Skip to content

Yuk Simak! 5 Etika Dasar di Tempat Umum yang Wajib Diterapkan

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Kepribadian seseorang tercermin dari caranya bersikap dan memperlakukan orang lain. Salah satu aspek yang menentukan penilaian seseorang di mata orang lain ialah mengenai etika dasar di tempat umum yang perlu dibiasakan sejak dini.

Menjaga etika dasar yang baik di tempat umum dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan, pastinya akan membawa manfaat positif untuk diri sendiri maupun orang lain. Namun, sayangnya banyak orang-orang yang masih bersikap acuh dan tidak memperdulikan etika ketika berada di tempat umum.

Pengertian Etika

Etika secara umum diartikan sebagai dasar berperilaku manusia di tengah-tengah masyarakat. Meskipun etika tidak tertulis, penerapan etika pada kehidupan sehari-hari sangat penting untuk diterapkan, agar menjaga keharmonisan dan kehormatan antar manusia.

Etika dasar di tempat umum sangat penting untuk EDOOers ketahui, karena akan memperlihatkan cerminan kepribadian EDOOers yang akan terlihat dari cara EDOOers dalam bersikap dan memperlakukan orang lain di tempat umum. Nah, maka dari itu generasi milenial sekarang harus membuktikan, bahwa tidak cuma unggul dalam prestasi saja, tetapi juga dalam segi etika dan norma.

5 Etika Dasar di Tempat Umum

Berikut ini adalah 5 etika dasar di tempat umum yang sangat penting untuk kamu terapkan ketika berada di tempat umum. Selain penting, beretika dengan baik juga dengan beretika akan membuatmu lebih keren, lho EDOOers. Berikut diantaranya, yaitu:

  1. Selalu Gunakan “ 4 Magic Words “

Ada empat kata-kata ajaib yang harus selalu EDOOers biasakan untuk diucapkan pada orang lain adalah “permisi”, ” tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”. Empat kata Ajaib tersebut merupakan sebuah kata sederhana yang menjadi cerminan dari sikap rendah hati dan kesopanan seseorang, sehingga membuat orang lain merasa dihargai.

Walaupun masih banyak orang yang mengira bahwa empat kata tersebut adalah hal yang sepele, tetapi empat kata tersebut sangat luar biasa efeknya. EDOOers dapat menggunakan keempat kata ajaib ini dalam berbagai situasi tertentu. Contohnya saja ketika sedang membutuhkan sesuatu, saat hendak menanyakan arah jalan, ataupun setelah pelayan restoran meletakkan pesanan makananmu di meja.

  1. Mengantre dengan Tertib

Antre ialah hal penting yang harus dilakukan setiap orang tanpa melihat orang itu siapa, supaya aktivitas menunggu tersebut menjadi tertib dan teratur. Maka dari itu, saat sedang menunggu antrean, jangan sekali-kali berpikir untuk menyerobot orang di depanmu. Hal tersebut akan dianggap tidak sopan oleh orang lain dan dianggap tidak menghargai orang lain.

Biasakanlah untuk disiplin serta menghargai orang lain. Meskipun ada beberapa orang yang tidak disiplin, ketika sedang mengantre, jangan sampai EDOOers ikut-ikutan mereka ya. Apabila EDOOers hendak keluar dari sebuah antrean, cobalah berpikir terlebih dahulu, karena untuk mengantre lagi EDOOers harus memulainya sedari awal. Selain itu, pastikan EDOOers untuk selalu menjaga jarak dengan orang di depanmu, supaya tidak mengganggu kenyamanan ketika mengantre, jangan terlalu dekat maupun terlalu jauh.

  1. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Menyoal menjaga kebersihan bukanlah hal yang asing lagi, karena himbauannya selalu ada di mana pun. Namun, masalahnya masih ada beberapa oknum orang yang lalai, padahal sampah kecil sekalipun itu tidak seharusnya dibuang sembarangan. Bahkan, tidak jarang banyak oknum orang-orang yang masih menyepelekan hal tersebut.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Apabila EDOOers saat sedang mau membuang sampah di tempat sampah, tetapi tidak menemukan tempat sampah, sebaiknya EDOOers menyimpan sampah di saku ataupun di dalam tas terlebih dahulu, sampai menemukan tempat sampah. Manusia sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya lebih memahami cara berperilaku yang baik di masyarakat. Agar lingkungan dan kenyamanan bermasyarakat lebih terjaga.

4. Prioritaskan Tempat Duduk Bagi yang Membutuhkan

Etika dasar di tempat umum yang keempat adalah EDOOers harus mengutamakan lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas saat ingin duduk di kendaraan umum. EDOOers harus siap untuk memprioritaskan mereka saat ditemui di tempat umum. Hal tersebut tidak hanya berlaku di kendaraan umum saja, melainkan di fasilitas umum lainnya.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Misalnya di transportasi umum yaitu bus, jika melihat ada seorang nenek hendak duduk, usahakan untuk selalu memprioritaskan beliau. Bantulah beliau dengan cara yang baik dan ikhlas ya EDOOers. Perhatikan orang-orang di sekitarmu dan jangan sampai EDOOers mengabaikannya, ya!

5. Hindari Memandang Orang Asing Secara Terus Menerus

Etika dasar di tempat umum satu ini memang kelihatannya sepele. Namun, terkadang anak-anak sering kali melakukannya di tempat umum dengan memperhatikan seseorang yang menurut mereka menarik. Umumnya, sebagai orang yang sedang diperhatikan, lama-kelamaan orang tersebut akan menyadarinya dan merasa tidak nyaman.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Saat EDOOers berada di tempat umum, tentunya mata sering kali menatap sekeliling, tetapi jangan sampai EDOOers menatap sekitar secara berlebihan. Meskipun penampilan dari orang tersebut terlihat begitu mencolok dan menarik perhatian. EDOOers harus dapat menjaga pandangan dan kesopanan terhadap orang asing tersebut.

Apalagi jika EDOOers melihat orang asing tersebut dengan pandangan sinis atau dalam kurun waktu yang lama. Sebab hal tersebut pasti membuat orang asing tersebut merasa risih, dan tentunya tidak sopan banget.

Demikianlah tadi 5 etika dasar di tempat umum yang wajib EDOOers terapkan dan biasakan mulai dari sekarang. Jadilah pribadi yang baik saat berada di tempat mana pun dan kapan pun. Hargai semua orang, maka semua orang juga akan menghargai kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *