Skip to content

Rangkaian Tingkatan Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dalam Pelajaran Biologi

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Tahukah EDOOers, jika makhluk hidup yang tinggal di bumi ini terdiri dari berbagai macam tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup? Rangkaian tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup tersebut dimulai dari tingkatan terkecil sampai terbesar.

Nah, pada artikel kali ini, EDOOers akan diajak untuk mempelajari salah satu materi dalam pelajaran Biologi yaitu terkait tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup secara mendalam. Mulai dari pengertian, hingga rangkaian tingkatan dari paling kecil sampai paling besar.

Apa itu Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup ?

Sebelum kita beranjak menuju pembahasan terkait setiap tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup, EDOOers perlu sekiranya memahami terlebih dahulu pengertian organisasi kehidupan makhluk hidup.

Sebetulnya, organisasi kehidupan makhluk hidup ialah sebuah susunan suatu kelompok makhluk hidup yang bertempat tinggal di bumi yang terdiri dari berbagai tingkatan organisasi kehidupan, mulai dari yang paling rendah (sederhana) sampai paling tinggi (kompleks). Setiap tingkatan tersebut mempunyai perannya masing-masing dalam rangka membentuk suatu kehidupan. Organisasi kehidupan tersebut dapat EDOOers pelajari dalam pelajaran Biologi.

Perlu digaris bawahi pula, bahwa setiap rangkaian tingkatan dalam organisasi kehidupan makhluk hidup mempunyai sifat yang berbeda-beda. Sifat yang ada pada tingkatan rendah tidak akan dimiliki pada tingkatan tinggi dan begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi EDOOers untuk mempelajari setiap tingkatan dalam organisasi kehidupan makhluk hidup.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

Rangkaian Tingkatan Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Nah, daripada berlama-lama. Yuk, kita langsung bahas satu persatu setiap tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup yang dimulai dari paling rendah ke yang paling tertinggi.

  1. Molekul

Molekul adalah tingkatan terendah dalam organisasi kehidupan makhluk hidup. Molekul tersebut tersusun dari dua atau lebih atom yang saling berikatan sampai membentuk sebuah molekul. Sebab makhluk hidup terdiri dari molekul organik maka contoh dari molekul organik yang kompleks pada makhluk hidup di antaranya adalah molekul lipid, protein, karbohidrat, dan asam nukleat.

  1. Organel

Organel merupakan penggabungan dari molekul-molekul yang saling berikatan. Organel sel ialah bagian penyusun sel yang tersusun dari bermacam-macam molekul organik yang mempunyai satu ataupun lebih pekerjaan untuk dikerjakan di dalam sel. 

Berkat bekerjanya organ sel, maka dapat berfungsi kehidupan untuk makhluk hidup. Contoh dari organel seperti halnya mitokondria sebagai tempat respirasi aerob maupun melepaskan energi, nukleus (inti sel) sebagai koordinator dari seluruh kegiatan hidup termasuk reproduksi, dan ribosom sebagai tempat sintesis protein. 

  1. Sel

Tingkatan ketiga dari organisasi kehidupan makhluk hidup yaitu sel. Sel merupakan sebuah struktur fungsional yang terkecil dalam suatu organisme. Ada dua jenis sel yang dapat EDOOers ketahui yaitu pertama sel tumbuhan yang mempunyai sel kaku yang terbuat dari molekul selulosa dan kedua sel hewan yang mempunyai membran sel fleksibel.

Makhluk hidup terdiri dari dua macam, pertama makhluk hidup bersel satu yang biasa disebut uniseluler, contohnya seperti protozoa dan bakteri.  Kedua makhluk hidup bersel bersel banyak yang biasa disebut multiseluler, contohnya seperti hewan dan tumbuhan.

  1. Jaringan

Jaringan merupakan kumpulan-kumpulan dari berbagai macam-macam sel yang memiliki bentuk, susunan, serta fungsi yang sama dalam tubuh setiap makhluk hidup di dunia ini. Jaringan mempunyai peran dalam membentuk struktur dasar pada tubuh makhluk hidup. Oleh sebab itu, setiap makhluk hidup memiliki jaringan penyusun yang berbeda-beda pula.

Contoh dari organisasi kehidupan makhluk hidup tingkat jaringan pada manusia dan hewan terdiri dari jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan otot, dan jaringan ikat. Sedangkan, jaringan pada tumbuhan terdiri dari jaringan epidermis, jaringan meristem, dan jaringan pengangkut.

  1. Organ dan Sistem Organ

Organisasi kehidupan makhluk hidup tingkat organ cuma ditemukan pada organisme yang memiliki sel banyak atau biasa disebut multiseluler. Secara definisi organ adalah struktur yang terbentuk dari kumpulan beberapa jenis jaringan yang bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Sementara itu, sistem organ adalah organ-organ yang melakukan fungsi yang berterkaitan.

Contoh dari organisasi kehidupan makhluk hidup tingkatan organ pada manusia atau hewan, di antaranya ginjal, jantung, hati, limpa, usus, tangan, kaki, dan kulit. Sedangkan organ pada tumbuhan terdiri dari batang, akar, daun, bunga, dan buah. Sementara itu contoh dari sistem organ pada manusia atau hewan yaitu sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan sistem pernapasan. Sistem organ pada tumbuhan seperti halnya sistem transpirasi dan sistem transportasi.

  1. Organisme (Individu)

Organisme secara bahasa dapat diartikan sebagai individu atau spesies yang bisa diidentifikasikan. Secara istilah, organisme (individu) ialah suatu satuan makhluk hidup yang terdiri dan tersusun secara kompleks (gabungan sistem organ) yang melakukan kerja sama untuk membentuk kehidupan. 

Ada dua jenis organisme di dunia ini yakni organisme uniseluler dan organisme multiseluler. Contoh dari organisme uniseluler yaitu bakteri, protozoa, beberapa jenis protista dan cyanobacteria. Sedangkan, untuk contoh dari organisme multiseluler sendiri yaitu manusia, sapi, harimau, pohon mangga, padi, bunga mawar, dan bunga lili.

  1. Populasi

Populasi adalah kumpulan organisme (Individu) sejenis yang bersama di suatu tempat tertentu dalam waktu yang sama guna membentuk organisasi kehidupan.  Sebagai contoh dari organisasi kehidupan makhluk hidup tingkat populasi yaitu populasi singa yang ada di Kenya (Afrika), Populasi kupu-kupu di hutanm, populasi padi di sawah, dan populasi kerbau di ladang.

Pada suatu populasi, setiap makhluk hidup akan berinteraksi dan membentuk suatu hubungan yang dilakukan antarspesiesnya. Hal tersebut dilakukan supaya bisa menjalankan fungsi kehidupan, seperti halnya berkembang biak dan membentuk perlindungan antar satu sama lain.

  1. Komunitas

Tingkatan selanjutnya yaitu komunitas yang merupakan sekelompok populasi makhluk hidup dari berbagai macam spesies yang menempati suatu wilayah tertentu dan menempati lingkungan yang sama. Pada komunitas tersebut selalu ada sebuah interaksi, bisa dari antar populasi yang berbeda ataupun antar anggota spesies yang sama pula. Contoh dari komunitas adalah adanya populasi singa yang ditambah populasi lain seperti rusa, jerapah, gajah dan spesies lain pada wlaiayah padang safana di Afrika.

  1. Ekosistem

Ekosistem merupakan sekumpulan faktor biotik (unsur hidup/ makhluk hidup) dan abiotik (unsur tak hidup/ lingkungan) yang saling berinteraksi, berkaitan, kebergantungan dan adanya hubungan timbal balik satu sama lainnya. Pada tingkatan ekosistem ini terjadi berbagai macam interaksi yang menarik, membuat organisasi kehidupan makhluk hidup di tingkatan ekosistem ini sangatlah kompleks. Bahkan, di tingkatan ekosistem ini pula terbentuk jaring-jaring makanan dan rantai makanan.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah Edoo – Perpustakaan Digital Sekolah

10. Bioma

Bioma adalah kumpulan ekosistem antara tumbuhan dan hewan yang mempunyai karakteristik yang sama untuk hidup dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Pada tingkatan biome ini, terdapat berbagai macam makhluk hidup yang hidup di dalamnya.  Bioma terbagi menjadi tujuh kategori berdasarkan vegetasi/ letak geografisnya yaitu di antaranya bioma hutan hujan tropis, padang rumput, sabana, gurun, hutan gugur, taiga, dan tundra.

11. Biosfer

Tingkatan organisasi kehidupan makhluk hidup yang paling kompleks yaitu biosfer. Bisofer merupakan lapisan kehidupan tempat hidup keseluruhan bioma atau seluruh organisme yang berada di bumi yang meliputi atmosfer, hidrosfer, dan litosfer. Biosfer sendiri mencangkup banyak aspek meliputi hewan, tumbuhan, batuan, bakteri, molekul, daratan, udara, hingga air yang nantinya akan disatukan atau digabungkan.

Demikianlah, pembahasan singkat mengenai tingkatan organisasi kehidupan  makhluk hidup dari yang paling sederhana hingga paling kompleks. Temukan konten belajar dan tryout berkaitan denganpelajaran Biologi di layanan aplikasi EDOO untuk meningkatkan pemahaman dan nilai Biologimu! Salam Literasi untuk Edukasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *