Skip to content

5 Film Sarat Makna yang Wajib Ditonton Saat Liburan Sekolah

Masih dalam suasana liburan sekolah, menonton film bisa menjadi kegiatan seru yang tidak boleh
EDOOers sampai lewatkan! Tidak cuma menawarkan hiburan semata, sebuah film idealnya mengandung nilai-nilai yang sarat makna dan bisa dipelajari. Kali ini EDOO akan merekomendasikan beberapa film sarat makna yang bisa membangkitkan semangat EDOOers untuk termotivasi mencapai tujuan hidup.

Film sarat makna adalah film yang membuat para penontonnya dapat melihat sesuatu secara berbeda. Film sarat makna bisa menghibur, mendidik, sekaligus dapat menginspirasi. Selain itu, menonton film tidak hanya sebagai kegiatan penghilang stres saja, akan tetapi juga sebagai sumber inspirasi.

Berkat menonton film yang penuh makna, penonton bisa lebih memahami beragam situasi dan kondisi, sehingga bisa terbantu jika di kemudian hari sedang mengalami situasi atau kondisi tersebut. Selain itu, film sarat makna terkadang juga mengangkat berbagai macam isu-isu penting yang relevan.

Nah, berikut ini terdapat lima rekomendasi film sarat makna untuk mengisi liburan sekolahmu EDOOers. Mau tahu apa saja rekomendasi film yang penuh makna pilihan kami? Yuk langsung saja cek list film-film tersebut di bawah ini ya, EDOOers!

1. Wonder (2017)

Film sarat makna pertama yang akan dibahas berjudul Wonder. Film yang dirilis tahun 2017 ini kisahnya diangkat langsung dari buku yang masuk dalam salah satu New York Times bestsellers. Cerita dalam film ini terkait kehidupan seorang anak, bernama August (Auggie) Pullman yang mempunyai tampilan fisik berbeda jika dibandingkan dengan anak pada umumnya.

Pada film tersebut, EDOOers akan diajak untuk melihat bagaimana perjuagan Auggie yang memiliki fisik yang berbeda dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang dianggapnya normal, sebab sebelumnya Auggie memilih untuk home schooling. Akhitnya, pada usianya yang ke-sepuluh tahun, Auggie memutuskan untuk bersekolah di sekolah umum.

Tidak jarang, dalam kehidupannya sehari-hari, Auggie harus berhadapan langsung dengan tindakan bullying dari teman-temannya saat di sekolah. Berkat film ini, EDOOers diberikan sebuah stimulus pelajaran hidup, supaya tetap bertindak baik pada siapa pun itu. Selain itu, pada film ini EDOOers akan diajarkan untuk menjadi bahagia dengan cara kita masing-masing dengan sikap menerima terhadap keadaan dan selalu mensyukuri terhadap segala apa yang dipunyai.

2. Toy Story Sequel

Toy Story merupakan sebuah film animasi yang penuh makna dan nilai di setiap ceritanya. Film ini banyak menorehkan keberhasilan sejak awal kisah Toy Story 1 (1995) sampai Toy Story 4 sebab jalan cerita apik yang disuguhkan.

Pada setiap film Toy Story selalu mengkisahkan cerita utama tentang keluarga, persahabatan, dan kehilangan. Seeperti halnya, dalam film Toy Story 4 yang mengajarkan nilai-nilai utama dalam kehidupan. Terdapat sebuah kutipan menarik yaitu “You’ve got a friend in me”, kutipan yang terdapat pada sequel film Toy Story tersebut mengajarkan tentang kesetiakawanan.

Setiap petualangan maupun perjalanan para tokoh di dalam filmnya, ada berbagai macam hal yang kemudian bisa memperkuat persahabatan para the toys. Nah, EDOOers jangan sampai tidak menonton film Toy Story ya, agar EDOOers bisa menjadi salah satu saksi persahabatan mereka, ya!

3. The Pursuit of Happyness (2006)

Film The Pursuit of Happyness merupakan sebuah film yang didasarkan dari kisah nyata seorang pria bernama Christopher Gardner. Gardner berjuang dalam hidupnya dengan menginvestasikan sebuah perangkat bernama “pemindai kepadatan tulang”. Pada awalnya, ia merasa sudah berhasil menjual perangkat tersebut. Namun, takdir berkata lain penualan alat pemindai kepadatan tulang tersebut kalah dengan alat x-ray yang lebih canggih.

Ketika Gardner sedang berjuang dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan, istrinya malah meninggalkannya dan malangnya dia kehilangan apartemennya pula. Akhinya, Gardner harus tinggal di jalanan bersama putranya dan terus-terusan menjual alat pemindai kepadatan tulangnya.

Selain itu, Gardner juga mencoba untuk magang kerja tanpa bayaran sebagai pialang saham dengan kesempatan tipis untuk menjadi karyawan tetap. Dia diharuskan untuk mengguli sebuah kompetisi selama 6 bulan pelatihan, dan menjual perangkatnya sebelum menerima bayaran agar tetap bertahan.

4. The Karate Kid (2010)

Siapa yang nggak tahu film satu ini, pastinya semua tahu film yang mempunyai soundtrack lagu dari Justin Bieber berjudul “ Never Say Never “ ini. Film yang dirilis pada tahun 2010 ini perankan oleh Jaden Smith dan Jackie Chan. Film The Karate Kid ini mengisahkan tentang kedisiplinan dan keteguhan dalam proses belajar apa pun itu.

Selain itu, film ini menceritakan tentang bagaiamana menjadi manusia harus bisa mengasihani antar sesame, nilai sebuah pertemanan juga ditonjolkan dalam film ini. Jaden Smith atau Dre dalam film ini menjadi korban perundungan oleh teman-temannya di sekolah, tetapi ia tetap tumbuh menjadi seseorang yang pemaaf.

5. Hidden Figures (2016)

Film sarat makna kelima yaitu Hidden Figures, yaitu sebuah film yang diadaptasi dari buku dengan judul yang sama dan ditulis oleh Margot Lee Shetterly. Film Hidden Figures mengisahkan sekelompok matematikawan wanita keturuanan Afrika-Amerika yang bekerja di NASA selama Space Race.

Setting waktu saat negara Amerika Serikat sedang berlomba melawan Rusia untuk menempatkan seorang pria di luar angkasa, tetapi pihak NASA menemukan suatu bakat tersembunyi pada sekelompok matematikawan wanita keturunan Afrika-Amerika yang cemerlang.

Tiga wanita yang dimaksud tersebut ialah Mary Jackson, Dorothy Vaughan, dan Katherine Gobels Johnson. Ketiga Wanita tersebut harus berjuang melawan diskriminasi sosial, diskriminasi gender dan ras, supaya cita-cita, keinginan, dan kecemerlangan mereka dalam bermimpi besar dapat melampaui apa pun yang pernah diraih sebelumnya oleh umat manusia.

Jadi, gimana? Semoga EDOOers suka dengan beberapa daftar rekomendasi film sarat makna dari EDOO yang sudah disebutkan di atas. Mumpung masih liburan, yuk coba marathon nonton film-film tersebut, EDOOers. Tapi, ingat ya! Apabila nanti sudah masuk sekolah belajarnya harus lebih rajin lagi ya! Supaya belajarnya semakin semangat lagi, jangan lupa belajarnya pakai EDOO ya!