Skip to content

5 Jenis Rasa Malas yang Sering Dialami Oleh Siswa

Apakah EDOOers sering ada rasa malas ketika akan melakukan sesuatu hal? Pastinya sering, ya
hihihi. Eits, tapi EDOOers jangan berspekulasi jelek-jelek dahulu. Soalnya rasa
malas itu ternyata ada banyak jenis-jenisnya.

Meskipun sudah memiliki beragam rencana, tetapi waktu ingin dilaksanakan kok malas, ya. Alhasil, EDOOers tidak jadi melakukan apa-apa dan malah berujung rebahan seharian deh di
kamar. Bagi yang masih berstatus siswa, jenis-jenis malas tersebut umumnya timbul pada proses belajar.

Ada saja gangguan-gangguan saat ingin belajar, mulai dari smartphone, tontonan di televisi, sampai ajakan bermain dari teman yang membuat semakin kuat rasa malas untuk belajar. Apabila semakin dibiarkan begitu saja, rasa malas tersebut dapat membuat rencana
belajarmu berantakan.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), malas ialah ketidakmauan dalam bekerja ataupun ketidakmampuan dalam mengerjakan sesuatu. Lantas apakah berlaku malas merupakan
suatu tindakan yang salah? Salah apabila terlalu sering dilakukan cuma untuk
menunda-nunda pekerjaan yang positif. Malas tersebut dapat menyerang siapa pun
dan kapan pun, termasuk para siswa yang sedang belajar atau mengerjakan tugas.

 

Jenis-Jenis Malas dan Cara Mengatasinya

Berbicara mengenai jenis-jenis rasa malas, di bawah ini ada beragam jenis-jenis malas yang sering dialami oleh para siswa. Kira-kira EDOOers pernah mengalami jenis malas yang mana, ya? Yuk cari tahu!

1. Malas Karena Kurang Motivasi

Perasaan malas dapat muncul karena siswa tidak mempunyai motivasi, contohnya motivasi belajar. Apabila dibiarkan, jenis malas tersebut dapat membuat EDOOers tidak kunjung bisa merealisasikan impian serta target belajarnya yang telah dibuat.

Rasa malas yang disebabkan oleh kurangnya motivasi tersebut termasuk jenis rasa malas yang bisa diselesaikan dengan kemauan keras dari individunya. Artinya, apabila EDOOers tidak ingin berubah dan mencari sebuah motivasi belajar, tidak akan ada yang dapat membantu mengatasi rasa malas tersebut.

Jangan sampai EDOOers mempunyai rasa malas ini ya. Temukanlah motivasi belajar guna mengatasi rasa malas tersebut lewat hal-hal yang EDOOers sukai. Selain itu, EDOOers bisa memberikan self reward terhadap diri sendiri karena telah berhasil menyelesaikan tugas. Dijamin, EDOOers bakalan lebih semangat lagi untuk belajar!

 2. Malas Karena Depresi

Rasa malas yang kedua yakni rasa malas dikarenakan depresi. umumnya, orang yang malas disebabkan adanya depresi bersifat sangat dalam dan intens. Bahkan terkadang terjadi begitu saja dan disertai dengan perasaan sedih yang mendalam. Perasaan malas yang muncul karena deperesi, dapat berupa hilangnya minat dalam melakukan sesuatu atau minat belajar, konsentrasi terganggu, kurang energi, dan timbulnya rasa bersalah.

Jenis rasa malas tersebut, seringkali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Terkadang, EDOOers hanya merasa malas saja dan tidak sadar jika saat itu sedang mengalami stres atau depresi. Apabila EDOOers dalam situasi tersebut, cara mengatasinya adalah kamu bisa melakukan yaitu dengan terlebih dahulu menyembuhkan depresi yang kamu alami.

Guna menyembuhkan depresi tersebut, mintalah bantuan profesional seperti halnya psikiater atau psikolog untuk menyembuhkannya. Hindarilah self diagnostic karena dapat berdampak buruk kepada kesehatan mentalmu.

