Skip to content

Tren Book Strap Bag: Jadikan Buku Menjadi Tas Kekinian

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Pada era sekarang ini banyak sekali tren fashion yang bermunculan di kalangan generasi milenial, mulai dari baju, celana, sepatu, tas dan lainnya. Salah satu yang sedang menjadi perbincangan yakni tren book strap bag alias tas tali buku yang menjadi tren di dunia fashion saat ini.

Belakangan ini di beberapa media sosial seperti Tik Tok terutamanya di BookTok sedang booming perihal tren memakai book strap bag. Tren tersebut merupakan menjadikan buku favorit EDOOers sebagai tas selempang untuk melengkapi OOTD EDOOers. Lucu banget bukan?

Salah satu ciri yang menjadi kekhasan TikTok adalah adanya beragam tren yang selalu bermunculan, dari video joget dan ocehan ala meme sampai tren yang lebih serius seperti halnya BookTok. BookTok sendiri merupakan sebuah tren yang sampai bisa menciptakan ruang atau sudut baca virtual untuk para penggemar buku maupun bagi mereka yang sekedar tertarik membaca buku. Berkat tren BookTok, pengguna TikTok bisa saling berbagi informasi ataupun rekomendasi terkait penulis dan buku yang menarik untuk dibaca melalui sebuah video singkat yang dibumbui teks lucu dan menarik.

Nah, tren fashion book strap bag tersebut dimulai oleh beberapa konten kreator bookish dari luar negeri yang memproduksi book strap bagnya yang juga dijual, sehingga membuat trend tersebut viral dimana-mana. Seperti halnya saat ini, mulai bermunculan tren book strap bag yyang sekarang sudah bisa ditemui di toko lokal Indonesia yang menjual produk serupa.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Strap­ yang dipakai di book strap bag di Indonesia sangat mirip dengan apa yang viral di Booktok kok, EDOOers. Jadi pada book strap bag terdapat tali seperti tali tas selempang, jika umumnya tali tersebut dikaitkan ke tas, tetapi untuk talinya ini dikaitkan ke sebuah book base yakni lempengan untuk dikaitkan ke sebuah buku.

Sedangkan, book base yang dipakai pada book strap bag tersebut dipercaya tidak akan merusak punggung buku kok, jadi bakalan aman. Terdapat dua ukuran book base yakni panjang 23 cm untuk buku yang berukuran A5 dan panjang 25 cm untuk yang ukurannya besar atau buku hardcover.

Cara memakai book strap bag ini juga mudah banget, lho EDOOers. EDOOers hanya tinggal memasukkan book base-nya ke tengah buku. Setelah itu EDOOers dapat memakai book strap bag tadi seperti halnya memakai tas selempang.

Pengguna paling banyak book strap bag ini merupakan dari kalangan generasi milenial, utamanya para kaum hawa. Ketika menggunakan book strap bag penampilan EDOOers akan terlihat lebih stylish dan keren. Hal unik dari book strap bag tersebut adalah EDOOers dapat menggonta-ganti model tas dan mengkreasikannya sekreatif mungkin dan sesuai apa yang diinginkan. 

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

 

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Mengkombinasikan pakaian yang tepat serta ditambah pula dengan dukungan book strap bag yang stylish dapat membuat penampilan EDOOers terlihat lebih fashionable. Book strap bag banyak digandrungi oleh generasi milenial disebabkan model-modelnya yang lucu serta unik. Tak heran, apabila book strap bag tersebut menjadi tren viral di berbagai macam media sosial seperti Tik Tok dan Instagram.

Banyak pula dari kalangan penjual yang memanfaatkan momentum tersebut untuk menjual book strap bag di online shop milik mereka dengan berbagai macam variasi. Sementara itu, book strap bag ini mempunyai kelebihan yaitu dapat mengganti tas sesuai keinginan. Sedangkan, bentuk, bahan, dan warna dari book strap bag itersebut sangat bervariasi dan unik. Mulai dari motif yang cukup simple, desain 3D, warna-warna pastel, hingga berbahan premium yang dibuat untuk menarik perhatian pembeli. 

Generasi milenial khususnya wanita paling memfavoritkan book strap bag yang berbahan tali macrame atau tali katun. Book strap bag yang berbahan tali katun banyak difavoritkan, karena bentuk serta warnanya lucu dan unik. Pembuatan book strap bag yang berbahan tali katun tersebut dapat dibilang cukup rumit, disebabkan membutuhkan kejelian dan ketekunan supaya menghasilkan produk yang rapi.

Alat dan bahan untuk pembuatannya pun cukup mudah diperoleh yakni tali macrame, gunting, meteran, dan besi pengait tas. Selain itu, dalam proses pembuatannya, book strap bag juga dapat dibuat dari bahan manik-manik Mutiara dan bahan kain. 

EDOOers sebagai generasi milenial dapat pula membuat book strap bag sendiri dengan mempergunakan bahan dan alat seadanya, contohnya dengan cara memanfaatkan kain bekas yang digabungkan, lalu dijahit atau dikepang. Selanjutnya, bahan tersebut ditambah dengan bentuk serta dikombinasikan dengan pemilihan warna yang EDOOers inginkan. Akhirnya, dari proses tersebut jadilah sebuah book strap bag yang dapat digunakan untuk mendukung cara berpakaian yang kita pakai agar terlhiat lebih keren.

Selain itu, membuat book stap bag sendiri juga bisa mengasah kreativitas yang EDOOers miliki, lho. Jika hasil karya EDOOers tersebut disukai oleh banyak orang, maka dapat dipastikan ada sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah bisnis. Maksudnya bisnis jualan online book strap bag yang di onlineshop, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan Tiktokshop yang bisa menghasilkan benefit bagi EDOOers sekalian. 

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Itulah sekilas pembahasan tentang tren book strap bag di kalangan generasi milenial sekarang. Menariknya, tren tersebut dapat menghidupkan kembali ketertarikan untuk membaca, mendongkrak penjualan buku-buku, dan bisa meningkatkan kreativitas. Jadi, EDOOers ikutan tren book strap bag ini juga nggak nih? Yuk share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *