Skip to content

Top 5 Ranking Film Studio Ghibli Terbaik

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

EDOOers yang menyukai film animasi, pastinya sudah tidak asing dengan rumah produksi bernama Studio Ghibli. Yap, studio tersebut terkenal dengan banyak memproduksi film-film animasi yang menawarkan cerita yang menarik. Bahkan, beberapa film dari Studio Ghibli sudah terkenal sampai tingkat internasional. Nah, kali ini kita akan membahas top 5 ranking film Studio Ghibli yang terbaik, tetap pantengin terus ya EDOOers!

Studio Ghibli merupakan rumah produksi yang sudah memproduksi sekitar 29 film animasi. Studio film yang basis operasinya berada di Tokyo, Jepang tersebut memproduksi film-film animasi yang mengandung unsur-unsur imajinatif, inspiratif, provokatif, emosional, dan telah memperoleh pujian yang cukup luas dari seluruh dunia.

Film-film animasi dari Studio Ghibli terbilang sukses memikat hati para penontonnya melalui cerita yang relate dengan kehidupan sehari-hari dan kandungan pesan moral. Studio yang sudah ada sejak tahun 1985 ini, terkenal lewat karya filmnya yang memuat detail indah dengan taburan karakter-karakter menyenangkan serta cerita yang terbilang menarik. 

Film dari Studio Ghibli sangat dicintai seantero dunia, karena dedikasi sang penciptanya terhadap gaya penceritaan yang hebat, karakter yang mudah untuk diingat, dan gaya animasi yang indah.

Sedangkan, otak di balik suksesnya berbagai film animasi garapan Studio Ghibli ini ialah Hayao Miyazaki sang produser, sutradara, animator dan pendongeng kawaka asal Jepang. Sekitar tahun 1990, ia menelurkan beragam karya film paling sukses dalam sejarah Jepang dan mencatatkannya dalam banyak rekor box-office.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Dari banyaknya deretan film Studio Ghibli, berikut ini urutan ranking film Studio Ghibli dari ranking tertinggi ke yang terendah versi EDOO. Yuk, manfaatkan waktu luangmu di akhir pekan dengan menonton film seru yang bikin EDOOers kecanduan!

1.     Kiki’s Delivery Service (1989)

Film Studio Ghibli yang menduduki ranking pertama ini adalah film yang mengisahkan tentang seorang penyihir muda bernama Kiki yang menjalankan sebuah usaha bisnis delivery service. Bisnis tersebut ia jalankan dengan modal sapu terbangnya. Yaps benar sekali, Kiki mengantarkan kue-kue dari bakery yang berada di pinggiran kota.

Pada film ini diceritakan pula bahwa Kiki juga mempunyai teman yang bernama Tombo yang merupakan manusia biasa. Namun, ia sering memperoleh masalah, karena mulai kehilangan kemampuannya dalam terbang.

Film Kiki’s Delivery Service ini memiliki estetika visual yang luar biasa, naskah film yang banyak memberikan pelajaran hidup tapi tidak terkesan repetitif dan tidak terkesan menceramahi. Pada film ini juga, developing karakter Kiki dipoles dan dieksekusi dengan sangat baik.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

2. Spirited Away (2001)

Pada posisi kedua diduduki oleh film Spirited Away, film ini dapat disebut sebagai salah satu film animasi paling populer sepanjang masa, sekaligus menjadi film Studio Ghibli dengan rating paling tinggi.

Film ini menceritakan kisah Chihiro seorang anak perempuan berumur 10 tahun, yang terjebak di dunia lain bersama orang tuanya yang menjelma menjadi babi karena pengaruh sifat tamak. Akhirnya Chihiro menyadari bahwa alam yang ia masuki adalah tempatnya para roh dan menyimpan banyak marabahaya. 

Spirited Away merupakan film yang sempat menorehkan prestasi luar biasa dalam industri perfilman. Bahkan, film yang berdurasi 2 jam 5 menit tersebut telah memenangkan 58 kategori dan 31 nominasi dalam berbagai ajang perfilman, salah satunya yaitu Best Animated Feature dalam ajang Academy Awards.

Salah satu film Studio Ghibli yang mengembang premis unik. Spirited Away mampu memiliki bentuk karakter iconic dan punya kreativitas desain yang wow banget. Selain itu, film ini didukung pula dengan penceritaan yang lebih berbobot.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

3. My Neighbor Totoro (1988)

Film My Neighbor Totoro berpusat langsung pada kisah dua gadis muda kakak beradik yang diharuskan merawat ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit dan melakukan adaptasi di lingkungan rumah baru mereka.

Terdapat pohon besar tempat tinggal Totoro, di dekat rumah baru mereka. Kakak beradik tersebut saat menyukai Totoro yang sangat baik hati. Karya film klasik Hayao Miyazaki ini merupakan sebuah masterpiece perjalanan manis kembali ke masa kanak-kanak. 

Film dari Studio Ghibli yang manis tersebut menonjolkan suguhan keindahan alam pedesaan dari sudut pandang anak-anak. Adegan di sore hari musim panas di film ini begitu memberikan ketenangan bagi penonton, karakterisasi yang menyenangkan, serta lahirnya karakter ikonik yaitu Totoro mengisi kesempurnaan film My Neighbor Totoro dengan kehangatan dan pesona indah yang memikat.

Miyazaki melahirkan kisah yang hampir sempurna terkait harapan, kepolosan, kegembiraan menjadi seorang anak, kesenangan, ketulusan, dan kasih sayang orang tua yang apabila kita menontonnya akan membekas lama di hati.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

4. Ponyo (2008)

Peringkat keempat dari film terbaik Studio Ghibli diduduki oleh film berjudul Ponyo. Ponyo adalah sebuah film yang menyenangkan dan ringan, sehingga cocok untuk EDOOers yang sedang butuh refreshing dan healing di akhir pekan. 

Ponyo berkisah tentang seorang putri ikan mas ajaib yang kabur dari ayahnya dan sangat ingin hidup di dunia daratan. Putri ikan mas ajaib tersebut akhirnya berteman dengan anak laki-laki berusia 5 tahun di permukaan. 

Penceritaan film ini ringan, membuat Ponyo dapat memberikan kenyamanan bagi penontonnya di semua rentang usia. Bentuk-bentuk karakter makhluk laut yang gemes dalam film ini dan visual yang begitu detail, cakep, dan sangat mengagumkan.

EDOOers pun bisa terpikat jatuh hati dengan karakter Ponyo dalam film ini. Pada film ini ada pengaruh Little Mermaid yang berat serta metafora terkait polusi dan pelestarian laut. Ponyo ialah sebuah petualangan manisa dan magis yang sangat menarik.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

5. Howl’s Moving Castel (2004)

Film Howl’s Moving Castel menceritakan tentang seorang gadis bernama Sophie yang mengalami kegalauan, karena dikutuk menjadi nenek tua oleh Witch of the Waste (Penyihir Sampah). Lantas, Ia melakukan sebuah perjalanan untuk mencari obat penyembuh dan menuntunnya ke dalam kotak milik penyihir bernama Howl yang terkenal.

Howl’s Moving Castel menajdi film apik karena dibangun dari gagasan-gagasan dan persepsi-persepsi versus kenyataan. Selain itu, dalam film ini menyuguhkan penafsiran banyak karakter yang berubah-ubah dari awal cerita sampai akhir cerita dengan dukungan penceritaan yang dinamis.

Film ini membawakan cerita terkait identitas dan cara menemukan cinta dalam berbagai macam bentuk. Visual dalam film ini tersaji dengan cakep dan detail banget, serta nuansa magis terasa begitu kental di film animasi ini. Howl’s Moving Castel bakalan memuaskan EDOOers, terkhusus bagi para pecinta film dengan elemen fantasy.

[Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Itulah tadi
pembahasan mengenai top 5 ranking Film Studio Ghibli terbaik versi EDOO, dari
peringkat satu hingga kelima. Rekomendasi film Studio Ghibli di atas tersebut
dapat menjadi pilihan bagi EDOOers dalam mengisi waktu libur di akhir pekan,
lho. Salam Literasi untuk Edukasi.