangat! Salam Literasi untuk Edukasi.