3. Malas Karena Suhu/Cuaca

Pernahkah EDOOers merasa malas dalam belajar ketika cuaca terlalu panas atau terlalu dingin? faktanya, cuaca yang ekstrem, baik itu terlalu panas maupun terlalu dingin dapat memicu rasa malas pula. Hal tersebut dikarenakan cuaca bisa mempengaruhi mood atau perasaan seseorang.

Sebab, setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap sebuah perubahan cuaca yang terjadi. Ada tipe orang yang tidak dapat fokus belajar ketika cuaca panas, ada pula orang yang konsentrasi belajarnya mudah terganggu ketika cuaca terlalu dingin.

Perlu EDOOers ketahui, pada cuaca yang begitu ekstrem, tubuh manusia akan membutuhkan banyak energi dalam mengontrol suhu. Perasaan malas juga dapat muncul akibat energi yang terkuras karena perubahan suhu yang tiba-tiba.

Perasaan malas tersebut wajar, selama tidak menyebabkan kelelahan yang sangat. Cara mengatasinya adalah dengan menemukan waktu terbaik saat cuaca sedang bersahabat dengan kondisi tubuhmu yang prima, atau dengan memberanikan diri memilih melawan rasa malas tersebut.

4. Malas Karena Kelelahan Fisik

Kelelahan fisik juga dapat menjadi pemicu rasa malas, lho EDOOers. Bahkan rasa malas ini menjadi jenis rasa malas yang paling umum yang dialami oleh para siswa. Misalnya saja bagi siswa yang sedang belajar intensif guna mempersiapkan ujian atau tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Apabila EDOOers sedang terlalu sibuk dalam mempelajari materi pelajaran yang sangat menguras energi, bukan tidak mungkin EDOOers akan kelelahan hingga timbul rasa malas.

Umumnya, rasa malas yang disebabkan oleh kelelahan fisik disertai dengan gejala nafsu makan yang berkurang, burn out, dan nyeri otot. Kondisi tersebut dapat berdampak sangat buruk bagi kesehatanmu EDOOers. Jika terus menerus dibiarkan, satu-satunya cara untuk mengatasi rasa malas tersebut yaitu dengan istirahat semaksimal mungkin.

5. Malas Karena Merasa Sudah Cerdas

Jenis rasa malas yang kelima adalaha rasa malas dikarenakan sudah merasa cerdas. Rasa malas ini sering dihubung-hubungkan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Bahkan, ada yang sering bilang kalau orang cerdas cenderung pemalas. Namun, bukan berarti setiap orang pemalas itu cerdas ya, EDOOers.

Umumnya, dalam golongan ini orang yang malas, tidak ingin terlalu repot dalam mengerjakan suatu hal. Alhasil, mereka malah memunculkan ide-ide kreatif yang bisa diterapkan dalam menyelesaikan sesuatu hal secara lebih mudah dan efisien.

Menurut EDOO, orang malas jenis ini termasuk sebagai orang malas yang mempunyai keinginan untuk berubah. Jika EDOOers termasuk memiliki malas jenis ini, EDOOers tidak akan menjadikan waktu berhargamu hanya untuk bermalas-malasan tanpa hasil yang begitu jelas. Sebaliknya, EDOOers akan mencari jalan keluar yang paling efisien dan efektif guna mencapai tujuan secara mandiri serta mengalahkan semua rasa malas.

Itu tadi 5 jenis rasa malas yang sering dialami oleh siswa dan cara-cara mengatasinya. Nah, jenis rasa malas mana yang sering menghampiri EDOOers? Semoga jenis rasa malas yang tidak merugikan ya. Meskipun, rasa malas tidak dilarang, tetapi tetap tidak diperbolehkan untuk dilakukan secara berlebihan ya, apalagi saat belajar. Semangat! Salam Literasi untuk Edukasi.