Skip to content

Menilik 7 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2023

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023 tentu saja banyak sekali jenisnya dan berbagai macam pula. Apabila EDOOers tengah merasa kebingungan dalam mencari sebuah ide peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023 ini, tenang saja, kami sudah mempersiapkan beberapa rekomendasi peluang usaha yang menarik dan potensial untuk EDOOers coba.

Sebenarnya, ada banyak peluang usaha yang dapat berkembang. Terlebih lagi jika orang tersebut mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang kian cepat ini, di mana banyak aktor bisnis yang memulai bertransisi dari konvensional menuju digital.

Perubahan transisi dari konvensional menuju digital tersebut semakin gencar dilakukan dan diadaptasi pasca pandemi Covid-19 berakhir. Setiap kegiatan transaksi jual beli produk ataupun jasa, dapat dilakukan melalui smartphone, sehingga lebih cepat, memudahkan, menghemat pengeluaran dan waktu.

Edoo - Perpustakaan Digital Sekolah

Rekomendasi Peluang Usaha di Tahun 2023

Dewasa ini, banyak sekali ide usaha yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Pesatnya perkembangan teknologi menghadirkan banyak peluang usaha. Bahkan ketika EDOOers stay di rumah saja dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bagi EDOOers yang punya rencana membuka usaha, di bawah ini ada beberapa rekomendasi peluang usaha yang menjajikan di tahun 2023 yang dapat dicoba.

  1. Bisnis Dropshipper atau Reseller

Pada era digital sekarang ini, semua orang dapat dengan mudah menjual serta membeli barang melalui e-commerce, karena semuanya telah terintegrasi dalam satu platform. Bahkan, jika EDOOers ingin membuka usaha tanpa mengharuskan adanya modal, juga bisa kok. Solusinya yaitu menjadi dropshipper atau reseller online, karena peluang usaha tersebut cukup menjanjikan di tahun 2023 ini.

Dropship merupakan sebuah wujud jual beli barang yang dilakukan dengan perorangan di mana si penjual tidak harus melakukan penyetokan barang. Barang yang dijualnya pun disediakan oleh orang lain yang berperan sebagai supplier.

Sedangkan, reseller sendiri merupakan seseorang yang membeli suatu produk dari berbagai pihak, yang setelahnya akan dijual kembali untuk memperoleh sebuah keuntungan dari hasil penjualan. Bahwasannya bisa dikatakan dropship dan reseller merupakan sebuah sistem jual beli yang umumnya dilakukan secara online melalui sebuah platform penjualan daring ataupun marketplace.

  1. JasTip (Jasa Titip)

Peluang usaha di tahun 2023 yang menjajikan kedua adalah jasa titip. sebab jasa titip ini bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Layanan jasa tersebut mempunyai jangkauan yang cukup luas, karena dilakukan secara online. Umumnya jasa titip dicari oleh pembeli yang berasal dari luar daerah atau dari luar negri yang ingin membeli produk dari suatu brand tertentu, akan tetapi belum tersedia di tempat si pembeli. Bahkan jasa titip ini tidak melulu terbatas pada barang fashion saja, namun jasa titip dapat juga meliputi makanan serta minuman yang diperlukan.

  1. Bisnis Fashion dan Aksesoris Online

Bisnis fashion memang sudah lama adanya, akan tetapi jenis bisnis tersebut selalu up-to-date dan mengikuti perkembangan zaman. Apalagi sekarang ini banyak platform yang membantu dalam segi penjualannya, salah satunya seperti yang sedang ramai sekarang yaitu fitur live streaming di TikTok.

Berkat adanya fitur live streaming TikTok tersebut, para penjual fashion dan aksesoris bisa meningkatkan penjualan produk mereka. Yang jelas, melalui siaran langsung Tiktok tersebut, para penjual secara terampil menawarkan produk milik mereka, sambil membaca komentar penonton dan melayani permintaan guna menunjukkan atau memeragakan produk yang sedang dijualnya.

