Skip to content

7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Siswa Agar Sukses di Masa Depan

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Pada tahun 2023 ini, soft skill digadang-gadang menjadi salah satu tren di dunia pendidikan. Soalnya, soft skill merupakan keterampilan manusia yang tidak mungkin ditiru oleh mesin atau AI dalam waktu dekat ini. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas 7 soft skill yang perlu dimiliki siswa/EDOOers di dunia kerja kelak.

Mempunyai beragam soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja menjadi bekal penting bagi siswa. Selama menempuh pendidikan di sekolah, siswa akan mempelajari banyak keterampilan teknis (hard skill) yang disesuaikan dengan bidang yang dipilih.

Perlu EDOOers ketahui bahwasannya keterampilan teknis (hard skill) saja tidaklah cukup, karena EDOOers akan bersaing dengan jutaan lulusan yang mungkin mempunyai keterampilan yang serupa. Maka dari itu, hanya individu dengan kualitas lebih yang dapat memperoleh tempat di tengah ketatnya kompetisi serta persaingan global.

Sebab sekarang ini berbagai macam sektor industri di Indonesia sudah memasuki era Society 5.0, yang di mana kualitas individu dinilai berdasarkan value yang dimiliki. Agar dapat menajdi bagian dari industri Society 5.0, penting bagi EDOOers untuk mempunyai berbagai macam soft skill supaya dapat menonjolkan diri di antara para kompetitor.

Pengertian Soft Skill

Soft skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencangkup skill komunikasi, kecerdasan baik emosional maupun sosial, kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat luas, dan semacamnya. Pada hal ini, soft skill bisa dikatakan sebagai karakter bawaan individu.

Soft skill dapat saja dipelajari, tetapi tidaklah dengan cara belajar formal layaknya memperlajari hard skill. Hal tersebut bisa dipelajari dengan lebih banyak melakukan komunikasi atau berinteraksi dengan orang lain, dan dengan melatih kepekaan sosial. Oleh sebab itu, individu tersebut bisa menerapkannya pada perilaku yang nantinya akan mempengaruhi kemampuan soft skillnya.

Kemampuan soft skill yang dipunyai siswa akan sangat membantu tidak cuma dalam dunia kuliah, tetapi sampai dunia kerja yang sangat kompetitif ini. Soft skill merupakan lawan kata dari hard skill. Apabila soft skill bersifat lebih umum, sedangkan hard skill sifatnya lebih spesifik.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Macam-Macam Soft Skill yang Harus Dimiliki Siswa

Ada beragam sekali soft skill yang harus dimiliki siswa dalam membantu meraih masa depan yang gemilang. Berikut ini ialah 7 soft skill yang harus dimiliki generasi muda zaman now:

  1. Critical Thinking and Problem Solving

Soft skill pertama yang harus dikuasai siswa ialah critical thinking and problem solving atau bisa diartikan berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah. Soft Skill satu ini bahkan dipercaya sebagai salah satu core skill yang wajib banget untuk dikuasai dalam rangka memenangkan kompetisi di dunia kerja.

Guna mempelajari soft skill ini, tidak ada sekolah khusus yang mengajarkannya. Oleh sebab itu, seorang EDOOcator harus mampu mengadakan sebuah pembelajaran yang bisa mengasah keterampilan siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah secara efektif.

  1. Collaboration

Soft skill kedua yang wajib diajarkan yaitu collaboration atau bekerja sama dengan orang lain. Kompetisi memang sangatlah ketat dan tidak bisa untuk dihindari. Namun, bekerja sama tidak kalah penting pula untuk dilakukan. Bahkan disebutkan “collaboration is a new competition.”

Siswa wajib melatih keterampilan bekerja sama, supaya mampu berkolaborasi dengan orang lain guna mencapai suksesnya tujuan. Pada zaman sekarang ini, keterampilan bekerja sama dengan orang lain adalah poin plus tersendiri. 

  1. Public Speaking

Soft skill ketiga yang wajib juga untuk siswa kuasai di masa depan yakni keterampilan public speaking. Hal satu ini merupakan sebuah soft skill yang tidak bisa diraih secara instan, tetapi melewati banyak proses dan waktu supaya bisa menguasainya secara baik.

Keterampilan public speaking masih menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Keterampilan tersebut sangat bermanfaat, apabila siswa diharuskan untuk berbicara di depan umum yang ditonton oleh banyak orang.

  1. Teachability

Soft skill keempat yang wajib untuk siswa kuasai adalah teachability. Apa itu teachability? Teachbility yaitu suatu kemauan dari seseorang untuk belajar hal -hal baru. Meningkatkan skill (upskilling) sangatlah penting guna untuk meningkatkan kualitas diri individu, sehingga siswa akan mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan lainnya. Hal tersebut merupakan sebuah investasi diri yang wajib dimiliki oleh semua orang.

  1. Leadership

Keterampilan untuk memimpin menjadi salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja sekarang ini. Leadership atau nama lainnya kepemimpinan wajib dilatih sejak dini.

Semua orang sukses diluar sana, pastinya memiliki soft skill ini. Siswa yang sudah mempunyai jiwa kepemimpinan akan punya nilai plus, karena telah dipastikan akan sanggup mengemban tanggung jawab dan tugas secara baik, mampu mengambil sebuah keputusan dengan baik, serta mampu berkomunikasi dengan baik dalam berbagai level dan konteks situasi.

  1. Kreatif

Soft skill keenam yang dibutuhkan siswa dalam dunia kerja selanjutnya yakni kreatif. Sebab, jika memiliki soft skill ini, EDOOers akan bisa stand out di dunia kerja dan orang lain mudah me-notice produk ataupun kemampuan kita.

Keterampilan kreatif tersebut akan sangat bermanfaat bagi EDOOers dalam mencari berbagai macam solusi ataupun dalam menghadapi rintangan yang ada saat sedang dihadapkan dengan suatu permasalahan.

Hal yang harus digaris bawahi adalah isaha dalam menguasai keterampilan yang satu ini harus melalui pembiasaan-pembiasaan yang ditempa sejak siswa berada di level pendidikan paling rendah.

  1. Kecerdasan Emosional

Pesatnya perkembangan teknologi digital yang menempatkan kecerdasan intelektual menjadi yang paling utama, haru diimbangi pula dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional yang dimaksud meliputi pengelolaan perasaan, pengelolaan emosi, pengelolaan motivasi, sampai pengendalian diri. Berkat bekal kecerdasaan emosional tersebut, dapat membuat EDOOers menyelesaikan pekerjaan secara profesional tanpa harus mengabaikan aspek emosional diri ataupun orang lain.

Nah, itulah tadi berbagai macam soft skill yang harus dimiliki siswa supaya mampu bersaing di dunia kerja kelak. Meskipun, tujuh soft skill di atas kelihatan cukup mudah secara teori, tetapi masih banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menerapkannya. Yuk, EDOOers mulai melatihnya dari sekarang!