Skip to content

5 Daftar Kota Terbersih di Indonesia Tahun 2023

Sebuah kota bisa dikatakan nyaman untuk ditinggali, terkadang juga dipengaruhi oleh tingkat kebersihan yang ada di sana. Bayangkan saja kalau keadaan suatu kota dipenuhi dengan sampah, jangankan para wisatawan, warganya sendiri pun jadi ogah buat tinggal di kota tersebut. Oleh karena itu, kali ini EDOO akan mengajak EDOOers untuk mengetahui daftar-daftar kota terbersih di
Indonesia tahun 2023 ini.

Kota bersih bisa diartikan sebagai kota yang mempunyai tingkat kebersihan yang baik serta tinggi. Hal tersebut dapat dicapai dengan upaya pemeliharaan lingkungan yang efektif, di antaranya meliputi pembuangan sampah yang baik, pembersihan jalan, dan pengelolaan air serta limbah yang baik.

Kota yang dinobatkan sebagai kota terbersih di Indonesia bisa mencakup adanya inisiatif guna mengurangi polusi udara dan suara. Selain itu, juga mencangkup promosi gaya hidup yang sehat serta ramah lingkungan.

Selain itu, kota terbersih sering pula dikaitkan dengan sebuah konsep tentang smart city, yang mencakup pemanfaatan teknologi guna membuat kota lebih ramah lingkungan, efisien, dan nyaman bagi warganya. Hal tersebut bisa meliputi penerapan internet of things (IoT), pengelolaan energi yang efisien, kendali trafik cerdas, dan sistem transportasi cerdas.

Menjadi salah satu kota yang dinobatkan sebagai kota terbersih merupakan sebuah kebanggan bagi penduduk dan pemerintahnya. Namun, hal itu menjadi sebuah PR berat bagi pemerintah guna membuat kawasan di kotanya menjadi kota paling bersih. Demikian, perlu adanya sebuah kerjasama yang baik antara warga dengan pemerintah setempat untuk bisa saling menyadari pentingnya suatu kebersihan di kotanya.

5 Kota Terbersih di Indonesia yang Terbaru

Terdapat 5 daftar kota terbersih di Indonesia yang dinobatkan pada tahun 2023 ini. Kira-kira kota apa manakah itu? Simak pembahasannya pada artikel ini sampai selesai ya!

1. Makassar

Kota terbersih yang menduduki peringkat pertama yaitu kota Makassar. Ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu kota paling bersih di Indonesia.

Pemerintah kota Makassar sudah berupaya keras guna meningkatkan kualitas lingkungan dengan melakukan berbagai macam program pembersihan, di antaranya seperti penanaman pohon di berbagai area dan pembuangan sampah secara teratur.

Selain itu, pemerintah kota Makassar juga sudah mengambil sebuah keputusan serta tindakan guna mengurangi polusi udara dan air dengan mengatur semua kegiatan industri dan transportasi.

Penduduk kota Makassar sendiri juga diajak untuk berpartisipasi dan ikut berperan dalam menjaga kebersihan kota. Salah satu upayanya dengan melakukan kegiatan sosial yang berkaitan erat dengan pembersihan lingkungan. 

2. Kota Malang

Sebuah kota yang identik sebagai kota yang sejuk, karena daerahnya diapit oleh pegunungan, Kota Malang juga merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia, lho EDOOers.

Kota malang mempunyai sebuah program pembersihan yang sangat ketat dan teliti. Selain itu, kota ini juga memiliki beberapa area yang ditetapkan sebagai “zona hijau” yang dilindungi dari polusi.

Selain itu, kota Malang juga mempunyai program pemilahan sampah yang terbilang efektif dan efisien, serta pemerintahnya mempromosikan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Kota yang mempunyai julukan kota pendidikan ini, juga mempunyai sejumlah taman serta wahana rekreasi yang indah dan bersih, yang membuat kota tersebut menjadi kota yang menyenangkan untuk dikunjungi atau untuk ditinggali.

3. Tangerang

Kota terbersih di Indonesia berikutnya yaitu kota Tangerang. Kota Tangerang merupakan salah satu kota penyangga ibu kota yang terletak disebelah barat DKI Jakarta. Tangerang juga merupakan sebuah kota terbesar di provinsi Banten.

Kota Tangerang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang mempunyai tingkat kebersihan yang tinggi di Indonesia. Hal tersebut bisa tercapai, berkat beberapa Upaya yang dilakukan oleh pemkot Tangerang, di antaranya seperti dengan melakukan pembersihan jalan dan taman, serta adanya pengembangan sistem pengelolaan sampah yang lebih efektif efisien.

Selain itu, pemerintah kota Tangerang sendiri juga telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dan organisasi masyarakat guna meningkatkan kesadaran penduduknya terkait pentingnya kebersihan.

4. Surabaya

Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia ini juga termasuk kota terbersih di Indonesia. Kota yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur ini dikenal sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia, karena pihak pemerintah setempat berupaya keras dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kota Surabaya memiliki sejumlah taman yang tampak asri, segar, dan hijau di sepanjang jalan rayanya. Yang tampak indah dan elok untuk dipandang mata.

Tidak hanya itu, kota Surabaya juga pernah menjadi salah satu dari kota di dunia yang memperoleh sebuah penghargaan yaitu “ The Sustainable Cities and Human Settlements (SCHSA)” yang didukung secara langsung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penghargaan tersebut bisa diperoleh karena kota Surabaya mempunyai sistem pengelolaan sampah terpadu yang sangat baik yang dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

5. Palembang

Kota yang dikenal karena adanya sungai Musi dan jembatan Amperanya ini termasuk salah satu kota terbersih di Indonesia, lho EDOOers. Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia yang menggalangkan sistem modern dalam meningkatkan kebersihan dan menjaga lingkungan.

Kota Palembang justru hanya memanfaatkan budaya gotong royong masyarakatnya dalam menyabet penghargaan sebagai salah satu kota terbersih tersebut. Sebuah Ikatan kebersamaan di kota Palembang ini sangat kuat, membuat masyarakatnya dari segala kalangan, rela gotong royong saling membantu dalam mewujudkan kota yang bersih.

Selain itu, kota Palembang juga pernah memperoleh penghargaan Environmental Sustainable City (ESC) pada tataran ASEAN. Kota Palembang ini juga berhasil menyediakan kebutuhan air bersih untuk warganya dengan target mencapai 80% dan diperluas lagi sampai 90% warga Palembang dapat memperoleh air bersih.

Nah, itulah tadi 5 daftar kota terbersih di Indonesia versi EDOO yang tentunya akan membuat
EDOOers semakin betah untuk mengunjungi kota-kota tersebut. Apakah ada kota yang
masuk kategori favorit EDOOers? Share di kolom komentar ya!