Bisnis fashion dan aksesoris ini tidak melulu soal fashion yang harus mengikuti tren gaya lifestyle kekinian sekarang ini. Akan tetapi juga bisa bisnis pakaian okasional seperti halnya bisnis baju seragam sekolah, haji dan umrah, sampai bisnis baju pengantin, jilbab, dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Katering

Apabila EDOOers mempunyai hobi memasak? EDOOers bisa banget lho, membuka bisnis katering. Namun harus diingat juga segementasi pemasaran bisnis katering yang kita buat kemana saja dan harus disesuaikan dengan modal yang ada pula.

Bisnis katering merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Manusia saat ini hidup serba praktis, sehingga jasa boga satu ini sangat diperlukan. Katering rumahan dapat menjadi usaha rumahan yang menggiurkan, mengingat seseorang dapat melakukan usaha tersebut di dapur rumahnya.

  1. Jasa Menulis dan Desain Grafis Freelance

Kemampuan menulis dan desain grafis dapat dimanfaatkan pula untuk berbisnis. Pada era serba digital ini, permintaan untuk kedua jasa tersebut cukuplah tinggi, sehingga berpotensi mendatangkan banyak keuntungan dan pendapatan.

Apabila EDOOers suka menciptakan sebuah konten berupa tulisan ataupun desain, maka menjadi seorang penulis dan desain grafis dapat menjadi pilihan peluang usaha yang tepat. Kini, juga banyak pula freelancer desain grafis dan content writer yang mengerjakan berbagai kebutuhan konten di website ataupun media sosial. Tahun ini adalah tahun yang baik guna memulai kedua usaha ini.

Guna memulai kedua usaha tersebut juga tidak memerlukan modal yang banyak kok, EDOOers. Kalian hanya memerlukan perangkat laptop atau smartphone yang compatible untuk menulis ataupun untuk mendesain serta didukung pula dengan jaringan internet yang memadai.

  1. Bisnis Pet Kit dan Penitipan Hewan Peliharaan

Ide usaha pet kit dan penitipan hewan peliharaan ini bisa menjadi peluang usaha untuk EDOOers yang mencintai hewan peliharaan seperti halnya kucing, anjing, kelinci, iguana, hamster, dan lain sebagainya. Kebutuhan hewan juga tidak terbatas hanya menyoal tentang makanan saja, tapi soal kandang, tempat makan, ataupun mainan.

Padatnya kegiatan sehari-hari ataupun ketika hewan peliharaan ditinggal mudik pemiliknya, bisa menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan untuk hewan peliharaan. Momentum tersebut dapat EDOOers manfaatkan untuk membuka jasa pet kit dan penitipan hewan peliharaan, terlebih lagi jika EDOOers sendiri termasuk pecinta hewan.

  1. Bisnis Cuci Sepatu

Tidak semua orang yang mempunyai sepatu juga punya waktu untuk mencuci sepatu miliknya. Kesempatan tersebut dapat menjadi peluang EDOOers dalam membuka bisnis tahun 2023 ini. Ketika ingin membuka usaha jasa cuci sepatu ini harus melihat kondisi lokasi, misalnya saja daerah cukup ramai dilewati oleh kendaraan atau daerah dekat kampus yang banyak anak kuliahan. Lalu, dari sanalah EDOOers bisa memperoleh banyak pelanggan. 

Mencuci sepatu bukan suatu hal yang sepele, utamanya untuk sepatu dari merek-merek ternama. Perlu sebuah teknik khusus supaya kualitasnya tetap terjaga dan tidak merusak sepatunya. Apabila EDOOers tahu seluk-beluk sepatu mahal, EDOOers dapat memanfaatkan peluang usaha ini untuk membuka jasa pencucian sepatu.

Nah, itu tadi 7 peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023 yang dapat EDOOers mulai rintis. Rata-rata rekomendasi bisnis di atas bisa EDOOers pasarkan secara online. Intinya, EDOOers jangan sampai tidak memanfaatkan era digital sekarang untuk membangun bisnis, ya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *