Lompat ke konten
Yuk Intip! Takjil Favorit Masyarakat Indonesia

Yuk Intip! Takjil Favorit Masyarakat Indonesia

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Berbagai tradisi saat bulan Ramadan di Indonesia masih dipertahankan sampai sekarang, seperti halnya berbuka puasa bersama (bukber) dan berburu takjil favorit di sore hari. Sebab, bulan Ramadan tidak bisa lepas dari aneka macam menu takjil buka puasa. Maka dari itu, yuk EDOOers! kita intip takjil apa saja yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Well, ada bermacam-macam jenis menu takjil yang menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan sajian tersebut sering kali dijadikan sebagai ide bisnis di bulan Ramadan, lho EDOOers. Sebelum kita menelisik takjil favorit masyarakat Indonesia, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu makna takjil sebenarnya.

Pengertian Takjil

Tahukah EDOOers apa itu arti takjil? Istilah takjil sendiri merupakan sebuah istilah asing yang berasal dari bahasa Arab. Istilah tersebut kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan penyesuaian lafal dan ejaan. Bahkan, istilah takjil sudah masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pula.

Istilah takjil adalah sebuah kata serapan dari bahasa Arab yakni kata ‘ajila yang mempunyai arti menyegerakan. Berawal dari situlah takjil kemudian mengandung perintah guna untuk tidak menunda-nunda makan dan minum saat berbuka puasa. Sedangkan, menurut KBBI seperti yang dilansir dari sumber situs Kemdikbud, takjil memiliki sebuah arti mempercepat (dalam berbuka puasa).

Namun seiring perkembangan zaman, takjil bagi masyarakat Indonesia lebih identik dengan objek untuk berbuka puasa, seperti misalnya kudapan. Masyarakat Indonesia pada umumnya menilai takjil atau takjilan sebagai kudapan yang dimakan sesaat setelah waktu berbuka puasa tiba, umumnya berupa makanan ringan dan manis, seperti kurma atau kolak. Akan tetapi, lama kelamaan definisi takjil kemudian berubah menjadi lebih luas lagi dengan sajian yang lebih bervariasi.

Macam-Macam Takjil Favorit Masyarakat Indonesia

Takjil menjadi makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa tiba, termasuk bagian yang tidak bisa terlepaskan dari budaya masyarakat Indonesia. Beragam jenis takjil yang dapat dijumpai di Indonesia, dari yang manis sampai yang gurih. Berikut ini adalah lima menu takjil favorit masyarakat Indonesia.

  1. Gorengan

Pada bulan Ramadan tiba, banyak orang-orang lebih memilih gorengan sebagai takjil untuk berbuka puasa, karena harganya yang terlampau murah dan praktis. Sebagai warga +62 memilih berburu gorengan dikarenakan merakyat, serta bisa menjadi kudapan santai ataupun lauk menu berbuka puasa.

Gorengan merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan tersebut terbuat dari bahan dasar tepung terigu ataupun tepung beras yang dicampur dengan bumbu-bumbu rahasia dan lalu digoreng dalam minyak panas, sehingga matang dan berwarna kecoklatan.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Hampir setiap penjual takjil yang menjajakan gorengan akan memperoleh keuntungan berkali-kali lipat. Gorengan pun juga beragam jenisnya, dari mulai yang manis, gurih, sampai pedas.

Biasanya untuk gorengan asin terfavorit favorit ialah tempe mendoan, tahu isi, cireng, bakwan sayur, oncom goreng, dan singkong goreng. Sementara itu untuk gorengan versi yang manis ada pisang goreng, nagka goreng, ubi goreng, dan cempedak goreng. Paling pecah di lidah sih, kalau bersantap gorengan diberbarengi dengan cabai rawit hijau, meskipun EDOOers harus lebih berhati-hati, jangan sampai sakit perut dan terganggu kepuasan makannya.

2. Kolak

Setiap bulan Ramadan tiba, pastinya penjualan kolak akan langsung meningkat drastis sebagai menu santap berbuka. Bisa dibilang kolak ialah menu takjil favorit untuk buka puasa yang paling ikonik di seluruh masyarakat Indonesia.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Kolak memadukan rasa manis dari gula merah dan gurih dari kuah santan yang bikin lidah setiap orang menjadi mudah menerimanya, walau seharian penuh tidak makan makanan. Umumnya isian kolak itu adalah pisang kapok, pisang tanduk, potongan ubi manis, kolang-kaling, maupun potongan labu kuning. Beberapa jenis kolak ada yang diberi tambahan kacang hijau ataupun ketan. Selain itu, untuk penguat aroma biasanya juga diberi daun pandan.

3. Bubur

Bubur merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat popular di Indonesia untuk dijadikan takjil buka puasa. Ada macam-macam bubur di Indonesia di antaranya seperti bubur kacang hijau, bubur sumsum, bubur kampiun, bubur candil, dan lain sebagainya.

Seperti halnya kolak, macam-macam bubur yang menajdi menu takjil di Indonesia ini biasanya juga memadukan antara santan, gula, dan garam. Contohnya saja seperti bubur sumsum yang dimaksud sumsum disini bukanlah dari bagian dalam tulang, melainkan brasal dari olahan tepung beras yang putih bersih.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Cara pembuatan bubur sumsum sendiri sangat mudah, dengan mengolah tepung beras, santan, serta sedikit garam, dan tamabahan daun pandan, sehingga menimbulkan cita rasa yang lembut dan gurih. Setelah masak, bubur sumsum dapat disajikan bersama kuah gula merah cair yang manis. Kombinasi dari teksturnya sumsum yang lembut dan kuah gula merah yang manis, memnbuat setiap lidah orang terhipnotis merasakan keenakannya.

4. Es Buah

Saat bulan puasa tiba, akan banyak penjual es yang berjejer di sepanjang jalan. Es buah menjadi salah satu minuman terfavorit untuk membatalkan puasa ketika beduk maghrib.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Es buah ialah minuman segar yang terbuat dari bermacam-macam campuran buah-buahan segar, sirup manis, dan es batu. Umumnya, pada es buah tersaji buah melon, timun suri, semangka, blewah, buah naga dan daging kelapa muda. Selanjutnya disiram dengan cairan gula dan susu kental manis untuk meningkatkan cita rasanya. Penambahan es batu pada sajian es buah menjadikan rasanya semakin segar untuk diminum.

5. Kurma

Menu takjil favorit masyarakat Indonesia yang kelima adalah buah kurma. Berbuka puasa dengan kurma menjadi salah satu sunnah Rasul, sehingga tidak heran apabila kurma selalu ada di meja saat berbuka puasa tiba. Kurma merupakan salah satu jenis takjil yang mempunyai rasa manis sejak gigitan pertama dan disertai tekstur yang kenyal.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Salah satu manfaat dari memakan kurma ialah sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh. Kandungan karbohidrat yang tinggi bisa memberikan energi yang cukup untuk tubuh EDOOers. Kurma juga merupakan pilihan yang bagus untuk camilan yang sehat, karena kurma rendah lemak, rendah kolesterol, memiliki serat yang tinggi, dan antioksidan.

Itulah rekomendasi aneka macam menu takjil favorit untuk berbuka puasa yang enak dan praktis, sebagai hidangan bersama keluarga. Nah, dari beragam pilihan menu takjil favorit berbuka puasa di atas, kira-kira yang mana takjil paling favorit EDOOers? Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya dan jangan lupa baca artikel EDOO lainnya agar memperoleh informasi yang bermanfaat serta menarik. Salam Literasi untuk Edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *