Skip to content

5 Penyebab Pemanasan Global di Dunia yang Patut Diwaspadai

Suhu panas yang ekstrem beberapa hari terakhir semakin membuat manusia resah. Hal tersebut ditengarai sebagai bentuk dari pemanasan global. EDOOers yang sebagai masyarakat dunia, dengan mengetahui penyebab pemanasan global akan sangat berguna untuk mengurangi dampak negatifnya.

Bumi sekarang ini sedang mengalami pemanasan global. Nah, pemanasan global atau bisa disebut global warming ini ialah sebuah proses meningkatnya suhu rata-rata bumi, mulai dari laut, daratan, hingga atmosfer.

Pastinya, EDOOers bisa merasakan sendiri efek dari pemanasan global seperti udara yang semakin panas, sesak, sumpek, musim hujan dan musim kemarau lamanya tidak sama, cuaca yang berubah-ubah tidak menentu. Selain itu, ditambah pula adanya kebakaran hutan yang terjadi di mana-mana. Semuanya bikin hidup menjadi tidak nyaman.

Penyebab-Penyebab Pemanasan Global

Pada penjelasan kali ini, EDOOers akan mengenal penyebab-penyebab pemanasan global. Berikut ini pembahasan mengenai lima penyebab pemanasan global yang patut dipahami.Yuk, Simak penjelasannya ya, EDOOers!

1. Polusi Kendaraan

Salah satu penyebab terbesar dari terjadinya pemanasan global ialah polusi kendaraan bermotor. Asap dari kendaraan bermotor yang berasal dari bensin mengandung banyak gas karbondioksida yang merupakan gas rumah kaca.

Intensitas tingginya konsentrasi karbondioksida akan dapat meningkatkan efek rumah kaca yang bisa menyebabkan panas terperangkap lebih banyak, sehingga membuat bumi menjadi semakin panas.

Semakin meningkatnya populasi manusia di suatu negara akan selarasa dengan meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar bensin. Oleh karena itu, EDOOers harus bener-bener bijak dalam penggunaan kendaraan. Apabila sekiranya deket jaraknya, lebih baik disarankan naik sepeda saja atau berjalan kaki saja.

2. Asap Pabrik

Penyebab pemanasan global yang kedua adalah asap pabrik. Soalnya, efek asap pabrik bisa menjadi momok yang mengerikan bagi kualitas udara. Contoh mengerikan bisa dilihat sendiri, seperti keluarnya asap hitam pekat dari cerobong pabrik yang besar.

Bukan cuma warna hitam saja, asap ini ada yang berwarna putih, dan abu-abu. Asap pabrik tersebut sangatlah berbahaya, karena ada kandungan karbonmonoksida, karbondioksida, dan gas metana.

Kandungan-kandungan berbahaya yang ada dalam asap pabrik tersebut, berpotensi menyebabkan berbagai macam masalah pada kesehatan manusia utamanya masalah pernapasan.

Selain itu, asap pabrik ini juga akan menjadi polusi bagi udara, sehingga membuat lingkungan menjadi semakin tercemar, dan lebih parahnya pemanasan global tidak akan bisa terhindari lagi. 

3. Kerusakan Hutan

Penyebab pemanasan global yang ketiga adalah banyaknya kerusakan hutan. EDOOers pastinya sudah tahu kalau pohon itu dapat mengubah gas karbondioksida menjadi oksigen.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa pohon itu sangat penting bagi dunia. Pasalnya pohon dapat mengubah gas jahat menjadi gas baik yang bermanfaat bgai mahkluk hidup di bumi, khususnya manusia.

Namun, semakin banyaknya pembakaran hutan, dan penebangan pohon secara liar membuat jumlah pohon-pohon berkurang terus menerus. Apabila, hutan terancam maka akan terancam pula makhluk hidup yang ada di dalamnya seperti manusia dan hewan. Padahal peran pohon sangatlah penting bagi kehidupan di bumi.

4. Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Banyak negara-negara di dunia yang masih memanfaatkan bahan bakar fosil seperti gas alam, batu bara, dan minyak bumi. Sampai sekarang, batu bara masih banyak dipergunakan oleh bergaam perusahaan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan menghasilkan asap hitam berbahaya bagi kesehatan manusia dan bumi. Sebab bahan bakar fosil mengandung banyak gas karbondioksida pula.

Ada salah satu contoh dari efek penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan adalah adanya suatu kejadian di Rusia yaitu hujan salju berwarna hitam. Salju hitam tersebut sempat membuat warga bingung.

Namun, setelah ditelusuri lebih dalam ternyata penyebabnya berasal dari partikel-partikel dari asap hitam pabrik. Partikel-partikel tersebut berwarna hitam dan bercampur dengan salju. Bahkan kandungan di dalamnya cukup berbahaya bagi kesehatan, karena terdapat kandungan karbondioksida.

5. Pembakaran Sampah Secara Berlebihan

Tahu nggak EDOOers, kalau pembakaran sampah yang berlebihan itu dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global. Kebiasaan membakar sampah rumah tangga, seperti botol plastik, kantong plastik, atau yang lainnya kemudian hasil pembakaran tersebut ditinggal begitu saja.

Padahal, sebenarnya jika plastik dibakar itu berbahaya, lho EDOOers. Selain plastiknya, hasil dari pembakaran yang dibiarkan begitu saja juga sangat berbahaya, karena akan dapat memunculkan gas metana yang juga sangat berbahaya bagi bumi tercinta ini.

Nah, demikianlah tadi pembahasan terkait penyebab pemanasan global di dunia. Guna menanggulangi pamanasan global, EDOOers bisa membuat gerakan-gerakan penanaman pohon atau berpikir kreatif untuk mendaur ulang sampah plastik. Berbagai buku, audio, video yang membahas pelajaran Biologi bisa didapatkan di EDOO. Silakan diakses dan semoga membuat lebih semangat belajar. Salam Literasi untuk Edukasi!