Skip to content

7 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Memiliki peliharaan kucing tentunya menyenangkan. Selain bisa menjadi teman setia, hewan berbulu ini dapat membuat hari-harimu lebih berwarna. Terdapat banyak manfaat memelihara kucing untuk kesehatan mental, bahkan bisa meningkatkan kualitas hidupmu, lho EDOOers.

Ada beragam ras kucing yang bisa dijadikan hewan peliharaan, di antaranya seperti Angora, Persia, Scottish Fold, British Shorthair, Munchkin, dan lainnya. Namun, tidak sedikit juga yang lebih memilih untuk memelihara kucing kampung yang mudah untuk dijumpai. Umumnya orang yang memelihara kucing tujuannya sebagai hobi guna mengisi waktu luang.

Eiits, tunggu sebentar! Sebelum masuk ke penjelasan tentang manfaatnya, yuk kita bahas terlebih dahulu sejarah hubungan manusia dengan kucing, EDOOers!

Pada zaman dahulu, pada tahun 6.000 SM, kucing telah berbaur dengan kehidupan sehari-hari manusia. Bahkan, orang Mesir Kuno memelihara kucing untuk tujuan menjauhkan hewan pengerat seperti tikus, supaya lumbung penyimpanan hasil panen mereka tidak ludes dimakan tikus. Kucing sebagai hewan mamalia crepuscular hampir tidak pernah memakan kandungan tumbuhan sedikitpun, sebab ia dapat berburu serta membunuh hewan, seperti halnya burung, katak, kadal, kelinci, ikan, dan serangga.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Manfaat Memelihara Kucing

Apakah EDOOers memiliki kucing di rumah? Ternyata, banyak manfaat memelihara kucing di rumah bagi kesehatan mentalmu, lho EDOOers. Berikut ini beberapa manfaat di antaranya.

  1. Menghilangkan Rasa Kesepian

Apabila EDOOers sering sendirian di rumah, memelihara kucing bisa menjadi obat untuk mengobati rasa kesepianmu. EDOOers dapat bermain bersama atau bercerita apapun itu ke kucing peliharaanmu. Selain itu, dengan harus mengurus makhluk hidup lain yaitu kucing akan membuat hari-harimu lebih berwarna pula. Sebab, EDOOers diharuskan untuk bangun pagi untuk memberinya makan, membersihkan kandang, memandikan, dan lain sebagainya.

  1. Memberikan Ketenangan

Manfaat memelihara kucing yang kedua yaitu memberikan ketenangan dan dukungan emosional kepada pemiliknya. Misalnya saja, saat EDOOers baru pulang dari berpergian atau baru pulang kerja, ketika sampai di rumah langsung mencari kucing kesayangannya.

Jika EDOOers sedang mengalami badmood atau mood swing, tanpa sadar pemilik kucing akan langsung mencari hewan kesayangannya tersebut supaya dapat merasa lebih nyaman. Bahkan, cuma dengan melihat kucing tidur saja, biasanya sudah merasakan kenyamanan dan tenang, lho EDOOers. Kucing juga senantiasa menunjukkan kesetiaan dan seperti begitu mengerti dengan hal apa yang sedang pemiliknya rasakan.

  1. Dengkuran Kucing Menghalau Stres dan Menguatkan Imunitas Manusia

Kucing zaman sekarang dipelihara sebagai bentuk gaya hidup bagi manusia modern. Bagi EDOOers yang memelihara kucing, pastinya tidak asing dengan dengkuran kucing. Dengkuran kucing tersebut dalam frekuensi yang konstan, yaitu 25 dan 150 hertz. Diyakini, bahwa suara dengkuran kucing tersebut bisa membantu menghilangkan stres dan menguatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh) manusia, lho EDOOers.

  1. Meringankan Gejala Kecemasan

Jika EDOOers sedang diluar kota dan tinggal sendiri disana, mungkin sering mengalami rasa kesepian dan cemas karena jauh dari keluarga ataupun teman-teman tersayang. Maka dari itu, para ahli menyarankan supaya memelihara kucing, karena dengan memlihara kucing bisa membantu meringankan gejala kecemasan dan perasaan terisolasi. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Business Management, Saurashtra University India menyatakan jika memelihara hewan peliharaan bisa memberikan dukungan mental dan menurunkan tingkat stress yang disebabkan rasa cemas. 

  1. Meningkatkan Dopamin dan Kesehatan Mental

Setiap manusia mempunyai hormon dopamin dalam tubuhnya yang diproduksi oleh otak. Nah, dopamin si pengatur rasa senang ini dapat diperoleh saat EDOOers sering melakukan interaksi dengan kucing. Yaps benar sekali, jika dengan merawat kucing bisa  menjadi suatu rutinitas yang memiliki dampak baik untuk kesehatan, utamanya untuk kesehatan mental. Eh, tapi sebelum EDOOers memutuskan untuk memelihara kucing, alangkah baiknya EDOOers harus tau lebih dahulu nih seluk beluk terkait hewan mamalia yang satu ini.

  1. Menumbuhkan Rasa Empati

Berkat merawat kucing, membuat manusia dapat lebih mudah dalam menumbuhkan rasa empati menjadi lebih tinggi. Ketika sedang merawat kucing, EDOOers akan mencoba untuk lebih mengerti tentang apa yang dirasakan oleh hewan berbulu nan lucu tersebut. Berawal dari situlah rasa empati EDOOers akan mulai bertambah, termasuk kepada sesame manusia dan mahkluk hidup lainnya.

  1. Memberikan Dukungan Emosional

Interaksi antara hewan peliharaan dengan pemiliknya, bisa menumbuhkan ikatan emosional yang sama seperti hubungan sosial dengan manusia, lho EDOOers. Membangun sebuah ikatan emosional dengan kucing yang kita rawat dapat membuat EDOOers merasa lebih aman serta bahagia.

Bahkan, dalam sebuah tinjauan dari jurnal Applied Developmental Science pada tahun 2020, menyatakan kucing menjadi bagian dari keluarga yang tidak dapat dipisahkan. Studi tersebut juga menjelaskan bahwa hewan peliharaan ini dapat memberikan kedekatan emosional yang lebih intens dibandingkan dengan hubungan dengan anggota keluarga yang lainnya.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Itulah tadi ketujuh manfaat memelihara kucing, bukan cuma sebagai teman bermain, ternyata memelihara kucing juga bisa bemanfaat bagi kesehatan mental manusia. Nah, untuk dapat merawat kucing dengan baik, sebaiknya EDOOers mempelajari seluruh aspek-aspeknya terlebih dahulu. Mulai dari jenis-jenis kucing, ciri-ciri fisiknya, kebiasaan-kebiasaan dari kucing, jenis-jenis makanan kucing, sampai ciri biologis lainnya yang dimiliki oleh kucing. Salam Literasi untuk Edukasi.