Skip to content

Tren Outing Class Guna Tumbuhkan Semangat Belajar Siswa

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Pada zaman modern seperti saat ini, sudah ada berbagai macam metode pembelajaran baru yang muncul untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa. Salah satu contohnya saja yaitu metode pembelajaran outing class. Tren outing class tersebut dapat diterapkan pada segala jenjang pendidikan, mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA. Lalu, apa sih yang dinamakan kegiatan outing class tersebut? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Outing Class

Sudahkah diantara EDOOers pernah mendengar kegiatan outing class? outing class merupakan salah satu metode pembelajaran yang biasa dilakukan oleh para guru yang dimana para siswa diajak untuk belajar di luar kelas.

Tren outing class tersebut umumnya rutin dilakukan oleh para guru, contohnya saja saat materi pelajaran selesai dibahas, atau dapat juga diadakan setiap satu semester sekali. Manfaat dari kegiatan outing class bisa memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi para siswa.

Outing sendiri merupakan sebuah akronim dari outbond training. Secara definisi outbond adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang baik itu di dalam (indoor) ataupun di luar (outdoor) dengan melaksanakan beberapa macam simulasi permainan (outbound games). Bahkan untuk outbpound games yang dilakukan tersebut bisa dilakukan secara individu ataupun secara berkelompok dalam rangka refreshing dan mengisi waktu liburan.

Berkat belajar di luar kelas melalui kegiatan outing class membuat siswa akan serasa merasakan sensasi baru dalam kegiatan pembelajarannya. Kegiatan outing class menyuguhkan sebuah pengalaman baru bagi siswa untuk belajar berdampingan dengan alam, belajar dengan suatu object secara langsung, belajar langsung dengan ahlinya, bukan hanya sajian materi-materi pelajaran yang ada dalam sebuah buku. Selain itu, kegiatan outing class juga bisa membangun rasa percaya diri siswa, meningkatkan keterampilan teamwork dan kebersamaan.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Ide Kegiatan Outing Class yang Wajib Guru Coba

Alangkah baiknya guru sesekali mengajak siswa untuk melaksanakan tren outing class ini. Sebab, tujuan sejati dari outing class adalah agar siswa bisa lebih cakap dalam bersosialisasi, belajar memecahkan masalah, melatih keterampilan komunikasi, sampai melatih kemandirian serta kepemimpinan siswa. EDOOcator atau para guru, tidak perlu bingung dalam memilih kegiatan untuk outing class. Berikut 5 ide kegiatan outing class yang dapat dilakukan.

  1. Mengunjungi Perpustakaan Kota

Kegiatan outing class dengan mengunjungi perpustakaan kota mampu mmembangkitkan keterampilan literasi siswa, karena terdapat banyak dan beragam koleksi buku-buku bacaan di perpustakaan kota yang bisa menambah referensi siswa.

Selain itu, perpustakaan kota juga mempunyai banyak kegiatan menarik yang berkaitan erat dengan literasi. Contohnya saja seperti, workshop kepenulisan, dan mendongeng yang tentu sangat bermanfaat bagi siswa.

  1. Berkunjung ke Museum

Museum bisa menjadi tempat outing class yang mengasyikkan. Contoh kegiatan outing class di museum ialah guna memahami lebih kehidupan masa prasejarah, siswa dapat diajak mengunjungi Museum Purbakala di Sangiran.

Berkat melihat-lihat koleksi yang ada pada museum purbakala tersebut, siswa akan memperoleh gambaran yang utuh terkait kehidupan masa prasejarah. Para siswa tidak hanya bisa membayangkan materinya saja yang ada pada buku pelajaran.

  1. Mengunjungi Agro Wisata

Melakukan kunjungan ke agro wisata menjadi salah satu pilihan dalam kegiatan outing class yang menarik. Sebab, udara yang segar dan sejuk di kawasan agro wisata dapat menjadikan pikiran fresh dan rileks.

Selain itu, manfaat lain saat berkunjung ke agro wisata adalah siswa dapat mempelajari beragam jenis tumbuhan beserta anatominya. Bahkan, dengan mengunjungi agro wisata materi pelajaran IPA maupun biologi akan semakin mudah dipahami oelh siswa jika berkunjung ke agro wisata.

  1. Hang Out ke Kebun Binatang

Tidak hanya cocok untuk anak usia dini saja, berkunjung ke kebun Binatang juga mengasyikkan untuk para siswa dan guru. Sebab, banyaknya jenis-jenis Binatang di kebun Binatang bisa menjadi media pembelajaran yang bagus buat siswa yang ingin mempelajarinya secara langsung.

Selain itu, hang out ke kebun binatang dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap binatang. Bahkan, mereka dapat pula belajar tentang habitat binatang tersebut secara langsung, tidak cuma lewat buku saja.

  1. Wahana Outbond

Melaksanakan kegiatan outing class dengan berkunjung wahana outbond dapat menjadi opsi pilihan yang menarik, lho EDOOcator. Supaya kegiatan lebih seru, umumnya sekolah berkerja sama dengan event organizer (EO).

Event organizer itulah yang kedepannya akan membuat beragam game-game saat outbond. Selain menarik, umumnya game yang dilakukan bertujuan pula mengasah softskill siswa. Contohnya problem solving, leadership, team work dan lain-lainnya.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

6. Berkunjung ke Instansi Pemerintah

Oh iya EDOOcator, ternyata tren outing class ini dapat dilakukan mengunjungi instansi pemerintah. Berkat berkunjung ke instansi pemerintahan para siswa akan lebih mengetahui apa saja tugas instansi pemerintah dalam melayani masyarakat secara nyata. Selain itu, dengan mengunjungi instansi pemerintahan, juga bisa menjadi media pengenalan terkait jenis-jenis profesi bagi siswa.

7. Mengunjungi Pabrik

Ada beberapa sekolah melakukan kegiatan outing class dengan berkunjung ke pabrik-pabrik tertentu. Pilihan pabrik-pabrik yang dikunjungi tersebut dapat pabrik yang menghasilkan produk FMGC, alat berat, dsb

Berkat mengunjungi pabrik akan menambah wawasan serta keilmuan siswa akan proses produksi sebuah produk dan cara memasarkannya ke pelanggan. Kegiatan outing class ini cocok untuk siswa agar lebih paham tentang mata pelajaran ekonomi.

Demikianlah informasi terkait tren outing class beserta ide-ide kegiatannya. Apakah EDOOcator sudah mempunyai rencana outing class bulan depan ini? Apabila belum tidak ada salahnya untuk memulai merencanakannya sekarang. EDOOcator bisa banget memilih salah satu dari ide outing class di atas lho. Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *