Skip to content

Mind Mapping: Solusi Efektif untuk Tingkatkan Pemahaman Siswa

EDOOers, pernah nggak sih merasa bosen belajar gara-gara catatan materi pelajaran yang kurang rapi? Jika sudah begini, cara mencatat yang efektif dan kreatif guna memetakan
pikiran ialah metode yang wajib kalian coba. Metode pemetaan pikiran tersebut
dinamakan mind mapping.

Umumnya siswa sering menghafal materi pelajaran secara tekstual. Mereka menghafal pengertian, pendapat ahli, serta definisi-definisi tertentu tentang materi pelajaran. Metode menghafal memang menjadi salah satu pilihan yang tepat, pada proses pemahaman konsep. Namun, dalam penerapannya, menghafal setiap bagian per bagian materi pelajaran secara teoritis cuma akan menjadi metode short-time, menguap begitu saja, dan sifatnya hanya sementara.

Nah, salah satu solusi yang bisa diandalkan ialah supaya setiap siswa mempunyai pemahaman yang kompleks dan berkelanjutan dengan mempraktekkan metode mind mapping. Berkat metode tersebut EDOOers bisa memetakan satu bagian dengan bagian lainnya secara utuh. Selain itu, metode tersebut terbukti pula lebih ampuh guna mempertajam daya ingat para siswa.

Apa Itu Mind Mapping?

Secara umum, mind mapping bisa dipahami sebagai sebuah metode belajar yang dirancang untuk memetakan sebuah informasi dalam bentuk grafis. Mind mapping adalah sebuah metode belajar yang efektif dan kreatif dengan mengembang tujuan untuk meringankan para siswa dalam mengingat informasi dan pengetahuan yang telah didapatkan.

Sedangkan, menurut Tony Buzan selaku penemu metode mind mapping, pemetaan pikiran merupakan salah atau cara dalam mengembangkan kegiatan berpikir dari seseorang, mulai dari yang awalnya satu arah menjadi ke segala arah, serta bisa mengambil berbagai macam pikiran ke dalam berbagai bentuk sudut pandang.

Sementara itu, contoh dari mind mapping yang paling banyak digunakan, di antaranya meliputi gambar, membuat garis percabangan, ataupun kata kunci yang berkaitan dengan ide utama atau sebuah konsep. Pemetaan yang dimaksud tersebut haruslah berkaitan antara satu sama yang lain, tidak diperkenankan dibuat acak maupun tidak sesuai dengan ide utama. 

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Manfaat Mind Mapping Bagi Siswa

Metode pembelajaran mind mapping menggunakan kata kunci (keyword) sebagai acuan. Kata kunci atau keyword tersebut dijadikan sebagai alat untuk mengorganisasikan berbagai pemikiran yang tentunya memiliki relasi antara satu sama lain. Nah! berikut beragam manfaat yang bisa siswa dapatkan apabila mempraktekkan metode mind mapping dalam proses belajarnya. Yuk, simak uraian di bawah ya!

1. Memperkuat Ingatan Siswa

Salah satu keunggulan dan manfaat dari mind mapping ialah dapat memperkuat ingatan siswa. Mind mapping bisa membantu siswa dalam menyusun ide-ide dan mengurutkan sebuah materi pelajaran dalam bentuk visual dan terstruktur, sehingga bisa mempermudahkan para siswa dalam mengingat relasi yang terbentuk antar konsep yang satu dengan konsep yang lainnya. Hal tersebut yang bisa meningkatkan daya ingat para ssiwa. 

Berkat menyusun sebuah informasi atau materi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dalam bentuk ringkasan visual yang menarik. Para siswa bisa lebih mudah dalam memahami dan mengingat detail-detail yang spesifik, yang dapat berguna ketika mereka belajar dan ingin mengingatnya kembali.

2. Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Berkat menerapkan metode mind mapping dalam pengolahan dan penyajian informasi-informasi penting dari sebuah konsep. Contohnya saja dalam menggunakan bentuk grafis yang berisi kata kunci (keyword), gambar, dan frasa penting secara tak langsung akan mengasah kreativitasmu pula.

Selain itu, dengan mempraktekkan metode mind mapping akan membuat EDOOers lebih produktif. Saat menggunakan mind mapping, EDOOers perlu memilih warna, menentukan model percabangan, menentukan kata kunci (keyword), dan memilih kalimat-kalimat penting. Selanjutnya, proses tersebut bisa menjadi motivasi bagi EDOOers untuk lebih bisa produktif dan membuat kegiatan belajar menjadi semakin menarik serta tidak membosankan.

3. Melatih Ketelitian Siswa

Membuat sebuah mind mapping dengan mandiri, secara tak langsung akan melatih kemampuan EDOOers dalam segi pengaturan informasi yang didapat. Melalui sebuah proses pembacaan lalu memilah dan memilih poin-poin penting dalam sebuah materi pelajaran.

Seorang siswa akan lebih teliti dalam memahami sebuah konsep. Siswa akan lebih selektif, terkoordinir, dan eksploratif dalam menyerap materi pelajaran. Hal tersebut sangatlah penting mengingat siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memilah maupun memilih, materi apa saja yang sebetulnya perlu dan tidak perlu untuk pahami dengan lebih mendalam.  

4. Memudahkan Siswa dalam Memahami Kata Kunci Pembelajaran

Hal yang menjadi poin terpenting dalam metode mind mapping adalah efisiensi dalam memahami materi pelajaran. Meskipun, pada sisi lain penggunaan mind mapping lebih sefektif dan efisien, tetapi hal tersebut tidak mengurangi substansi dari materi pelajaran yang diajarkan.

Berkat metode mind mapping, para siswa bisa lebih berfokus pada kata kunci (keyword) yang menjadi inti dari materi pelajaran. Selain itu, melalui mind mapping, siswa bisa begitu mudahnya dalam memetakan beberapa hal yang dianggap lebih penting dan substansial dalam materi pelajaran. Oleh sebab itu, pemahaman para siswa akan lebih kompleks serta berkelanjutan. 

5. Menghemat Waktu

Lewat pembuatan mind mapping yang terstruktur dan rapi, akan mempermudah dan menghemat waktu dalam mempelajari ulang sebuah materi pelajaran yang telah dibaca sebelumnya. Demikian, EDOOers dapat memanfaatkan sisa waktunya untuk mempelajari materi pelajaran yang berbeda.

Metode mind mapping bisa diterapkan dalam berbagai macam hal pula, lho EDOOers. Tak hanya dapat diterpakan sebagai pembelajaran dalam sebuah materi sekolah maupun kuliah. Metode mind mapping ini sangat efektif guna menyusun rencana bisnis maupun pemasaran (marketing).

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Itulah tadi
pembahasan mengenai pengertian dan manfaat dari mind mapping yang dapat menjadi
solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Berdasarkan penjelasan di
atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa metode mind
mapping merupakan senjata yang sangat ampuh dalam memudahkan siswa
memahami suatu materi pelajaran.
Selain itu, dengan
menerpakn metode tersebut, siswa akan jauh lebih terlibat dalam proses
pembelajaran, sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar mereka. Siswa yang
mempunyai motivasi belajar yang tinggi dan baik bisa mencapai potensi
optimalnya.