Skip to content

5 Kota Paling Sepi di Indonesia, Apakah Kamu Tertarik Untuk Tinggal?

Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Nusantara juga
mempunyai ribuan pulau serta wilayah yang sangat luas. Meskipun begitu, pemerataan
penduduk di Indonesia kondisinya masih belum maksimal. Bahkan ada lho EDOOers,
kota paling sepi di Indonesia, yuk cari tahu bersama!

Terdapat beberapa kota yang mempunyai penduduk yang sangat banyak, tetapi ada pula beberapa daerah yang mempunyai jumlah penduduk sangat sedikit padahal daerahnya cukup luas. Kota-kota tersebut sering dijuluki sebagai kota paling sepi di Indonesia, karena minimnya kegiatan serta keramaian. 

Bahkan, menurut data yang dikemukakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada tahun 2019 menerangkan, sebagian besar penduduk Indonesia berpusat dan berdomisili di Pulau Jawa dengan persentasi lebih dari 50%. Sementara itu sisa penduduk lainnya bertempat tinggal di beberapa pulau lain dengan persentase yang lebih kecil.

5 Kota Paling Sepi di Indonesia

Apa saja sih kelima kota paling sepi di Indonesia tersebut? Penasaran dengan kota apa saja yang dijuluki sebagai kota paling sepi di Indonesia? Kita cari tahu bersama, yuk EDOOers!

1. Subulussalam (Aceh)

Subulussalam merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Aceh yang memiliki wilayah luas. Kota ini mempunyai julukan sebagai Kota Ibadah. Ukuran wilayah dari kota Subulussalam tergolong besar, yaitu mencapai 1.391 km² atau hampir dua kali lipat dari luas wilayah DKI Jakarta yang hanya 661 km². 

Namun, Kota Subulussalam cuma mempunyai penduduk sejumlah 67 jiwa per km persegi saja. Walaupun, kota Subulussalam menempati peringkat keempat sebagai kota terluas di Indonesia dan mempunyai banyak potensi wisata yang menarik. Misalnya saja seperti Danau Laut Tawar dan Pantai Suka Makmue, tetapi kota tersebut tergolong kota sepi dan masih belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

2. Tidore Kepulauan (Maluku Utara)

Sebuah kota yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah khas Indonesia yaitu pala dan cengkih. Kota Tidore Kepulauan hanya memiliki penduduk mencapai 70 jiwa per km persegi. Kota yang berada di Provinsi Maluku Utara ini termasuk salah satu kota yang tergolong sepi di Indonesia.

Meskipun begitu, kota ini juga mempunyai segudang potensi wisata bahari yang sangat menarik, seperti halnya Pulau Tidore dan Pantai Dodola. Pada zaman dahulu, lebih tepatnya era kolonialisme, kota Tidore Kepulauan sangat terkenal di dunia, karena menjadi salah satu daerah pemasok serta menjadi pusat rempah-rempah terkemuka di Indonesia.

3. Palangka Raya (Kalimantan Tengah)

Kota yang pernah menjadi kandidat sebagai Ibukota Baru Indonesia ini hanya berpenduduk sekitar 119 jiwa per km persegi. Padahal jika dilihat luas wilayah dari kota Palangka Raya cukup besar yaitu 2.853 km². Namun, kenyataanya kota Palangka Raya menjadi kota tersepi di Pulau Kalimantan dan dan menduduki peringkat ketiga kota paling sepi di Indonesia.

Kota Palangka Raya adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Tengah. Palangkaraya juga mempunyai banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya seperti Danau Sembuluh dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

4. Dumai (Riau)

Dumai merupakan sebuah kota di Indonesia yang dikenal sebagai kota minyak. Selain itu, kota Dumai juga dikenal sebagai salah satu kota paling sepi di Indonesia, karena jumlah penduduk sekitar 199 jiwa per km persegi. 

Dumai adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Riau. Walaupun, kota Dumai mempunyai beragam potensi wisata Bahari yang menakjubkan seperti Pantai Teluk Makmur dan Pulau Bakau, selain itu juga didukung oleh mobilitas pelabuhan laut yang cukup sibuk, tetapi kota Dumai ini masih tergolong sebagai kota sepi.

5. Pagar Alam (Sumatera Selatan)

Kota yang masuk peringkat kelima dalam kota paling sepi di Indonesia ialah kota Pagar Alam yang berada di provinsi Sumatra Selatan. Kota Pagar Alam hanya dihuni oleh penduduk sebesar 233 jiwa per km persegi dengan luas wilayah yang mencapai 634 km².

Luas wilayah dari kota Pagar Alam sendiri tergolong besar dan setara dengan luas wilayah DKI Jakarta. Terdapat pula beragam potensi wisata alam yang ada di kota Pagar Alam yang masih belum banyak diketahui wisatawan, di antaranya seperti Danau Pagaralam dan Gunung Dempo.

Nah, itulah tadi kelima kota paling sepi di Indonesia, dari kelima kota tersebut, manakah kota
yang ingin EDOOers kunjungi untuk liburan mencari keheningan? Atau bahkan
EDOOers ingin pindah dan menjadi salah satu penduduknya? Yuk share di kolom
komentar ya!