Skip to content

Wajib Kamu Ketahui! 5 Tools AI yang Dapat Mempermudah Pekerjaan

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Beberapa kesempatan yang lalu dunia diramaikan dengan hadirnya sebuah kecerdasan buatan yaitu ChatGPT yang mampu menjelaskan segala hal. Nyatanya bukan hanya ChatGPT saja yang menjadi tools AI (artificial intelligence) pertama, lho EDOOers. Namun, masih ada berbagai macam tools AI lain yang dapat memudahkan pekerjaanmu. 

Pengertian AI

Sebelum menyelam lebih dalam, mari berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu AI alias artificial intelligence. Dilihat dari segi sejarahnya, pemakaian istilah Artificial Intelligence (AI) sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 1956 oleh seseorang dari dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) yaitu John McCharty.

Menurut John McCarthy, AI atau Artificial Intelligence adalah sebuah proses pemodelan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin supaya bisa berperilaku seperti manusia atau istilah lainnya disebut cognitive tasks, yakni mesin yang dapat belajar secara otomatis dari data-data serta informasi yang sudah diprogramkan sebelumnya.

Maka dapat disimpulkan, bahwa AI atau Artificial Intelligence adalah sebuah program komputer yang dirancang guna meniru paradigma kecerdasan manusia. Maksudnya adalah AI bisa diperintahkan untuk melakukan suatu tugas-tugas tertentu.

Rekomendasi Macam-Macam Tools AI

Menurut sebuah studi yang dikemukakan oleh O’Reilly menyebutkan, lebih dari 47 % perusahaan telah menyematkan AI pada setiap lini proses bisnisnya. Namun, bukan hanya perusahaan besar saja yang dapat memanfaatkan AI, tetapi kamu juga bisa menggunakannya, lho EDOOers.

Nah, untuk memperbanyak wawasan EDOOers terhadap apa saja tools AI yang dapat memudahkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitasmu, berikut ini ada 5 rekomendasi terbaiknya!.

  1. Pictory AI

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Apabila EDOOers ingin membuat video hanya berbekal teks ataupun artikel dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), maka Pictory AI adalah solusinya. Sebab dalam website resmi dari Pictory AI telah menyediakan akses penuh tiga juta gambar stok berlisensi dan video.

Bisa diketahui bahwa Pictory AI merupakan sebuah tools AI yang digunakkan untuk membuat gambar dan video secara otomatis berdasarkan sebuah teks, skrip, artikel atau pun skenario yang diberikan.

Selain itu, melalui tools AI ini pengguna juga dapat membuat konten visual secara cepat dan mudah, tanpa perlu memiliki keterampilan desain grafis ataupun editing video yang rumit.

2. Synthesia

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Synthesia merupakan sebuah tools AI yang digunakan untuk membuat sebuah video yang menarik dan mudah untuk dipahami. Berkat memanfaatkan teknologi synthetic media, tools AI satu ini dapat memungkinkan penggunanya untuk membuat video animasi secara cepat dan mudah, tanpa harus mempunyai kemampuan desain ataupun keahlian teknis yang tinggi.

Selain itu, Synthesia juga dapat digunakan untuk membuat avatar dalam suatu video dan avatar yang disediakan tersebut memiliki berbagai bentuk wajah manusia yang begitu realistis. Berkat kecanggihan Synthesia, pengguna bisa membuat video animasi untuk berbagai macam tujuan, seperti halnya edukasi, presentasi bisnis, pemasaran, atau bahkan cuma untuk hiburan.

3. MURF.AI

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Apabila EDOOers belum percaya diri menggunakan suara sendiri ketika dubbing, melakukan voice over dan mengisi narasi channel Youtube milikmu seperti profesional, maka EDOOers dapat menggunakan MURF.AI.

Tools AI ini memungkinkan pengguna untuk membuat audio dengan memasukkan sebuah teks atau biasa disebut Teks to Speech. MURF.AI juga mempunyai kemampuan dalam mengolah suatu data teks untuk menjadi sebuah audio baru dengan berbagai jenis karakter suara yang berbeda-beda. Selain data teks, MURF.AI dapat pula mengolah suatu data audio untuk diubah menjadi audio baru dengan karakter suara yang berbeda-beda.

Bahkan, EDOOers dapat pula merubah postingan dari blog menjadi suatu video maupun audio podcast dengan MURF.AI, karena MURF.AI ini sangat dapat diandalkan untuk menghemat waktu.

4. Genei. Io

]Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Genei.Io merupakan tools AI berbasis web application yang membuat penggunanya bisa meringkas suatu teks pada dokumen pada apapun secara otomatis. Hasil dari ringkasan tersebut juga dapat dimengerti dengan mudah oleh semua orang. Bahkan 95% pengguna tools AI Genei.io ini sepakat menyatakan, bahwa tools AI tersebut dapat membantu memudahkan pekerjaan dan dapat bekerja lebih produktif.

Genei.Io berguna untuk membuat sebuah penelitian online dengan cepat serta efisien. Tools AI ini secara cerdas mengekstrak sebuah informasi dari berbagai halaman web dan menyajikannya dalam sebuah bentuk ringkasan ataupun anotasi. Jika EDOOers sedang menulis sebuah artikel blog atau makalah akademis, Genei.io ialah solusi bagus untuk EDOOers gunakkan.

5. Tome. app

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Tome.app adalah rekomendasi tools AI yang berbentuk web application dan dapat mempermudah penggunanya untuk mendesain slide presentasi secara otomatis. Yaps betul, dengan hanya menginputkan sebuah topik tertentu, EDOOers dapat memperoleh slide presentasi lengkap dengan didukung oleh gambar dan teks penjelasan yang sesuai dengan topik yang kamu inginkan.

Tools AI ini sangat cocok untuk EDOOers yang membutuhkan banyak sekali referensi untuk kegiatan pitching ataupun presentasi pada umumnya. Tome.app dapat menyelematkanmu, ketika EDOOers sedang membutuhkan presentasi untuk tugas di sekolah, perkuliahan, ataupun pekerjaan. Berkat teknologi Artificial Intelligence (AI), EDOOers dapat membuat PPT secara otomatis cuma dalam hitungan menit. Tentunya dengan adanya tools AI ini sangat memudahkan EDOOers, apalagi saat sedang diburu oleh deadline. 

Demikianlah tadi 5 tools AI yang dapat memudahkan pekerjaan manusia sehari-harinya. Hadirnya teknologi AI sepatutnya harus dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan kapasitas dan fungsinya, tetapi jangan lupa nilai-nilai humanis harus terus dilanggengkan dan dijaga sesuai esensi agar manusia tidak selalu menggantungkan dirinya kepada teknologi itu sendiri. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *